Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Widy Vierratale. (Instagram/_widikidiw_)

Matamata.com - Pesinetron Siti Anizah baru-baru ini mengatakan bahwa ia mengalami pelecehan. Mantan kekasih Galih Ginanjar itu mengaku dilecehkan oleh oknum petinggi partai di Indonesia. Hanya saja, belum diketahui jenis pelecehan apa yang dialami Siti.

Selain Siti Anizah, beberapa artis Tanah Air juga sempat bersuara soal pengalaman tak mengenakkannya saat dilecehkan. Bahkan ada yang seperti Siti, pelaku pelecehannya bukan orang sembarangan. Siapa saja sih mereka? Simak berikut ini.

1. Indah Permatasari

Baca Juga:
Widy Vierratale Cuek Ditegur Manajemen gegara Belum Menikah: Soalnya Gue Keren!

Indah Permatasari. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Januari 2022 lalu, Indah Permatasari membuat pengakuan mengejutkan saat memerankan film Dear Nathan Thank You Salma. Membuka luka lamanya, Indah Permatasari harus mengingat rasanya menjadi korban pelecehan seksual yang pernah dialaminya. Saat usianya 12 tahun, istri Arie Keriting itu mengalami pelecehan ketika bermain di depan rumah. Seorang bapak-bapak yang tak dikenal tiba-tiba memegang dadanya dan membuatnya kaget.

2. Soraya Larasati

Soraya Larasati [Instagram]

Soraya Larasati mengalami pelecehan seksual ketika sedang lari pagi di sekitar komplek rumahnya pada hari Minggu. Saat itulah pelaku yang mengendarai sepeda motor melancarkan aksinya dengan menyentuh bagian tubuh sensitif Soraya dan langsung kabur.

Baca Juga:
Gofar Hilman Mengaku Pernah Ditertawakan saat Cerita Pelecehan Seksual ke Teman-teman Feminis

3. Kirana Larasati

Kirana Larasati (Matamata.com/Evi Ariska)

Kirana Larasati mendapat perlakuan tak senonoh dari segerombolan anak SMA saat masih duduk di kelas 5 SD. Kirana mengaku kejadian itu merupakan tragedi menyakitkan hingga membuatnya ketakutan. Ia sempat diam sebelum akhirnya berani mengungkapkan kejadian pahit itu saat dewasa.

4. Via Vallen

Baca Juga:
Susan Sameh Jadi Korban Pelecehan Seksual di Lokasi Syuting: Pelaku 6 Orang

Via Vallen. (Instagram/viavallen)

Pedangdut Via Vallen sempat membuat geger jagat maya 2018 silam usai mengunggah pesan bernada mesum di Instagram Storynya. Menurutnya, hal itu merupakan pelecehan seksual yang membutnya tidak respect pada pesepakbola nasional tersebut.

Pesepakbola tersebut meminta Via Vallen memakai pakaian seksi ke kamarnya dan menandatangani punggungnya. Meski tak menyebutkan namanya, pesepakbola asing di salah satu klub Indonesia itu tampak emosi ke Via Vallen saat tahu DM-nya viral.

5. Rieke Diah Pitaloka

Baca Juga:
7 Artis Kariernya Redup Gara-Gara Kasus Pelecehan Seksual

Rieke Diah Pitaloka [Instagram]

Politisi sekaligus artis Rieke Diah Pitaloka melaporkan seorang dokter ke Polda Sulawesi Selatan tahun 2010 lalu. Hal itu dilakukan usai dirinya mengaku mengalami pelecehan seksual saat kunjungan kerja ke Rumah Sakit Labuang Baji, Makassar.

Dikatakan Rieke, oknum berpangkat dokter di rumah sakit tiba-tiba memeluk dan mencium Rieke tanpa izin. Pelaku berdalih melakukan hal wajar karena Rieke adalah artis yang ia kagumi.

6. Widy Vierratale

Widy Vierratale [Instagram/@_widikidiw_]

Penyanyi Widy Vierratale pada Mei 2021 lalu pernah membagikan pengalamannya dilecehkan oleh oknum berpangkat di Perbakin. Ia menyebut oknum tersebut dengan sebutan 'Kols'. Lelaki diduga kolonel itu disebut memakinya dengan kata-kata yang tak pantas dan menyentuh tubuhnya. Melawan, Widy sempat didorong hingga akhirnya beberapa orang melerai dan menyuruhnya mengalah.

7. Susan Sameh

Susan Sameh. (MataMata.com/Yuliani)

Awal Februari lalu, Susan Sameh mengaku pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan enam orang kru di lokasi syuting. Saat itu, ia sedang menjalani proyek film dan orang-orang itu kerap melakukan 'cat calling' hingga membuatnya tak percaya diri dan menyalahkan diri sendiri.

Itulah sederet seleb yang blak-blakan mengaku pernah menjadi korban pelecehan. 

Load More