Rabu, 26 Februari 2020
Linda Rahmadanti : Senin, 10 Februari 2020 | 17:57 WIB

Matamata.com - Joaquin Phoenix memberikan pidato yang mengesankan saat dinobatkan sebagai aktor terbaik dalam ajang Oscar 2020. Dia menang berkat perannya sebagai Arthur Fleck dalam film Joker.

"Kita harus terus menggunakan suara kita untuk mereka yang tidak bersuara. Saya telah banyak berpikir tentang beberapa masalah menyedihkan yang kita hadapi secara kolektif," ujar Joaquin Phoenix dari atas panggung.

Selanjutnya, dia juga bicara soal keseteraan gender hingga hak-hak hewan.

Joaquin Phoenix saat menerima penghargaan di Oscar 2020 [YouTube]

"Kita merasa berhak untuk menginseminasi sapi secara artifisial, dan ketika dia melahirkan, kita mencuri bayinya, meskipun tangisan kesedihannya tidak salah lagi. Kemudian, susunya yang seharusnya untuk anaknya malah kita taruh di kopi dan sereal kita," imbuhnya lagi.

Karena itu, lelaki 45 tahun ini meminta agar semua orang mulai peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Kita dapat menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan sistem perubahan yang bermanfaat bagi semua makhluk dan untuk lingkungan," ucapnya.

Joaquin Phoenix. (Instagram/@jokermovie)

"Saya telah menjadi bajingan dalam hidup saya. Saya sudah egois. Kadang-kadang saya kejam, sulit diajak bekerja sama dan tidak tahu berterima kasih, tetapi begitu banyak dari Anda di ruangan ini yang memberi saya kesempatan kedua," kata Joaquin Phoenix.

Dalam kategori tersebut, dia berhasil mengalahkan para nominasi lainnya yakni Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story) dan Jonathan Pryce (The Two Popes). (Sumarni)