Ade Wismoyo Ferry Noviandi | MataMata.com
Emmeril Kahn Mumtadz anak Ridwan Kamil dan Atalia Kamil. (Instagram/emmerilkahn)

Matamata.com - Ridwan Kamil tengah dirundung duka yang teramat sangat. Seperti diketahui, anak sulung Kang Emil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia setelah hanyut saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022.

Meski jasad Eril ditemukan pada 8 Juni lalu, hal tersebut tentu tak bisa menghapus kesedihan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Eril dan Ridwan Kamil. (Instagram)

Namun meski begitu, Ridwan Kamil yang selama ini dikenal jenaka dan suka bercanda, masih menampilkan karakter tersebut di tengah kedukannya.

Baca Juga:
Indra Bruggman Dituding Pakai Narkoba karena Fisik Berubah: Grogi, Gelisah, Ini Kenapa dengan Gue?

Sejak Eril hilang, unggahan Ridwan Kamil selalu dipenuhi komentar dari warganet. Lelaki 50 tahun ini bahkan sempat membalas beberapa komentar dari warganet. Namun lucunya, Kang Emil membalasnya dengan candaan.

Salah satu yang mengabadikan momen tersebut adalah blogger dan penulis Agus Mulyadi. Melalui akun Instagram-nya @agusmagelangan mempotret dua balasan komentar dari Ridwan Kamil yang bikin tersenyum.

Seorang warganet dengan akun @luvyu.beb berkomentar, "'Tiap jalan kaki, selalui ke arah sungai Aare'. Masya Allah, bahkan warga Kota Berlin pun sayang dengan A Eril, insya Allah Husnul Khotimah."

Baca Juga:
8 Momen Reuni Pedangdut Era 80-an, Bikin Penggemar Nostalgia

Komentar @luvyu.beb kemudian dibalas Ridwan Kamil, "Bekasi bu, bukan Berlin."

Ada juga akun @sinta476_ yang berkomentar, "Enggak bisa bayangin si pasti agak phobia juga lihat air, apalagi menyangkut sungat dan banjir."

Ridwan Kamil membalas komentar warganet dengan guyonan. [Instagram]

Ridwan Kamil lantas membalas @shinta476_,"Itu mah imajinasi netizen aja. Insya Allah saya tidak ada phobia apa-apa, kecuali jika disuruh bayar utang."

Baca Juga:
Nindy Ayunda Pakai Piyama ke Sekolah Anak, Tuai Pro Kontra: Kurang Elok dan Menghargai Guru

Agus Mulyadi pun kagum dengan ketegaran yang ditunjukkan Ridwan Kamil.

"Tentu saja susah untuk tidak kagum pada Kang Emil, yang berusaha agar tidak terus-menerus larut dalam kedukaan dan tetap menjadi pejabat publik yang jenaka dan menghibur seperti biasanya, melalui balasan-balasan komentar di akun media sosial miliknya," tulis Agus Mulyadi.

Apa sayang disampaikan Agus Mulyadi pun disepakati sejumlah warganet. Warganet memuji ketegaran yang diperlihatkan Ridwan Kamil dan patut dipuji.

Baca Juga:
Livy Renata Ngaku Sulit Cari Gorengan: Kalau Sushi Ada di Semua Dunia

"Kalau menurut saya, salah satu kualitas orang terbaik adalah tidak pernah kehilangan selera humor dalam keadaan apapun karena itu susah. Tabik," kata akun @gary_ghaffuri.

"Lopyuu pokokna mah sama kang Emil," ujar akun @_budimlyd.

"Pemimpin yang kuat," imbuh akun @rahman.nugraha_.

Load More