Minggu, 28 November 2021
Yohanes Endra | Irma Joanita : Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB

Matamata.com - Profesi guru pernah ditekuni oleh Dodit Mulyanto. Komika yang satu ini pernah mengajar sebagai guru musik di SD dan SMP di kota Surabaya.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional ini, Dodit Mulyanto ungkap harapan buat guru-guru di Indonesia. Sosok yang dikenal lucu ini pun menyinggung soal gaji besar yang layak buat guru.

Dodit Mulyanto dan Shandy Aulia. (Instagram/@dodit_mul)

Dodit juga menambahkan bahwa banyak waktu yang tersita untuk mencari uang di luar sekolah seperti les. Sehingga, hal ini membuat guru tak punya banyak waktu dengan keluarga mereka.

"Semoga gaji guru besar. Biar tidak memberi les privat. Mosok abis kerja di sekolah kerja lagi ngasih les. Biar banyak waktu dengan keluarga dan bisa mikirin besok ngasih materi Keren apalagi ya buat murid. Seleksi untuk jd PNS dll dipermudah tp mutu terus dipantau dan ditingkatkan." ujar Dodit Mulyanto.

Bukan hanya itu, Dodit Mulyanto juga menguatkan statementnya agar gaji guru besar karena lulusannya pintar. Ia menyebut jika hanya perlu meningkatkan dengan beberapa tes di dalamnya.

Dodit Mulyanto. (Youtube/DoditMulyanto)

"Lulusan fakultas keguruan pasti pinter aku di kelas SDMku paling biasa. Paling tesnya yg perlu ditingkatkan ya test akhlak, sehat Jasmani rohani, tidak menggunakan narkoba." ujarnya.

Dodit Mulyanto nggak hanya berharap soal gaji besar buat guru. Namun, ia juga memberi pesan buat guru itu sendiri.

Menurutnya sosok guru bisa jadi yang pertama memberikan edukasi soal etika di sosial media. Hal ini agar orang-orang bisa sopan baik di dunia maya maupun nyata.

Dodit Mulyanto dan keluarga Raffi Ahmad. (Instagram/@raffinagita1717)

"Semoga guru peka pada situasi sekarang, ngajarin etika dalam berkomentar di sosial media. Biar orang-orang bisa sopan didunia nyata dan maya. Biar Minin jumlah orang yg digebukin gara-gara komentar Oon. Yg akhirnya cuma nulis permintaan maaf bermaterai." pungkasnya.

Hal ini langsung menuai dukungan netizen. Beberapa guru juga berkomentar di lapak Dodit Mulyanto ini.

"Sebagai calon guru saya mengaminkan. Semoga pendidikan Indonesia bisa lebih berkembang," kata netizen. "Makasih doanya bang, selamat Hari Guru buat mantan Guru," kata yang lain.

"Harapan yang indah, semoga ya,"ujar netizen lain. "Setuju banget sama Abang, Aamiin," doa yang lainnya.

Wah, bagus nih harapan dan pesan Dodit Mulyanto di Hari Guru Nasional. Gimana menurutmu?

BACA SELANJUTNYA

4 Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan, Dijamin Bikin Termotivasi