Nur Khotimah | MataMata.com
Tangkapan layar imam salat Tarawih sambil live TikTok. (TikTok/@thorong_kedip7)

Matamata.com - Ada-Ada Saja! Viral Imam Salat Tarawih sambil Live TikTok, Auto Kena Sentil MUI

Pengguna media sosial dibuat heboh dengan aksi seorang imam salat Tarawih yang menunaikan ibadah sambil live TikTok. Aksi imam ini pun memantik beragam komentar, termasuk dari pihak MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak seorang pria mengenakan gamis berwarna putih dan sorban motif kotak-kotak menutupi kepalanya. Ia terlihat khusyuk menunaikan salat Tarawih di sebuah masjid.

Baca Juga:
Doa Kamilin Usai Salat Tarawih Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Sang imam belakangan diketahui adalah Gus Sholeh Pati, pengasuh TPQ "Ya Rasulallah" TGR. Ia memimpin salat tarawih di sebuah masjid yang dipenuhi jamaah.

Aksi live TikTok tersebut menuai kontroversi netizen. Ada yang menghujat namun tak sedikit juga yang menyebut hal itu sah-sah saja, bahkan ada yang memberi gift berupa bunga mawar hingga singa.

Sementara itu, menurut Ketua Komisi Fatwa MUI KH Asrorun Niam Sholeh tindakan salat seperti itu diperbolehkan. Asalkan pelaksanaannya memenuhi syarat dan rukun.

Baca Juga:
Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah Bulan Ramadhan 2023 Lengkap dengan Keutamaan

Namun hal itu dilihat lagi bagaimana kondisi dan motivasi imam tersebut melakukan salat sambil live. Apakah untuk motivasi atau hanya sekedar pamer.

"Kalau motivasinya untuk memberikan inspirasi kepada orang lain untuk salat, bagus. Tapi kalau motivasinya untuk pamer, bisa hilang pahalanya," sentil Asrorun, dikutip dari unggahan Instagram @terangmedia, Sabtu (25/3/2023).

Guru besar hukum Islam UIN Jakarta ini juga mengingatkan agar sebaiknya saat live di Tiktok atau media sosial, tidak meminta saweran. Sebab salat merupakan ibadah yang bersifat pribadi, antara Tuhan dan hamba-Nya.

Baca Juga:
9 Momen Artis Salat Tarawih Bareng Keluarga, Ada Atta Halilintar dan Ayu Ting Ting

"Ya jangan (minta saweran), salat itu kewajiban setiap individu muslim. Sifatnya pribadi, hubungan antara hamba dengan Allah SWT," pungkasnya. (Meiko Chan)

Load More