Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Bangun Masjid (Instagram/nikitamirzanimawardi_172/amandamanopo)

Matamata.com - Sejumlah artis Tanah Air diketahui membangun masjid dengan uang mereka sendiri. Bahkan ada yang non muslim lho. Perbuatan mulia mereka tentu saja sukses menyentuh hati netizen.

Meski hidup bergelimang harta dan popularitas, artis-artis berikut ini rupanya tidak mengurusi duniawi saja. Mulai dari almarhum Olga Syahputra hingga Amanda Manopo, berikut 10 artis yang membangun masjid dengan uang mereka sendiri.

1. Olga Syahputra

Baca Juga:
Amanda Manopo Ungkap Niat Bangun Masjid: Pastinya Saya Tidak Cari Pahala!

Artis Bangun Masjid (instagram/@olga_lovers)

Salah satu artis bangun masjid dalam daftar ini adalah almarhum Olga Syahputra. Artis yang meninggal pada 2015 itu sudah memiliki keinginan untuk membangun masjid semasa hidupnya. Untuk mewujudkan keinginan almarhum, pihak keluarga dan manajemen Olga mendirikan masjid yang diberi nama Masjid Birrul Walidaini Olga Syahputra.

2. Julia Perez

Artis Bangun Masjid (instagram/@juliaperrezz)

Semasa hidupnya, Julia Perez membangun dua masjid yang berlokasi di Papua dan Serang, Banten. Untuk pembangunan masjid ini, artis yang kerap disapa Jupe itu rela menjual mobil mewahnya dengan harga di bawah pasaran. Saat ditanya alasannya, pelantun Lonely itu mengatakan bahwa dirinya hanya ingin berjihad di jalan Allah SWT.

Baca Juga:
Video: Ivan Gunawan Ungkap Desain Megah Masjid yang Dibangun Olehnya

3. Pevita Pearce

Artis Bangun Masjid (instagram/@pevpearce)

Pevita Pearce membangun masjid di Flores, Nusa Tenggara Timur, bersama sang ibunda. Pembangunan masjid dilakukan sekitar 2016 lalu. Masjid didirikan di tanah yang diketahui adalah milik ibunya. Alasan Pevita Pearce mendirikan masjid karena ingin menggunakan uang hasil jerih payahnya untuk hal-hal yang bermanfaat. Alih-alih rumah, ia pun memutuskan untuk mendirikan masjid.

4. Sisca Dewi

Baca Juga:
Masya Allah! Cita-Cita Nita Thalia Bangun 3 Masjid Terwujud

Artis Bangun Masjid. (Suara.com)

Masjid yang dibangun Sisca Dewi cukup megah. Masjid yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur ini diberi nama Masjid Al Scadew. Pembangunan masjid kabarnya menghabiskan biaya hingga Rp6 miliar. Masjid dengan desain minimalis ini memiliki luas sekitar seribu meter persegi dan didirikan di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.

5. Aliando Syarief

Artis Bangun Masjid (instagram/@aliandooo)

Aliando Syarief juga termasuk salah satu artis yang membangun masjid dengan uangnya sendiri. Masjid yang dibangun bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini terletak di Karawang, Jawa Barat. Aliando rupanya menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun masjid yang diresmikan pada 2014. Masjid ini mampu menampung hingga dua ribu lebih jemaat lho.

6. Nita Thalia

Artis Bangun Masjid (instagram/@gallery.nitathalia)

Nita Thalia juga diketahui pernah membangun masjid di Ciamis dengan uang pribadinya. Pembangunan masjid selesai pada tahun 2015. Masjid yang didirikan oleh Nita Thalia bernuansa hijau, tapi belum begitu besar. Kini, masjid tersebut sudah dibangun secara permanen dan memiliki dua lantai. Majid juga bisa menampung banyak jemaat.

7. Nikita Mirzani

Artis Bangun Masjid (instagram/@nikitamirzanimawardi_172)

Nikita Mirzani mungkin dikenal sebagai artis yang kontroversial. Namun janda tiga anak itu pernah membangun masjid di Bandung dan Yogyakarta. Untuk pembangunan masjid ini, Nikita Mirzani menggunakan uangnya sendiri. Selain membangun masjid, ia juga sering beramal dengan membagikan santunan pada orang-orang yang membutuhkan.

8. Atta Halilintar

Artis Bangun Masjid (instagram/@attahalilintar)

Atta Halilintar dijuluki sultan muda karena kekayaannya yang berlimpah. Namun ia tidak lupa menyisihkan uangnya untuk hal-hal bermanfaat, salah satunya membangun masjid. Suami Aurel Hermansyah itu diketahui menyisihkan pendapatannya untuk membangun masjid. Atta mendirikan masjid dalam rangka nazar setelah kanal YouTube-nya mencapai 10 juta subscriber.

9. Ivan Gunawan

Artis Bangun Masjid (instagram/@ivan_gunawan)

Ivan Gunawan punya niat membangun masjid saat terpapar COVID-19 beberapa waktu lalu. Itu adalah nazarnya jika sembuh dari penyakit menular tersebut. Siapa yang menyangka, Ivan Gunawan mendapat uang Rp500 juta dari Deddy Corbuzier karena berhasil menurunkan berat badan. Uang tersebut akhirnya digunakan untuk membangun masjid.

10. Amanda Manopo

Artis Bangun Masjid (instagram/@amandamanopo)

Terakhir dalam daftar ini adalah Amanda Manopo yang namanya meroket berkat sinetron Ikatan Cinta. Meski non muslim, pemeran Andin itu mengatakan bahwa ia akan segera membangun masjid. Amanda memiliki toleransi tinggi dalam beragama karena selalu diajarkan orangtuanya untuk menganggap semua orang memiliki derajat yang sama.

Itu dia artis-artis yang membangun masjid dengan uang mereka sendiri. Semoga amal kebaikan mereka dibalas dua kali lebih banyak ya. 

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More