Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Ridwan Kamil dan putra sulung, Emmiril Khan Mumtadz alias Eril. (Instagram/emmerilkahn)

Matamata.com - Pada Senin (13/6/2022) siang, prosesi pemakaman jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril sudah selesai dilaksanakan di Komplek Masjid Al Mumtadz, Cimaung, Kabupaten Bandung.

Mewakili keluarga, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat dan pemerintah yang mendukung dari proses pencarian Eril hingga dimakamkan.

"Saya pertama menghaturkan terima kasih atas doa-doa yang dipanjatkan yang dibantu oleh media. Saya saksikan berjuta-juta luar baisa. Kedatangan kami pun diiringi doa, oleh karenanya saya ucapkan terima kasih," kata Ridwan Kamil memberikan pernyataan usai pemakaian Eril.

Baca Juga:
Suami Kartika Putri Sebut Jenazah Eril Wangi Banget: Tanda Meninggal Syahid

"Kepada Bapak Presiden Jokowi terima kasih yang sebesar-besarnya sudah banyak membantu. Bapak Wakil Presiden, para kabinet, pihak KBRI dan kepolisian di sana (Swiss)," kata Ridwan Kamil menyambung.

Pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung. (MataMata.com/Stefanus Aranditio)

Ridwan Kamil dan istri sangat kehilangan dengan meninggalnya Eril. Namun, Gubernur Jawa Barat ini mengaku sudah ikhlas melepas kepergiaan sang putra. Selain itu, Kang Emil juga yakin kalau Eril sudah bahagia dan tenang.

"Eril pasti sangat bahagia dan pasti sudah tenang. Sebagai orangtua kami sudah sangat ikhlas. Kami mengucapkan syukur alhamdulillah, karena Eril ditempatkan di tempat yang baik, proses yang baik dan cara-cara yang sangat baik," tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga:
Tangis Nenek Eril Pecah Iringi Proses Pemakaman Cucu Tercinta

Selanjutnya, Ridwan Kamil meminta kepada masyarakat dan media untuk menghormati privasinya, yang saat ini masih dalam suasana berkabung. Ia berjanji akan memberikan keterangan lebih jauh soal Eril, bila dirasakan sudah siap.

Pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung. (MataMata.com/Stefanus Aranditio)

"Kepada kawan-kawan yang sudah menghormati privasi kami selama 14 hari, saya ucapakan terima kasih. Karena nanti ada waktunya kami bicara lebih panjang, lebih lebar, tapi untuk sekarang izinkan kami untuk beradaptasi," imbuh Ridwan Kamil.

Emmeril Kahn Mumtadz hanyut saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swis pada 26 Mei 2022. Seminggu setelah kejadian, keluarga belum juga menemukan jasad Eril hingga akhirnya pada 2 Juni, keluarga menyatakan Eril telah meninggal.

Baca Juga:
Hadiri Pemakaman Eril, Mbak Rara Pawang Hujan: Saya Di Pojokan Lihat Langit Gelap

Pada 8 Juni 2022, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Jenazah Eril dimakamkan hari ini, Senin (13/6/2022) di Komplek Masjid Al Mumtadz yang kini sedang dibangun Ridwan Kamil di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Load More