Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

Matamata.com - Nama Afi Nihaya Faradisa kembali viral dan ramai disorot. Pasalnya ia diduga merupakan pemilik akun syur @NatNatalie__. Hal ini berawal dari unggahan akun Twitter @aulrevoir yang membagikan potret Afi Nihaya dengan Natalie.

Seperti diketahui Natalie adalah sosok yang sering berbagi konten syur berupa foto dengan kalimat menggoda. Afi Nihaya yang dalam kesehariannya berhijab diduga adalah pemilik akun Natalie.

Afi Nihaya sendiri pernah viral karena diundang Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tahun 2017. Lantaran ia adalah remaja kritis yang kerap menulis aspirasinya yang dianggap menyuarakan persatuan lewat Facebook. Namun, rupanya beberapa tulisan-tulisan kritis dari Afi Nihaya Faradisa adalah hasil plagiat.

Baca Juga:
Billy Syahputra Dilaporkan ke Polisi Atas Tindakan Penghinaan, Netizen: Gara-Gara Job Sepi

Kini namanya kembali viral karena ia diduga memiliki alter ego yang membuatnya memiliki akun Natalie. Afi sendiri sudah membantah tuduhan tersebut. Lantas siapa sebenarnya dia? Simak profil Afi Nihaya Faradisa yang viral di Twitter.

1. Profil dan Biodata Afi Nihaya Faradisa

Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

Memiliki nama asli Asa Firda Inayah dengan panggilan Afi, ia lahir di Banyuwangi, 23 Juli 1998. Ia menempuh pendidikan di SDN 4 Yosomulyo kemudian menempuh pendidikan di jenjang SMP di sebuah sekolah berstandar internasional. 

Baca Juga:
Nindy Ayunda dan Dito Mahendra Dipanggil Polisi soal Kasus Penyekapan, Ternyata Ini Status Hukumnya

Saat ini Afi menempuh pendidikan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dari bio yang ia tulis di Instagram, Afi mengambil jurusan psikologi. Afi mulai membatasi aktivitasnya di sosial media karena fokus dengan studinya.

Afi Nihaya sudah aktif di media sosial sejak usia muda terutama di Facebook. Afi pun meraih ketenaran berkat tulisan-tulisan yang ia buat. Selain Facebook, Afi juga memiliki akun media sosial lainnya yaitu Instagram @afi_penulis dan Twitter @Asa_Afi.

2. Viral karena tulisannya 

Baca Juga:
Jesse Choi Unggah Momen Langka dengan Adik Ipar, Amanda Khairunnisa: Love You Oppa

Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

"Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan," begitu bunyi tulisan Afi yang berjudul Warisan. Berkat tulisannya itu Afi diundang ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo sebagai tamu pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2017 silam.

Hal ini karena ia dengan kritis menyuarakan persatuan lewat tulisannya di Facebook. Bahkan ia pun diwawancarai media nasional karena tulisannya yang ramai di Facebook tersebut. Ia bahkan diundang menjadi pembicara di banyak acara diskusi setelah namanya viral. 

3. Melakukan plagiat

Baca Juga:
Pinkan Mambo Ingin Pernikahannya Dianggap Zina: Jadi Boleh Cerai

Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

Namun, sayangnya tulisan Afi tersandung kasus plagiarisme. Tulisannya yang berjudul Belas Kasih dalam Agama Kita disebut sebagai hasil jiplakan. Afi meniru karya tulis dari Mita Handayani yang berjudul Agama Kasih. 

Tak hanya karya tulis, Afi juga menjiplak sebuah puisi karya penulis asal Virginia, Amerika Serikat, Tiffany Blevins. Puisi yang ditulis Afi pada (17/4/2022) diduga dikutip dari buku best seller Chicken Soup.

4. Membantah melakukan Plagiat

Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

Meski tertangkap tangan menjiplak karya orang, Afi tetap kekeh membantahnya. Ia justru menyebut bahwa semua orang pernah melakukan plagiarisme bahkan sejak tuga SD hingga caption foto. Hal ini membuat publik kian geram padanya. Namun, pada akhirnya ia meminta maaf pada penulis asli yang karyanya ia comot. 

5. Diduga pemilik akun syur Natalie

Profil Afi Nihaya Faradisa. (Facebook.com/Afi Nihaya Faradisa)

Sekitar lima tahun sejak kasus plagiat tadi, Afi kembali menjadi sorotan. kali ini karena ia diduga memiliki akun alias yang kerap membagikan konten vulgar di Twitter. Afi sendiri sudah membantah tuduhan itu dan menghubungi @aulrevoir untuk membersihkan namanya dan memberikan klarifikasi.

Itu tadi profil Afi Nihaya Faradisa yang viral di Twitter beberapa waktu lalu. Sosoknya memang bukan gadis biasa, ia sudah tenar dengan tulisannya di Facebook sejak SMP. Hidupnya juga sepertinya penuh dengan plot twist mulai dari tersandung kasus plagiat sampai yang terbaru diduga kerap membagikan konten vulgar. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More