Ade Wismoyo Shevinna Putti | MataMata.com
Najwa Shihab (Instagram/@najwashihab)

Matamata.com - Presenter sekaligus Jurnalis Najwa Shihab tiba-tiba jadi trending topic di Twitter. Hal itu terjadi karena guyonan tak pantas dari seorang komika di acara Desak Anies di Yogyakarta, Selasa (23/1/2024).

Guyonan yang menjurus ke pelecehan seksual secara verbal yang diterima Najwa Shihab dilontarkan oleh komika Felix Seda di atas panggung. 

Felix Seda yang memberikan penampilan stand up comedy sebagai di pembukaan acara tersebut melontarkan lelucon yang membayangkan Najwa Shihab sebagai kasur yang ingin ditiduri.

Baca Juga:
Blak-blakan Ngaku Muak Liat Penjajahan, Najwa Shihab Ikut Aksi Bela Palestina Di Monas Hingga Bagikan Semangka

Aksi kurang pantas itu diungkap oleh akun X @ijbolismus. 

"Dia bikin joke 'Mbak Nana pakai bajunya putih-putih kayak kasur saya dan jadi pengen saya tidurin'," cuitan akun tersebut menarasikan lelucon seksis Felix Seda dalam acara Desak Anies di Yogyakarta tersebut.

Baca Juga:
Direstui Jokowi, Najwa Shihab Sikat Mafia Bola

Lelucon tersebut kemudian diprotes oleh seorang perempuan yang juga hadir di acara Desak Anies. Protes disampaikan saat dia naik panggung. 

Perempuan tersebut sangat menyayangkan Felix Seda melontarkan lelucon bernada seksis terhadap Mbak Nana alias Najwa Shihab di ruang bebas berdemokrasi.

"Kegelisahan tentang acara Desak Anies hari ini soal materi komika yang baru saja disampaikan. Saya sangat menyayangkan mengapa di ruang aman berdemokrasi yang coba kita inisiasi bersama ini masih ada pembolehan dan pewajaran menyampaikan materi yang sifatnya seksis, misoginis dan homophobic," kata perempuan tersebut dilansir dari akun X @laylaml9.

Baca Juga:
Tretan Muslim Tantang Konten Kreator Buat Sindir Hukum di Indonesia: Najwa Shihab Belum Tentu Berani

Apalagi, lelucon bernada seksis Felix Seda itu seolah masih diwajarkan dan dibolehkan di tengah audien yang sangat beragam.

"Padahal kalau kita amati audien yang hadir saat ini sangat beragam dan saya sangat mengapresiasi antusiasme semua orang yang menghadiri acara Desak Anies ini. Jadi, kalau boleh saya berpesan mari kita semua wujudkan bersama membuat ruang berdemokrasi yang aman," sambungnya. 

Baca Juga:
Najwa Shihab Tegas pada Pendirian Belum Berhijab, Quraish Shihab Tak Malu: Saya Malah Bisa Bangga

Sementara itu, Felix Seda yang melontarkan lelucon seksis tersebut kedapatan mengunci akun Instagramnya setelah Najwa Shihab menjadi trending topic di platform X.

Sejumlah warganet pun menyampaikan keluhannya kepada pihak penyelenggara yang mengundang komika tersebut dan pembawa acara Desak Anies yang justru tidak memberi teguran.

Profil, Biodata Lengkap, dan Agama Najwa Shihab (Instagram/najwashihab)

"Mbaknya keren, tapi kecewa sama MC nya nggak menanggapi dengan proper (minimal minta maaf) setelah mbaknya ngomong. Sampe diingetin sama orang di bawah, eh cuma apresiasi "mbaknya tadi keren banget"... Aku liatnya: Udah gitu doang?" kata @fckhr***.

"@aniesbaswedan sekarang bebannya bukan di Cak Imin tapi di setiap komika yang undang, keknya perlu di screening ke depannya kalo undang komika. Kalo udah gini namanya bukan kebebasan berbicara tapi kebablasan berbicara," kata @alwiramadha***.

"Mungkin yang datang langsung ke sana tertawa, tapi banyak dari kami yang nggak nyaman nonton Desak Anies kali ini hanya karena komika Felix Seda dengan materinya yang nggak lucu dan melecehkan itu. Pelecehan ini masalah besar di Indonesia juga, lho," kata @seoo***.

Desak Anies merupakan acara rutin kampanye capres nomor urut 1, Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Di acara tersebut, hadirin bebas bertanya apa saja pada Anies.

Acara Desak Anies adalah ruang bagi generasi milenial dan Z agar dapat peduli terhadap isu-isu politik.

Load More