Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Matamata.com - Bagi para penggemar film Marvel, pasti kalian sudah tidak sabar menunggu rilisnya film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’, kan? Apalagi, film ini cukup berbeda dan unik jika dibandingkan dengan film-film produksi Marvel Studios lainnya. Pasalnya, film ini akan menampilkan karakter superhero Asia pertama di Marvel Universe. Tidak heran, banyak masyarakat Asia yang antusias dengan film superhero satu ini. 

Namun sayangnya, masih banyak yang belum diketahui tentang pahlawan super ini, selain kemampuan bela diri yang dimilikinya. Bahkan, video teaser yang berdurasi dua menit itu baru sedikit menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai latar belakang Shang-Chi, kemampuan supernya, dan alur ceritanya. 

Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Nah, karena tidak ada banyak hal yang bisa dibahas tentang film tersebut, bagaimana kalau kita membahas profil Simu Liu yang memerankan karakter Shang-Chi tersebut? Kalian pasti juga penasaran seperti apa sih calon pahlawan super Asia satu ini, kan?

Baca Juga:
Sinopsis Film Shang Chi and The Legend of The Ten Rings

Lahir di China dan Dibesarkan di Kanada

Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Simu Liu merupakan salah satu aktor Asia yang sukses meniti karir di industri perfilman Hollywood. Dia pun dipercaya untuk memerankan tokoh Shang-Chi, keturunan The Mandarin di Amerika. Rupanya, Chang-Chi tidak jauh berbeda dengan kisah asli Simu Liu. 

Diketahui, Simu Liu dilahirkan di Kota Harbin, China. Saat berusia 5 tahun, Simu Liu beserta keluarganya memutuskan untuk berimigrasi ke Ontario, Kanada, dan menetap di sana hingga saat ini. Meskipun demikian, Simu Liu masih mengingat beberapa kenangan yang dimilikinya semasa masih tinggal di negara asalnya tersebut.

Baca Juga:
Trailer Shang-Chi Dirilis, Film Superhero Asia dari Marvel

Lulusan Universitas Bergengsi

Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Apabila kamu menelusuri profil Simu Liu, kamu pasti tahu bahwa ia memiliki rekam jejak pendidikan yang bagus. Seusai lulus SMA, Simu Liu melanjutkan pendidikannya ke Universitas Ontario Barat selama dua tahun.

Setelah menyelesaikan program kuliah dua tahun di Universitas Ontario Barat, Simu Liu pun diterima di Ivey Business School, yang mana cukup membuktikan bahwa Simu Liu tergolong mahasiswa yang cerdas. Pasalnya, Ivey Business School merupakan salah satu sekolah bisnis yang paling bergengsi di Kanada dan bahkan salah satu yang terbaik di dunia.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Simu Liu, Pemeran Shang-Chi di Film Marvel

Prestasi di Dunia Akting

Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ tentu saja bukanlah film pertama Simu Liu. Aktor berusia 32 tahun tersebut telah membintangi beberapa acara televisi dan film yang melambungkan namanya. Selain itu, Simu Liu yang memulai karirnya dari nol di tahun  2012 berhasil membuktikan prestasinya di industri seni peran tersebut. 

Ia masuk ke dalam nominasi dalam Canadian Screen Awards dan ACRTA Award melalui karya ‘Blood and Water’ pada tahun 2017. Selain itu, dia juga menang penghargaan ACTRA Award sebagai Outsanding Ensemble melalui karyanya yang berjudul ‘Kim’s Convenience’ pada tahun yang sama. Acara televisi ‘Kim’s Convenience’ yang dibintanginya pun menang penghargaan sebagai Seri Komedi Terbaik di Canadian Screen Awards.

Pernah Jadi Akuntan hingga Stuntman

Profil Simu Liu (Instagram/@simuliu)

Sebelum terjun ke hiburan, Simu Liu rupanya pernah bekerja sebagai akuntan. Memiliki latar belakang di ilmu keuangan dan akuntansi, Simu Liu diterima bekerja di Deloitte Touche Tohmatsu, salah satu organisasi akuntansi terbesar di dunia.

Setelah keluar dari perusahaan tersebut dan mengeksplorasi pilihan lain, Simu Liu pun memutuskan untuk menekuni dunia hiburan. Di awal karirnya, ia sempat menjadi stuntman dan menjadi pemeran tambahan sebelum akhirnya dipercaya untuk memerankan karakter Shang-Chi.

Itulah sekilas profil Simu Liu yang perlu kamu ketahui sebelum menonton film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’. Dengan segudang prestasinya, tidak heran jika ia digandeng oleh Marvel di film teranyarnya. Apalagi, badannya yang atletis karena senang berolahraga itu juga sangat cocok sebagai pahlawan super.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More