Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Matamata.com - Wanda Hamidah kini sedang menjadi sorotan. Hal ini terjadi usai dirinya mengabarkan bahwa rumah tempat tinggalnya jadi target penggusuran paksa Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Lewat Instagram ia menceritakan kesewenangan yang menurutnya diterimanya.

Ternyata Wanda Hamidah dipaksa untuk mengosongkan rumah yang sudah keluarganya huni sejak 1960. Menurutnya ia memiliki hak atas rumah itu sehingga apa yang dialaminya tidak adil. Sebab penggusuran itu tanpa melalui keputusan dari pengadilan.

Wanda Hamidah bukan nama baru di industri hiburan Tanah Air, sehingga kasus penggusuran rumahnya menyita perhatian publik. Sosoknya sudah sering wara-wiri muncul di layar kaca. Ia juga merupakan salah satu artis yang terjun ke dunia politik.

Baca Juga:
Robbie Coltrane Pemeran Hagrid di Harry Potter Wafat, Daniel Radcliffe Kenang Momen Bersama

Wanda menyimpan sederet fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui publik. Penasaran apa saja fakta Wanda Hamidah yang rumahnya jadi target penggusuran pemerintah? Langsung simak ulasannya berikut.

1. Jadi model sejak SMP

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Wanda Hamidah memulai karier sejak sekolah tepatnya saat ia duduk di bangku SMP. Artis kelahiran 21 September 1977 ini menjadi model untuk sampul majalah Gadis di tahun 1991. Kariernya sebagai model cukup moncer hingga wajahnya bisa dengan mudah ditemukan dalam banyak majalah.

Baca Juga:
8 Potret Adrian Maulana Berangkat Kerja Naik KRL, Hemat Banget!

2. Mantan aktivis

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Wanda Hamidah adalah lulusan Universitas Trisakti yang juga aktivis mahasiswa. Ia bergabung dengan mahasiswa lain dalam demo yang pecah di tahun 1998. Bahkan namanya sempat masuk dalam Daftar Pencarian Orang. Pengalamannya sebagai aktivis mengantarnya terjun ke dunia politik pada tahun 2006.

3. Jadi politikus

Baca Juga:
Kabar Bahagia, Kiky Saputri Diam-Diam Akan Segera Menikah dengan sang Kekasih

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Wanda bergabung menjadi kader dan menjabat jadi bendahara Partai Amanat Nasional periode 2006-2010. Karier politiknya kian bersinar setelah dirinya diganjar penghargaan sebagai Artis Peduli Hukum dan HAM dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2008. Hingga pada akhirnya Wanda terpilih menjadi wakil rakyat dan dilantik jadi anggota DPRD DKI Jakarta pada periode 2009-2014.

4. Instruktur yoga

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Kecintaannya pada yoga mengantar Wanda Hamidah untuk meraih sertifikat guru yoga yang berhasil ia dapat di tahun 2016. Sekarang ia disibukkan dengan kegiatannya menjadi instruktur yoga. Awalnya ia mengaku terinspirasi dari banyak artis Hollywood sehingga semakin serius menekuni yoga.

Baca Juga:
6 Gaya Parenting Nikita Willy dan Indra Priawan, Ada yang Tuai Pro Kontra

5. Dua kali bercerai

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Wanda Hamidah telah dua kali gagal membina rumah tangga. Pernikahan pertama Wanda Hamidah adalah dengan Cyril Raoul Hakim pada 2001 silam. Sayang, mereka bercerai pada 2012 setelah dikaruniai tiga orang anak. Ia kemudian menikah lagi pada 2015 dengan Daniel Patrick Hadi Schuldt dan dikaruniai seorang anak. Lagi-lagi Wanda Hamidah akhirnya bercerai.

6. Dipolisikan mantan suami

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Pada Mei 2022, Wanda Hamidah dilaporkan ke polisi oleh mantan suaminya, Daniel Patrick. Wanda dilaporkan karena masuk ke area pekarangan rumah Daniel tanpa izin yang berujung perusakan hingga perbuatan melawan hukum. Setelah dilaporkan, Wanda meminta jalan damai dengan Daniel.

7. Hijrah

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Belum lama ini Wanda Hamidah muncul ke publik dengan penampilan berbeda. Wanda Hamidah tampak mengenakan hijab, padahal sebelumnya ia selalu memamerkan rambut indahnya. Wanda memutuskan untuk hijrah dan belajar menutup rambutnya dengan hijab. Ia mengaku masih belajar untuk istiqomah dengan keputusannya itu.

8. Rumahnya jadi target penggusuran

Fakta Wanda Hamidah. (Instagram/wanda_hamidah)

Wanda tengah jadi sorotan karena rumahnya jadi target penggusuran oleh Pemprov DKI Jakarta. Wanda kekeh bahwa ia punya hak atas rumah yang sudah puluhan tahun dihuni keluarganya. Namun, fakta menyebutkan bahwa Wanda ternyata hanya memiliki surat izin penghunian (SIP) atas rumah itu. Sementara surat tersebut sudah mati sejak tahun 2012. Sehingga status rumah Wanda Hamidah menjadi bangunan liar yang harus ditertibkan. Namun kabar terkini menyebutkan bahwa penggusuran rumah Wanda Hamidah sudah dibatalkan.

Itu tadi sederet fakta Wanda Hamidah yang tengah disorot lantaran rumahnya digusur. Sebelumnya sosoknya juga sempat mengundang perhatian saat dikabarkan pernah menjalin hubungan spesial dengan Raffi Ahmad.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More