Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/officialdewa19)

Matamata.com - Dewa 19 menggelar konser di JIS (Jakarta International Stadium) pada Sabtu (4/2/2023). Konser bertajuk "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19" tersebut juga menghadirkan Mulan Jameela serta Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani sebagai special performance.

Konser Dewa 19 sukses digelar dengan berbagai kesan dari puluhan ribu penonton. Simak berbagai fakta konser Dewa 19 berikut ini.

1. Konser dengan 4 Vokalis dan 4 Drummer

Baca Juga:
Mulan Jameela Cium Ahmad Dhani di Atas Panggung Konser Dewa 19, Penonton Langsung Riuh

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Konser Dewa 19 kali ini begitu menarik karena Ari Lasso, Once Mekel, Virzha, dan Ello tampil bersama. Dewa 19 juga menampilkan 4 drummer dari generasi ke generasi, mulai dari Wawan Juniarso, Aksan Sjuman, Tyo Nugros, hingga Agung Gimbal.

2. Penampilan Istri dan Anak Ahmad Dhani

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/mulanjameela1)

Sebagai pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani juga mengajak Mulan Jameela sang istri untuk tampil di konser "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19". Mulan Jameela diketahui menyanyikan 8 lagu, salah satunya berduet dengan Elvy Sukaesih.

Baca Juga:
Konser Dewa 19 di JIS Jadi Lautan Manusia, Penonton Komplain soal Mobilisasi dan Kemacetan

Al, El, dan Dul yang merupakan putra-putra Ahmad Dhani dari Maia Estianty juga menampilkan lagu-lagu mereka. Sejak kecil, mereka memang tergabung dalam band tersendiri bernama The Lucky Laki.

Ada juga The Virgin dan Mahadewi yang merupakan grup bentukan Ahmad Dhani, hingga Andre Taulany membawakan lagu "Mungkinkah" Stinky di momen konser tersebut.

3. Tertunda Hampir 3 Bulan

Baca Juga:
Dul Jaelani Pamitan Mau Gladi Bersih Konser Dewa 19, Maia Estianty Auto Kabur Digoda Pakai Nama Dhani dan Mulan

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/elelrumi)

Sebenarnya konser "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19" diagendakan pada 12 November 2022. Namun karena terkendala izin, konser Dewa 19 baru terlaksana di awal Februari 2023. Saat penjualan, tiket konser Dewa 19 langsung ludes hanya dalam waktu 15 menit lho!

4. Lagu yang Dibawakan Jadi Perdebatan

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/officialdewa19)

Sebelum konser Dewa 19 digelar, perdebatan antara Ahmad Dhani dan Once Mekel sempat terekam. Semuanya berawal saat Once mengusulkan untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19 yang jarang ditampilkan.

Namun menurut Ahmad Dhani, karier Dewa 19 tak akan selesai tahun 2023 sehingga masih ada kesempatan untuk membawakan lagu-lagu yang lain. Total ada 35 lagu yang ditampilkan dalam konser Dewa 19 itu selama kurang lebih 3 jam.

5. Penonton dari Berbagai Kalangan

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/mulanjameela1)

Sekitar 60 ribu penonton diperkirakan memadati area JIS untuk menyaksikan penampilan Dewa 19. Di antara puluhan ribu penonton tersebut, sejumlah figur publik tampak hadir.

Figur publik yang hadir di konser "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19" adalah Elvy Sukaesih, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ibu Negara Iriana Jokowi, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Fadli Zon, hingga Najwa Shihab.

6. Ramai Keluhan Penonton

Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/officialdewa19)

Mobilisasi menuju lokasi konser Dewa 19 rupanya menuai kritik. Pasalnya penonton dilarang menggunakan mobil pribadi menuju JIS.

Hal itu berakibat sebagian besar penonton tiba di venue ketika Dewa 19 sudah tampil mulai pukul 7 malam, serta kesulitan pulang karena kurang siapnya transportasi umum di area JIS.

Selain itu, penonton yang berada di area tribun mengaku kurang bisa mendengar musik dan suara nyanyian vokalis Dewa 19 dengan jelas.

Itu dia berbagai fakta konser Dewa 19 di JIS. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More