Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Dorce Gamalama [Instagram/dg_kcp]

Matamata.com - Dunia hiburan tengah berduka. Dorce Gamalama meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug pada Rabu (16/2/2022).  Sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya mengabarkan Dorce Gamalama positif Covid-19 sejak tiga minggu yang lalu. Dorce pun dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisinya drop.

Kini, takdir berkata lain, Dorce Gamalama yang sudah berjuang selama beberapa minggu akhirnya berpulang. "Tadi meninggalnya jam setengah 8. Maafin salah dan dosa beliau selama ini ya," kata Hetty Sunjaya dalam pesannya kepada awak media.

Sebelum wafat, Dorce Gamalama pernah membuat setidaknya empat wasiat untuk dilaksanakan. Namun, satu di antaranya justru menuai pro kontra bahkan dari para ustaz. Lalu, apa saja wasiat dari seniman bernama lengkap Dedi Yuliardi Ashadi? Berikut empat diantaranya.

Baca Juga:
Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Ingat Lagi Pesan Buya Yahya: Jangan Didosa-dosakan

1. Punya keranda hingga makam sendiri

Aktivias Dorce Gamalama sebelum tak sadarkan diri. (YouTube/Dorce Tube)

Persiapan yang juga menjadi wasiat lainnya adalah keranda dan lokasi penguburan. Sama seperti kain kafan, Dorce Gamalama juga memiliki keranda untuk menggotong jenazahnya.

Sementara makam, host dari acara Dorce Show ini sudah mempersiapkan tak jauh dari rumahnya.

Baca Juga:
Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Artis hingga Menteri Ikut Berduka

"Rumah saya kan di Lubang Buaya, dekat masjid. Nah masjid itu sebelahnya iya, ada tanah sudah disiapkan disitu," kata Dorce Gamalama di kanal YouTube Denny Sumargo.

2. Sumbang 4.000 baju

Dorce Gamalama bersama mobil BMW (Instagram/dg_kcp)

Selain itu, ada wasiat lain untuk keluarga. Dorce Gamalama berharap setelah wafat, sejumlah baju-bajunya disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Baca Juga:
Jenazah Dorce Gamalama akan Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19

"Kalau saya meninggal, belum siap mewariskan, ini saya akan bagikan. Dorce Show. Ada 4.000 sekian," tutur Dorce Gamalama.

3. Proses pengurusan jenazah sebagai perempuan

Dorce Gamalama di rumah duka Elly Kasim. [Ismail/Suara.com]

Dorce Gamalama merupakan seorang transgender. Namun saat wafat nanti ia ingin proses jenazahnya diurus dengan tata cara perempuan.

Baca Juga:
Meninggal karena Covid-19, Jenazah Dorce Gamalama Tak Bisa Dilihat untuk Terakhir Kali

"Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan," tutur Dorce Gamalama di kanal YouTube Denny Sumargo.

Inilah yang menjadi pro kontra dan menimbulkan protes dari sejumlah ulama hingga masyarakat. Sebab sejatinya jika Dorce Gamalama wafat, ia harus dikembalikan sebagai kodratnya yang merupakan seorang laki-laki.

4. Siapkan kain kafan yang dicuci pakai air zamzam

kain kafan Dorce Gamalama [YouTube: CumiCumi]

Tak hanya soal proses mengurus jenazah, Dorce Gamalama juga sudah menyiapkan kafan. Kain putih tersebut memiliki panjang 20 meter dan telah dicuci bersih.

"Ini saya cuci pakai air zamzam," kata Dorce Gamalama di kanal YouTube CumiCumi pada 2020.

Load More