Yohanes Endra | MataMata.com
Soraya Jasmin Haque alias Soraya Haque. (Instagram/sorayahaque)

Matamata.com - Soraya Haque baru-baru ini mengunggah potret patung salib Yesus yang dilengkapi dengan caption ayat Al-Quran. Gara-gara itu, banyak netizen yang mengira Soraya Haque pindah agama.

Terkini, Soraya Haque menjawab isu dirinya pindah agama. Menurut Soraya, apa yang telah dilakukan selama ini merupakan wujud toleransi beragama.

Soraya Haque merasa dirinya bisa bebas membantu siapapun tanpa memandang agama dan dengan perasaan nyaman.

Baca Juga:
Soraya Haque Pajang Salib Yesus dan Selipkan Ayat Al-Quran, Captionnya Tuai Sorotan

"Hidup secara seimbang. Hidup harus seimbang. Baik hubungan dengan Tuhan (Hablum Minnallah) dan hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannash). Membantu teman-teman dari sebuah gereja yang akan mempersiapkan ibadah natal sebagai wujud toleransi langsung yang dapat kami sekeluarga lakukan di lingkungan tempat tinggal," tulis Soraya Haque.

"Bukan hanya Kristiani saja, hal ini kami lakukan bagi pemeluk agama lain yang hidup di alam Indonesia. Rindu akan suasana hidup berdampingan tanpa curiga, saling gotong-royong, membantu tanpa pamrih, tanpa ada kekhawatiran terhadap gangguan apapun," imbuhnya.

Unggahan Soraya Haque. (Instagram/sorayahaque)

Wanita berusia 53 tahun ini menambahkan bahwa wujud toleransi dapat dilakukan dalam bentuk apapun. Bahkan hal tersebut bisa tetap dilakukan secara harmonis tanpa mengganggu siapapun.

Baca Juga:
Tatap Suami dengan Penuh Cinta, Soraya Haque: He's Back!

Selain itu, Soraya Haque dan keluarga ingin menyalakan lagi semangat toleransi antar umat beragama lewat ucapan dan tindakan nyata.

Pasalnya, mereka menyadari bahwa perbedaan adalah kehendak Allah dan menjadi kewajiban manusia untuk saling mengasihi dalam napas kebhinekaan.

"Perbedaan bukan menjadi tidak harmonis, bukan? Berani keluar dari zona nyaman, dari kondisi intoleran yang semakin merajalela membuat kami ingin berbuat hal kecil untuk membahagiakan orang lain. Keindahan hidup berdampingan sudah harus dihidupkan kembali, di era hilangnya toleransi beragama saat ini," ujarnya.

Baca Juga:
Shahnaz Bagikan Foto Terbaru Soraya Haque, Mata Bengkak dan Sembab Disorot

Unggahan Soraya Haque. (Instagram/sorayahaque)

Selain itu, Soraya Haque memperlihatkan potret toleransi beragama dengan tema "Satu Umat". Di situ terlihat banyak orang dengan agama yang berbeda-beda, tapi berangkat dari satu umat.

“QS. Yunus:19 Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih. Kalau tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu dahulu, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan itu," tulis Soraya.

Sederet netizen pun merasa terenyuh melihat unggahan Soraya Haque.

Baca Juga:
Suami Terbaring di Rumah Sakit, Soraya Haque Nangis Belum Siap Ditinggal

"Inget waktu masih SD dulu.. Sering banget ditanamkan tentang arti toleransi... Saling menghormati saling menghargai meski kita berbeda... Indahnya," komentar netizen.

"Thanks, senang dan sayang banget sama Ibu yang satu ini, penuh kasih terhadap sesama," imbuh lainnya.

Load More