Ismail | MataMata.com
Film yang diadaptasi dari lagu (Youtube/Oreima Films)

Matamata.com - Banyak sineas di tanah air membuat film yang diadaptasi dari sebuah lagu. Dipastikan lagu tersebut banyak disukai oleh banyak orang sehingga dibuatkan sebuah film layar lebar.

Beberapa musisi pun merasa tersanjung saat tahu lagu yang dibawakan bakal dijadikan sebuah film.

Berikut film yang diadaptasi dari sebuah lagu yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Tegar Septian Diam-diam Mengadu Nasib di Malaysia: Suaranya Manglingi!

1. Mantan Terindah (2014)

Film yang diadaptasi dari lagu (IMDb)

Film Mantan Terindah diadaptasi dari lagu berjudul sama karya Yovie Widianto. Lagu tersebut awalnya dinyanyikan grup vokal Kahitna dan kembali menjadi hits setelah Raisa membawakannya ulang.

Film Mantan Terindah dibintangi Karina Salim dan Edward Akbar. Hedi Yunus yang merupakan personel Kahitna juga ikut ambil peran. Film tersebut berkisah tentang tokoh Nada yang bisa melihat masa depan.

Baca Juga:
Umurnya Baru 3 Bulan, Rayyanza Udah Pakai Baju Harga Rp 8 Juta yang Modelnya Bikin Penasaran!

Saat menjalin kasih dengan Genta yang membuatnya kembali menemukan hidup, Nada melihat masa depan bahwa sang pujaan hati akan menjadi mantan kekasihnya.

2. Gelas Gelas Kaca (2016)

Film yang diadaptasi dari lagu (Twitter/@cinema21)

Lagu Gelas Gelas Kaca milik Nia Daniaty yang legendaris juga diadaptasi menjadi sebuah film. Lagu ciptaan Rinto Harahap tersebut diadaptasi menjadi film berjudul sama yang dibintangi Aurelie Moeremans sebagai Amelia.

Baca Juga:
Rafathar Minta Uang Rp 300 Ribu untuk Jajan Kinder Joy, Nagita Slavina Beri Reaksi Tak Terduga

Nia Daniaty berperan sebagai Teh Nia yang merupakan pemilik panti asuhan tempat Amelia dirawat. Amelia merupakan yatim piatu yang dititipkan paman bibinya di panti asuhan karena kondisi fisiknya tidak sempurna. Kendati begitu, Amelia tumbuh sebagai wanita pintar dan meraih cita-citanya menjadi dokter.

3. Terjebak Nostalgia (2016)

Film yang diadaptasi dari lagu (Youtube/Oreima Films)

Film Terjebak Nostalgia diadaptasi dari lagu Raisa berjudul sama. Tidak hanya menjadi seorang penyanyi, Raisa juga ditunjuk sebagai pemeran utama di film itu.

Baca Juga:
Siti Badriah Ungkap Jenis Kelamin Anak, Momennya Penuh Haru: Definisi Wanita di Tangan Lelaki yang Tepat

Dalam fil tersebut Raisa diceritakan tidak bisa move on dari sang mantan, Sora (Maruli Tampubolon), yang menghilang tanpa kabar. Hingga akhirnya dia bertemu Reza (Chicco Jerikho).

Meski sudah berpacaran dengan Reza, Raisa belum bisa melupakan Sora. Bahkan saat Raisa mencari keberadaan Sora karena sebuah surat dari New York, Reza tetap tulus mendampingi.

4. Surat Cinta untuk Starla (2017)

Film yang diadaptasi dari lagu (IMDb)

Jefri Nichol dan Caitlin Halderman menjadi pemeran utama di film Surat Cinta untuk Starla The Movie. Film yang diadaptasi dari single hits Virgoun berjudul sama. Sebelum dibuat film dalam versi layar lebar, "Surat Cinta untuk Starla" telah dirilis dalam bentuk mini series.

Film Surat Cinta untuk Starla The Movie berkisah tentang Hema yang jatuh cinta dengan Starla hanya dalam waktu 6 jam kebersamaan. Namun saat keduanya semakin dekat, Starla justru berubah. Rupanya perubahan sikap Starla berhubungan dengan rahasia masa lalu keluarga Hema. "Surat Cinta untuk Starla The Movie" bisa ditonton di WeTV, Vidio, Viu, atau Disney+ Hotstar.

5. Asal Kau Bahagia (2018)

Film yang diadaptasi dari lagu (Instagram/@falconpictures)

Lagu Asal Kau Bahagia yang dipopulerkan band Armada juga menginspirasi Falcon Pictures untuk membuat film berjudul sama.
Film Asal Kau Bahagia dibintangi Aliando dan Aurora Ribero yang nama karakternya sama dengan nama asli mereka.

Dalam film Asal Kau Bahagia, Ali diceritakan koma setelah mengalami kecelakaan. Meski raganya terbaring, jiwa Ali tetap menemani sang kekasih, Aurora. Namun Ali harus menerima kenyataan pahit bahwa Aurora ternyata berselingkuh dengan Rassya (Teuku Rassya).

6. Akad (2022)

Film yang diadaptasi dari lagu (Instagram/@akadfilm)

Film Akad yang diadaptasi dari lagu berjudul sama karya Payung Teduh baru tayang di bioskop sejak 3 Februari 2022 lalu.

Film yang dibintangi Indah Permatasari dan Kevin Julio. Seperti judulnya, Akad mengisahkan sepasang kekasih yang akan menikah. Namun dalam perjalanan menuju pernikahan, berbagai konflik dihadapi Indira (Indah Permatasari) dan Dion (Kevin Julio). Yang menarik, film Akad juga menyuguhkan keindahan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

7. Kukira Kau Rumah (2022)

Film yang diadaptasi dari lagu (Instagram/@officialkukirakaurumah)

Yang terakhir, ada film Kukira Kau Rumah yang sama-sama tayang sejak 3 Februari 2022 di bioskop bareng Akad. Film yang diadaptasi dari lagu berjudul sama karya band Amigdala tersebut diproduseri sekaligus dibintangi Prilly Latuconsina.

Umay Shahab juga debut sebagai sutradara dalam film Kukira Kau Rumah ini. Dia menggarap lagu Kukira Kau Rumah menjadi sebuah naskah film bareng Monty Tiwa dan Imam Salimy.

Film ini pun sukses menarik perhatian lebih dari 2 juta penonton Indonesia selama 2 minggu penayangan di masa pandemi. Kukira Kau Rumah berkisah tentang Niskala yang menderita gangguan mental bipolar.

Itu dia beberapa film Indonesia yang diadaptasi dari lagu. Sudah nonton semua, belum?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More