Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Film Soul (YouTube/Pixar)

Matamata.com - Disney+ Hotstar secara eksklusif merilis film Soul pada 25 Desember 2020 kemarin demi mendukung perayaan hari Natal di rumah saja. Jalan cerita yang unik dan tak biasa diusung oleh film animasi terbaru dari studio Pixar ini.

Sinopsis film Soul berkisah mengenai kehidupan manusia di bumi dan kehidupan setelahnya ketika manusia telah menjadi jiwa (soul). Cerita berfokus pada Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru musik sekolah menengah, yang bermimpi menampilkan musik jazz di atas panggung, tetapi merasa bosan dan tidak puas dengan pekerjaannya saat ini.

Film Soul (YouTube/Pixar)

Ketika tengah mempersiapkan penampilan pertamanya, Joe tidak sengaja jatuh ke dalam lubang. Ia kemudian menemukan dirinya sebagai jiwa yang pergi menuju "Great Beyond".

Baca Juga:
Sinopsis Master's Sun Tayang di NET TV, Drakor Ngeri-Ngeri Romantis!

Tidak ingin mati, Joe mencoba melarikan diri, tetapi ia malah menemukan dirinya di "Great Before", di mana konselor jiwa, yang semuanya bernama Jerry, mengatur dan mempersiapkan jiwa-jiwa muda untuk hidup di Bumi.

Film Soul (YouTube/Pixar)

Joe di sana ditugaskan menjadi mentor untuk sebuah jiwa muda bernama 22, yang tidak berminat untuk menjalani kehidupan di dunia. 22 mengaku tak bisa ke Bumi karena tidak lulus dalam pencarian 'spark', sebuah percikan atau semangat hidup, tidak seperti Joe yang baru saja akan memulai petualangannya. 

Joe mencoba segala cara agar 22 dapat menemukan sesuatu yang menarik, tetapi tidak berhasil. Dengan berbagai cara untuk mencarikan spark bagi 22 dan sekaligus jalan Joe untuk kembali hidup, akhirnya mereka berhasil turun ke Bumi, namun dengan jiwa yang tertukar. 22 yang semula tak ingin merasakan kehidupan di dunia, secara tidak sengaja berada di tubuh Joe. Sementara, jiwa Joe sendiri berada di tubuh seekor kucing.

Baca Juga:
Intip Sinopsis Film Mariposa, Siap Tayang Lagi di Bioskop

Disutradarai oleh Pete Docter yang juga menggarap film Up dan film Inside Out, Soul mungkin agak berat jika disebut sebagai film keluarga pengisi liburan. Film Soul mengajak penontonnya untuk berpikir ulang mengenai tujuan hidup mereka di dunia ini. Lewat serangkaian dialog cepat dengan alur yang terus maju, adegan demi adegan di film ini mampu menyentuh perasaan yang menontonnya.

Film Soul (YouTube/Pixar)

Joe mungkin telah kehilangan nyawanya, tetapi dia belum siap untuk menyerah pada takdir. Ia juga ingin menunjukkan kepada 22, bahwa hidup layak untuk diperjuangkan karena ia memiliki api semangat dan cinta untuk banyak hal. Sementara 22 akhirnya dipaksa untuk mencicipi kehidupan melalui tubuh Joe meskipun awalnya belum bisa menemukan alasannya untuk hidup di dunia. 22 juga bisa mengakses banyak informasi terkait memori dari guru musik ini.

Ketika mereka berpetualang bersama, rupanya banyak momen yang ternyata baru bagi kedua tokoh tersebut, tak terkecuali Joe, yang sudah bertahun-tahun hidup sebagai manusia. Hal ini termasuk bagaimana ia kemudian bisa jujur kepada orang-orang terdekatnya, hingga dirinya sendiri. Film Soul juga memiliki deretan soundtrack musik jazz yang sama indahnya, tak hanya menarik dari segi visual. Jangan lupa nonton ya! [Vania Rossa]

Load More