Ade Wismoyo Shevinna Putti | MataMata.com
Ki Joko Bodo. (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Ki Joko Bodo meninggal dunia hari ini, Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 09.57 WIB pagi di usia 57 tahun. Kabar duka ini dibenarkan oleh putrinya, Ayda Prasasti.

Tiga tahun yang lalu, Ki Joko Bodo telah memutuskan untuk berhenti menjadi paranormal meskipun bayarannya tergolong mahal di Indonesia.

Ki Joko Bodo pun mengubah total penampilannya jadi lebih rapi. Tadinya dia identik dengan pakaian hitam, rambut gondrong dan berjanggut. 

Baca Juga:
Ki Joko Bodo Sempat Tak Bisa Jalan Sebelum Meninggal, Anak Yakini Sebagai Penghapusan Dosa

Bahkan, Ki Joko Bodo juga mengalami perubahan dalam segi ibadah setelah pulanh haji. Dia mulai rajin membaca Alquran.

"Emang kewajiban sebagai umat muslim itu beribadah dan jangan sampai putus-putus. Terus baca Alquran, tapi maaf saya kurang lancar baca Alquran. Makanya tiap hari saya lancarkan walaupun sedikit demi sedikit," ujar Ki Joko Bodo dilansir dari Silet RCTI pada Mei 2019.

Suasana di rumah duka Paranormal Agus Yulianto alias Ki Joko Bodo di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (22/11/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Saat itu, Ki Joko Bodo juga sudah menyadari usianya tak lagi muda dan mengingat bahwa semua manusia pasti akan meninggal dunia.

Baca Juga:
Kendall Jenner Putus Lagi dengan Pacar Pebasket Devin Booker, Alasannya Dipertanyakan

"Dikurangi umurnya, dikurangi makanya kabur, rambut sudah memutih dan gigi mulai ompong," ujar Ki Joko Bodo.

Karena itu, Ki Joko Bodo memilih meninggalkan kehidupannya sebagai paranormal dan menganggap hal itu hanya bagian dari kebudayaan.

Sementara itu, Ki Joko Bodo juga mulai menerapkan semua ajaran-ajaran dari Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:
Tempat Perdukunan Kini Jadi Masjid, Terkuak Nasib Hunian Rp25 Miliar Ki Joko Bodo

"Ajaran-ajaran yang dari Tuhan itu akan aku terapkan di dunia ini," katanya. 

Sejauh ini belum diketahui penyebab kematian Ki Joko Bodo. Tapi, paranormal kondang ini sempat mengalami asam urat hingga tak bisa jalan.

Bahkan, Ki Joko Bodo sempat dikabarkan jatuh sakit akibat santet atau guna-guna. Namun, isu ini telah ditepis oleh anaknya.

Baca Juga:
8 Potret Ultah Chava Anak Rachel Vennya Bareng Anak-anak Kampung Pemulung

Load More