Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Daniel Mananta dan Viola Maria (Instagram/@lolagin)

Matamata.com - Istri Daniel Mananta, Viola Maria, menjadi sorotan usai menungkap pendapatnya tentang pola asuh kebanyakan orang Indonesia. Dalam kanal YouTube Daniel Mananta Network, Viola menyayangkan saat bertemu perempuan Indonesia yang masih meminta izin untuk melakukan hal yang diinginkan.

"Mereka dibesarkan untuk tetap tinggal bersama keluarga mereka, untuk memastikan mereka tidak akan pergi jauh, untuk memastikan bahwa si anak perempuan selalu dekat, dan akan melakukan apa yang dikatakan orangtua," kata Viola dalam video.

Menurut Viola Maria, hal tersebut terjadi karena pola asuh di Indonesia yang cenderung mengekang anak agar selalu dekat dengan orangtuanya. Anak-anak bak dikekang tumbuh di sebuah pot kecil.

Baca Juga:
Daniel Mananta Curhat Rumah Tangganya Pernah di Ujung Tanduk, Nyaris Ditimpuk Piala: Gue Makin Nangis

"Sepertinya para wanita di sini sering kali dibesarkan untuk tetap kecil dan terbatas dalam pot kecil mereka. Karena keluarga mereka takut mereka akan pergi dan mereka khawatir siapa yang akan mengurus mereka saat mereka tua nanti," katanya melanjutkan.

Viola Maria merasa bahwa perempuan Indonesia diberitahu bahwa lebih baik tinggal di rumah dan dengarkan ayah dan ibu agar tetap aman. Padahal, menurut istri Daniel Mananta, pola asuh anak yang baik adalah yang bisa membebaskan anak-anak berkembang. Sebabnya, ia sedih melihat hal itu masih banyak terjadi di Indonesia.

Viola Maria, bule Australia istri Daniel Mananta. [Instagram]

"Hatiku hancur karena itu. Aku sedih menyaksikan hal tersebut terjadi," tutur perempuan berdarah Jerman ini.

Baca Juga:
Sophie Navita Curhat Pernah Dikatai Si Koreng saat Sekolah, Bongkar Penyebabnya ke Daniel Mananta

Pendapat istri Daniel Mananta mengenai pola asuh di Indonesia ini mendapat berbagai tanggapan di media sosial. Dikutip dari kolom komentar akun @lambegosiip yang mengunggah potongan video YouTube tersebut, banyak yang menyebut budaya barat memang berbeda jauh dengan budaya Timur dan tidak bisa dibandingkan.

"Oh jelas, yang pasti Indonesia itu difinisinya menjaga ya, lebih ke aturan norma-norma kehidupan dan agama juga. Cuma memang tidak semua anak wanita suka hal itu, tetapi sesungghnya di balik itu ada dampak positif yang nak wanita rasakan dan orangtua kita sudah menjelaskan hal itu sebelumnya," kata akun @utuh_oren berkomentar.

"Anak-anak dijaga biar enggak mabuk-mabukan, free s*x, dan narkoba," ujar akun @cekasena menanggapi.

Baca Juga:
16 Tahun Bersahabat, 6 Potret Kedekatan Daniel Mananta dan Cathy Sharon

"Beda adat mbak'e, kalau di Indonesia umur 17 tahun selagi belum nikah sampai umur berapa aja juga beberapa orang masih ada yang betah tinggal sama orangtua. Kalau di sana kan adat barat 17 tahun (sebagian orang) sudah bingung cari apartmen atau tempat tinggal untuk misah sama ortu," kata akun @raizahilda menimpali.

"Saya bangga menjadi wanita Indonesia dan kami sekeluarga wanita enggak jadi pot kecil. Alhamdulillah kami tumbuh jadi pohon besar yang banyak di perlukan banyak orang," tutur akun @isroviyahu.

Baca Juga:
8 Aktor Pamer Perut Sixpack, Daniel Mananta hingga Andrew White

Load More