Ismail | MataMata.com
Sumber Kekayaan Grace Tahir (instagram/@gtahirs)

Matamata.com - Nama konglomerat Grace Tahir menjadi perhatian warganet setelah video parodinya viral yang menyindir crazy rich asal Medan, Indra Kenz.

Grace merupakan seorang pengusaha Tionghoa-Indonesia. Dia adalah bagian dari keluarga Tahir, pendiri grup Mayapada, konglomerat di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan real estat.

Grace Tahir adalah anak kedua dari pasangan Dato Sri Tahir dan Rosy Riady. Ayahnya merupakan konglomerat ternama yang masuk daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021.

Grace saat ini menjabat sebagai direktur Mayapada Hospital. Perempuan kelahiran 1976 tersebut adalah lulusan Universitas California, Amerika Serikat, dengan gelar master.

Viral setelah menyindir Indra Kenz, sekaya apa sih Grace Tahir? Simak ulasan dari sumber kekayaan Grace Tahir berikut ini!

1. Keluarga Konglomerat

Sumber Kekayaan Grace Tahir (instagram/@gtahirs)

Grace Tahir lahir sebagai anak konglomerat di Indonesia. Keluarga Tahir dikenal luas sebagai pendiri Mayapada Group yang telah berkiprah di dunia bisnis lebih dari 25 tahun yang lalu.

Grace adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya, Dato Sri Tahir atau yang lebih dikenal dengan Tahir merupakan cikal bakal dari Mayapada Group. Sedangkan ibunya, Rosy Riady adalah putri dari salah satu keluarga konglomerat Indonesia Mochtar Riady, pendiri Lippo Group.

Tahir kini tercatat memiliki kekayaan sekitar USD 2,6 miliar atau setara Rp37,1 triliun. Dengan kekayaannya ini, pengusaha yang lahir dengan nama Dato' Sri Ang Tjoen Ming ini menduduki peringkat 16 dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia.

2. Direktur Mayapada Hospital

Sumber Kekayaan Grace Tahir (instagram/@gtahirs)

Mayapada Group menggeluti sejumlah lini bisnis, mulai dari perbankan, perawatan kesehatan, real estat, ritel, hingga media. Keluarga Tahir juga memiliki saham di Bank Mayapada dan Maha Properti Indonesia, serta properti di Singapura.

Grace Tahir sendiri kini menjabat sebagai Direktur Mayapada Hospital, rumah sakit swasta yang didirikan oleh Mayapada Healthcare Group pada 1 Juni 2008. Mayapada Hospital menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional dengan bekerjasama dengan National Healthcare Group (NHG) Singapore.

Pengusaha berusia 45 tahun ini juga mengemban beberapa jabatan mentereng seperti Komisaris Utama Maha Properti Indonesia serta Direktur Philips Indonesia.

3. Co-founder Dokter.id

Sumber Kekayaan Grace Tahir (instagram/@gtahirs)

Pada usia 37 tahun, Grace memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri dengan mendirikan perusahaannya sendiri. Dia meluncurkan aplikasi Blackberry bernama BibbyCam sekitar tahun 2011, dengan dukungan dari suaminya. Meskipun popularitas Blackberry menurun dengan munculnya iPhone, aplikasi ini berjalan dengan baik.

Grace kemudian memulai dua startup teknologi kesehatan Dokter.id dan Medico. Dokter.id adalah platform edukasi bagi masyarakat, memberikan konsultasi gratis melalui chat dan berita.

Dokter.id berfokus pada konten-konten seputar perempuan, seperti kesehatan perempuan, hubungan percintaan, kesehatan seksual, dan lainnya. Platform ini juga gencar dalam menyuarakan dukungan terhadap kaum perempuan.

4. CEO Medico

Sumber Kekayaan Grace Tahir (instagram/@gtahirs)

Grace Tahir juga mengemban jabatan sebagai Medico, aplikasi layanan kesehatan. Medico menawarkan Manajemen Layanan Kesehatan untuk klinik berbasis cloud yang mutakhir.

Sementara Dokter.id melayani masyarakat, Medico bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik sebagai bagian dari solusi end-to-end.

Layanan kesehatan yang diberikan Medico mulai dari kemungkinan kombinasi obat yang salah, meningkatkan keselamatan pasien dengan mencegah Medication Error, hingga memantau kinerja klinik lewat ponsel.

Itu dia sumber kekayaan Grace Tahir, pengusaha yang viral karena menyindir Indra Kenz.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More