Ismail | MataMata.com
Transformasi Anang Hermansyah. (Instagram/ananghijau)

Matamata.com - Non Fungible Token atau NFT mulai menjadi tren di tengah masyarakat. Sejumlah artis Tanah Air pun mulai terjun ke NFT, terutama setelah muncul pemuda bernama Ghozali yang meraup banyak cuan dari penjualan foto selfienya.

NFT atau sederhananya aset kripto, mengubah karya seni dan barang koleksi lainnya menjadi aset yang dapat diverifikasi. Aset ini dengan mudah diperdagangkan di blockchain, rangkaian catatan data yang dikelola oleh sistem komputer.

Melihat keuntungan besar yang dapat diraup, beberapa pesohor Tanah Air pun sudah melirik NFT. Mulai dari Anang Hermansyah hingga Luna Maya, berikut deretan Artis yang terjun ke NFT!

Baca Juga:
Emosi sampai Lepas Hijab, Medina Zein Sindir Sosok Berselingkuh: Gue Malu!

1. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Rabu (2/2/2022). (Matamata.com)

Anang Hermansyah baru-baru ini menyampaikan keinginannya untuk meluncurkan pasar NFT mereka. Dikelola bersama sang istri, Ashanty, pasar NFT Anang akan diberi nama ASIX.

Disebutkan bahwa ASIX bukan hanya sekadar karya NFT. Token yang diluncurkan akan memungkinkan pengguna memainkan beragam game berteknologi blockchain yang mengusung tema Pay-to-Earn (P2E).

Baca Juga:
Anak Sulung Main Tangan ke Adik, Cara Caca Tengker Menegur Banjir Pujian: Panutan!

Game yang bisa dimainkan akan mengusung tema tradisional khas Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Congkak, Layangan, Komodo Legends, dan banyak lagi. Token ASIX ini akan tersedia di platform IDM Launchpad dalam waktu dekat.

2. Luna Maya

Gaya Luna Maya di acara perusahaan ekspedisi. (Instagram/@lunamaya)

Jauh sebelum Anang Hermansyah, Luna Maya sudah terjun ke dunia NFT yang menjanjikan ini. Pada Juni 2021, aktris sekaligus model cantik kenamaan Indonesia itu digandeng kreator NFT asal Jepang, Tokau.

Baca Juga:
Emma Waroka Soroti Rencana Doddy Sudrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel: Kok Bisa Ada Izin?

Luna Maya dan Tokau meluncurkan karya digital dalam jumlah terbatas hanya 10 item saja. Aset NFT tersebut kemudian diperdagangkan lewat salah satu platform NFT populer, Bakery Swap.

Aset NFT Luna Maya juga tersedia di platform NFT lainnya seperti Binance. Salah satu karya NFT buatan Tokau yang berjudul "Luna Maya 'Queen of the Moon'" dibanderol mulai dari 5 Binance Coin (BNB) atau sekitar Rp34 juta, lho.

3. Syahrini

Baca Juga:
8 Potret Anak Artis Keturunan Tionghoa, Ada Baim Wong

Syahrini. (Instagram/@princessyahrini)

Menyusul Luna Maya, Syahrini juga memutuskan untuk terjun ke NFT dengan meluncurkan aset pertamanya yang berjudul "Syahrini's Metaverse Tour" pada 14 Desember 2021 lalu.

Dilaporkan bahwa ada 17.800 unit aset NFT yang dijual Syahrini melalui platform NFT Binance. Masing-masing dibanderol dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp286 ribu.

Beberapa jam setelah diluncurkan, istri Reino Barack tersebut mengklaim bahwa belasan ribu aset NFT yang ditawarkannya di Binance ludes terjual. Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang didapatkan Syahrini.

4. Denny Januar Ali

Denny Januar Ali

Denny Januar Ali dikenal sebagai artis, pengusaha dan penulis buku kenamaan Tanah Air. Pria yang lebih dikenal dengan nama Denny JA itu juga menjual lukisan tentang dirinya dalam bentuk aset NFT.

Denny JA menjual "A Portrait of Denny JA - 40 Years in the World of Ideas" pada 16 April 2021 lalu. Lukisan yang menyerupai wajah Denny ini dirancang berdasarkan 102 sampul buku yang ditulisnya selama 40 tahun berkarya. Pelukis aslinya adalah Galam Zulkifli.

Disebutkan bahwa Denny menjual lukisan tersebut melalui platform OpenSea, seperti Ghozali, dengan akun Studio-DennyJA. Beberapa hari kemudian, lukisan tersebut ditawar dan akhirnya dibeli oleh AlanLoe-JR dengan harga 27,5 WETH atau sekitar Rp1 miliar.

Jika melihat efisiensi dan keuntungan yang ditawarkan NFT, nggak heran jika banyak artis yang mulai melirik bisnis digital tersebut. Selain deretan artis di atas, tak menutup kemungkinan bahwa yang lain akan segera menyusul.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More