Selasa, 27 Februari 2024
Yohanes Endra | MataMata.com Kamis, 24 Agustus 2023 | 21:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Jeremy Teti mengungkap kondisi kesehatannya. Ia menghadapi penyakit batu ginjal yang tak kunjung sembuh sejak 2020. Setiap dua tahun sekali ia mendapati keberadaan batu ginjal di tubuhnya meski sudah dibersihkan.

“Aduh, sumpah, kalau udah tua itu PR banget. Ada aja penyakit,” ungkap Jeremy Teti di kawasan Tendean, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

“Aku juga bingung, kenapa setiap 2 tahun sekali selalu sakit dengan yang sama. Selalu, batu ginjal lagi, batu ginjal lagi,” sambung sang mantan pembawa berita.

Baca Juga:
Sempat Muntah sampai Pingsan, Jeremy Teti Dilarikan ke RS, Kenapa?

Berbagai rumah sakit sudah didatangi Jeremy Teti untuk mengobati batu ginjalnya. Rumah sakit tempatnya berobat pun bukan tempat sembarangan.

“Padahal udah RS yang paling top se-Indonesia loh. Tiga rumah sakit top di Jakarta, sampai ke RS yang paling top di Yogya, aku jalanin,” kata Jeremy Teti.

Jeremy Teti juga sudah mengikuti pantangan dokter untuk mengurangi konsumsi makanan yang bisa memicu batu ginjal seperti sayur-sayur hijau dan kacang-kacangan.

Baca Juga:
Usia 52 Belum Nikah, Jeremy Teti: Eh Masalah Buat Lo?

“Aku juga udah jaga makan, jaga minum, tapi batu itu tetep tumbuh lagi,” kata Jeremy Teti.

Hanya saja, batu ginjal Jeremy Teti tetap ada lagi setelah tiga kali operasi pengangkatan. Kenyataan itu sampai membuatnya frustasi.

“Ini udah keempat kali dan udah operasi. Itu masih kambuh lagi. Makanya gue udah kayak putus asa,“ kata Jeremy Teti.

Baca Juga:
Sekarang Tatoan, Terkuak Alasan Jeremy Teti Ubah Penampilan

Pengobatan ke luar negeri akhirnya dipilih Jeremy Teti sebagai jalan terakhir menyembuhkan batu ginjalnya. Ia direkomendasikan untuk berobat ke Malaysia.

“Aku udah konsultasi dengan aplikasi dokter dan kesehatan, dengan pihak asuransi juga. Dari situ dapat rekomendasi tujuh rumah sakit di Penang, Malaysia untuk pengobatan batu ginjal saya,” ujar Jeremy Teti.

Besar harapan Jeremy Teti untuk proses pengobatan di luar negeri membawa hasil positif bagi penyakit batu ginjalnya. “Ya mudah-mudahan nggak tumbuh-tumbuh lagi,” kata  lelaki 55 tahun ini. (Adiyoga Priyambodo)