Yohanes Endra | MataMata.com
Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Matamata.com - Alvin Faiz kembali menerima sorotan netizen setelah ia dituding menggelapkan dana umat. Tuduhan itu muncul sebagai wujud ketidaksetujuan dari Hanny Kristianto, sekjen Mualaf Center Indonesia atas penetapan Alvin sebagai Ketua Pembina Yayasan Az-Zikra.

Tudingan tadi hanya satu dari sekian banyak kontroversi yang pernah melibatkan Alvin Faiz. Putra mendiang Ustaz Arifin Ilham tersebut sudah memicu kontroversi sejak muncul dalam pemberitaan tentang pernikahan pertamanya dulu.

Namanya kian ramai dibahas setelah ia bercerai dari Larissa Chou dan menikah lagi tak lama setelah cerai. Memiliki banyak kontroversi membuat Alvin Faiz dianggap membuat lembaga yang didirikan ayahnya perlahan mengalami kehancuran.

Baca Juga:
Az-Zikra Dipimpin Alvin Faiz, Donatur Mohon ke Jokowi Usut Dugaan Korupsi: Tolong Kemenag Audit!

Lantas apa saja kontroversi Alvin Faiz yang kini jadi ketua Yayasan Az-Zikra? Berikut ulasannya yang sudah MataMata.com rangkum.

1. Menikah muda

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Kontroversi yang pertama Alvin Faiz adalah keputusannya untuk menikah muda dengan Larissa Chou. Alvin dan Larissa menikah pada tahun 2016 silam, kala itu usia Alvin baru 17 tahun.

Baca Juga:
Alvin Faiz Pernah Disebut Tak Bisa Dakwah oleh Ustaz Arifin Ilham, Wasiat Diungkit Lagi

2. Bercerai

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Selama menikah, Alvin sering membagikan potret keharmonisannya dengan Larissa. Namun, tanpa diduga perempuan yang memutuskan jadi mualaf itu menggugat cerai Alvin Faiz pada Mei 2021. Keduanya resmi bercerai pada Juni 2021 setelah lima tahun membina rumah tangga.

3. Menikah lagi

Baca Juga:
Dapat Warisan Rp 29 Miliar, Alvin Faiz Dituding Cuma Foya-foya dan Makin Jauh dari Agama: Kejam!

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Tak lama setelah cerai dari Larissa, Alvin Faiz menikahi Henny Rahman yang merupakan mantan istri dari temannya, Zikri Daulay. Keduanya menikah pada 14 Agustus 2021 dan sukses mengejutkan publik, hingga memicu isu perselingkuhan keduanya

4. Dituduh berzina

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Kisruh Alvin Faiz dan Larissa Chou tak berhenti setelah perceraian mereka. Beberapa aib Alvin Faiz terbongkar karena curhatan Larissa tersebar ke publik. Alvin dituduh berzina pada tahun 2017 hingga menelantarkan anak dan istrinya waktu itu. Bahkan Larissa mengaku selama menikah ia tidak dibimbing untuk mendalami ilmu agama.

Baca Juga:
Alvin Faiz Dituduh Gelapkan Dana Umat, Ustaz Yusuf Mansur Kasih Saran Begini

5. Dituding gelapkan dana umat

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Bukan hanya sekali Alvin Faiz menerima tudingan menggelapkan dana umat. Pada tahun 2021 ia juga sempat mendapat tudingan menyelewengkan dana yayasan untuk kepentingan pribadi.

6. Mundur dari Az-Zikra

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Buntut dari tudingan itu, Alvin memutuskan mundur dari yayasan yang dibangun dan dirintis ayahnya. Ia ingin memperbaiki dirinya sehingga pantas dan mampu meneruskan perjuangan mendiang Ustaz Arifin Ilham.

7. Sikapnya pada ulama dikritik

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Sikap Alvin pada para ulama pun menjadi sorotan. Pasalnya Alvin disebut hanya datang silaturahmi ketika sedang membutuhkan sesuatu saja. Jadi saat sedang tak butuh, ia tidak bersilaturahmi.

8. Jadi Ketua Yayasan Az-Zikra

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Alvin memposisikan diri jadi ketua Yayasan Az Zikra. Ia menggantikan posisi Haji Eteng Ahmad Salam yang meninggal pada (7/9/2022) kemarin. Posisi baru Alvin Faiz dianggap tidak tepat karena seharusnya Ketua Yayasan Az-Zikra adalah Ustaz Abdul Syukur. Hal ini didasarkan pada kesepakatan Dewan Syariah Ulama dan Ustaz Arifin Ilham semasa hidup seperti dilansir dari Suara.com.

9. Tak bisa berdakwah

Kontroversi Alvin Faiz. (Instagram/alvin_411)

Dikutip dari Suara.com, alasan lain yang membuat Hanny Kristianto merasa Alvin tak pantas menjadi pemimpin Az-Zikra adalah karena ia tak bisa berdakwah. Menurut Hanny hal itu disampaikan sendiri oleh mendiang ayahnya yang justru ingin Alvin jadi pengusaha.

Alvin Faiz memang terus memicu kontroversi, namanya menjadi lebih sering disorot sejak perceraiannya dengan Larissa Chou. Sejak bercerai, Alvin memang menjadi memiliki image negatif di mata netizen. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More