Pangeran Harry dan Meghan Markle

Matamata.com - Pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle berlangsung Sabtu (19/5/2018) sore WIB.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan berlangsung pukul 12 siang BST (British Summer Time) di Kapel St George, Kastil Windsor.

Proses pernikahan mereka akan disiarkan secara langsung di seluruh dunia. Di Indonesia, kita bisa mengaksesnya lewat akun YouTube The Royal Family.

Di Indonesia, Live streaming pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle berlangsung pukul 17.00 WIB.

Pernikaan keluarga Kerjaan Inggris selalu ditunggu-tunggu oleh warga seluruh dunia. Sebelum menonton secara live proses pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, ada beberapa fakta yang perlu kamu tahu.

Berikut MataMata.com rangkum untuk kalian yang dilansir dari E! online.

1. Kereta Ascot Landau

Setelah melakukan pemberkatan di Kapel St George, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan melakukan kirab pawai kereta di sekitar kastil Windsor menggunakan kereta Ascot Landau.

Kereta Ascot Landau ini biasa digunakan Ratu ketika ke Royal Ascot. Maka dari itu pula kereta itu dinamai Ascot Landau.

Desain kereta ini sangat terbuka, sehingga memungkinkan untuk visibilitas yang besar bagi ribuan warga yang ingin sekilas melihat kedua mempelai.

Kuda-kuda yang menarik kereta Ascot Landau ini diberi nama Storm, Milford Haven, Plymouth, dan Tyrone.

2. Botswana

Pangeran Harry dan Meghan Markle sangat terobsesi dengan negara Botswana di Afrika. Mereka memulai hubungan mereka dengan perjalanan ke Botswana.

Di sana, mereka merayakan ulang tahun Meghan yang ke-36. Intan yang tertempel di cincin pertunangan Meghan juga berasal dari Botswana.

3. Upacara pernikahan

Dekan Weindsor, Rt. Pdt. David Conner dan Uskup Agung Canterbury sekaligus pemimpin Gereja Inggris, Justin Welby akan melakukan upacara Anglikan (sebuah agama yang dikonformasikan oleh Meghan) selama satu jam.

Sama seperti Putri Diana dan Kate Middleton, Meghan Markle tidak berjanji untuk mematuhi suami saat ketika proses sumpah pernikahan.

4. Putri Diana

Berbagai spekulasi muncul tentang bagaimana mendiang Putri Diana, ibu Pangeran Harry akan dihormati. Semua saudara kandung Putri Diana akan hadir.

Saudarara perempuan Putri Diana, Lady Jane Fellowes akan memberikan sambutan.

Salah satu cincin tunangan Meghan merupakan salah satu koleksi Diana. Pangeran Harry menganggap dengan menempelnya cincin mendiang ibunya di jari Meghan, menjadi simbol kehadiran Putri Diana i pernikahan mereka.

5. Hadirnya Elton John

Beberapa artis dikabarkan akan tampil di pernikahan seperti Sam Smith dan Ed Sheeran. Termasuk penyanyi Elton John yang kehadirannya cukup mengagetkan.

Elton John merupakan teman dekay Putri Diana. Kehadirannya di pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan belum diketahui, apakah akan tampil atau sebagai tamu.

6. Keluarga yang hadir dan tidak hadir

Ayah Meghan Markle dikabarkan tidak akan menghadiri pernikahannya karena menderita sakit jantung. Ayah Meghan awalnya dijadwalkan akan mendampingi Meghan ke pelaminan.

Sebagai gantinya, Pangeran William akan menjadi pendamping pernikahan adiknya. Sedangkan Kate tidak mendampingi Meghan karena akan menyalahi aturan kerajaan.

Pendamping Meghan terdiri dari anak-anak termasuk Pangeran George, Putri Charlotte dan anak-anak dari teman Meghan, Jessica Mulroney.

Sedangkan ibu Meghan, Doria Ragland sudah tinggal di London dan akan menemani perjalanan Meghan dari Cliverden House Hotel ke gereja.

Sementara saudara-saudara tiri dari pernikahan pertama ayahnya, yang bermasalah dengan Meghan tidak diundang.

7. Bulan Madu

Pangeran Harry dan dan Meghan tidak akan melakukan bulan madu tepat setelah pernikahan mereka. Bahkan mereka memiliki keterlibatan kegiatan publik yang dijadwalkan hanya beberapa hari pasca pernikahan.

Namun mereka akan mendapatkan waktu bulan madu di suatu tempat yang jauh, sehingga keamanan tidak akan menjadi masalah besar.

8. Undangan

Mempelai mengundah sekitar 600 tamu untuk menghadiri upacara dan mengundang sekitar 2.600 orang biasa untuk bergabung dengan mereka di tanah Windsor.

Sebagai informasi bahwa Donald Trump dan Barack Obama tidak diundang ke pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

9. Perhiasan

Kebanyakan pengantin kerajaan memakai tiara bertatahkan permata di hari pernikahan mereka, jadi dengan asumsi dia mengikuti tradisi itu.

Kate memakai halo tiara Ratu Carter ketika dia menikahi William. Ketika Diana ditawari salah satu tiara Ratu untuk pernikahannya, dia memutuskan untuk memakai pusaka abad 18 dari keluarganya sendiri, Spencer, sebagai gantinya.

Banyak yang berspekulasi bahwa Meghan akan memakai Tiara Spencer milik Diana, tetapi kita tidak akan benar-benar tahu sampai dia berjalan di lorong.

Adapun perhiasan lainnya, gaun pernikahan kerajaan biasanya berlengan panjang dan berleher tinggi dan tidak meninggalkan banyak ruang untuk kalung atau gelang.

Tetapi, mengingat fakta bahwa Meghan dilaporkan mengenakan anting-anting seharga sekitar Rp 141 juta hanya untuk latihan pernikahan, aman untuk menganggap telinganya akan dihiasi dengan sesuatu yang luar biasa pada hari yang sebenarnya.

10. Kue Lemon Elderflower

Harry dan Meghan telah memilih kue sponge lemon yang tercakup dalam Elderflower buttercream dan bunga segar yang akan memadukan rasa cerah musim semi.

Kue-kue berbahan organik itu berasal dari toko Violet Bakery di London, yang dibuat oleh pembuat roti California, Claire Ptak.

Butuh enam orang untuk membuat tiga kue dalam waktu lima hari.

11. Busana Pengantin

Gaun pengantin Meghan masih menjadi misteri, meskipun beberapa laporan mengatakan dia akan mengenakan gaun senilai 100 ribu pound atau sekitar Rp 1,9 juta dari Ralph & Russo, desainer yang sama yang dikenakannya untuk foto pertunangannya.

Stella McCartney juga merupakan perancang potensial gaun tersebut. Meghan sebenarnya akan memiliki dua gaun, satu untuk resepsi upacara dan makan siang dan satu lagi untuk resepsi malam yang intim.

Pangeran Harry diharapkan mengenakan seragam militer tradisional lengkap.

Sementara gaun Meghan tidak diragukan lagi akan menjadi showstopper hari ini, ada banyak lagi busana pernikahan kerajaan yang harus diperhatikan. Juga akan ada lebih banyak topi dan fascinator.

Ada juga banyak aturan untuk para tamu dan bangsawan untuk diikuti, termasuk bahwa wanita harus mengenakan celana ketat dan tidak boleh mengenakan sepatu bergaya wedge, karena sang Ratu tidak menyukai.

Load More