Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/@thisisbillgates)

Matamata.com - Pengadilan King County, Washington, resmi menerima gugatan perceraian pendiri Microsoft, Bill Gates, dan Melinda French Gates. Hal ini menandakan kalau pada Senin (2/8/2021), keduanya sudah benar-benar bercerai. 

Tepatnya pada Mei lalu, gugatan pasangan yang sudah membangun rumah tangga selama 27 tahun ini diajukan. Perjanjian perceraian mereka didasarkan pada kontrak perpisahan yang dirahasiakan.

Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia. Menurut Forbes, kekayaannya senilai 124 miliar USD (Rp 1,8 kuadriliun).

Baca Juga:
5 Fakta Jeffrey Epstein, Sosok yang Disebut Penyebab Bill Gates Cerai

Fakta Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. (Instagram/melindafrenchgates)

Jika pasangan ini membagi kekayaan mereka sama rata karena perceraian ini, total aset Melinda adalah 65,25 miliar USD atau Rp 934,6 triliun. Berdasarkan Town and Country Magazine, Bill dan Melinda sudah mulai membagi kekayaan mereka.

Diketahui perusahaan investasi yang diawasi Bill Gates, Cascade Investment, sudah mentransfer hampir 2,4 miliar USD (Rp 34,3 triliun) ke Melinda Gates pada hari pengumuman perceraian. 

Profil Melinda Gates, mantan istri Bill Gates (instagram/melindafrenchgates)

Namun, belum jelas bagaimana Gates akan membagi sisa kekayaan mereka. "Bill dan Melinda meminta pengadilan membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak pemisahan, tetapi rincian kontrak tidak diungkapkan. Pengarsipan tidak menyebutkan perjanjian pranikah, tetapi itu tidak berarti mereka tidak memilikinya," catat Forbes.

Baca Juga:
Hotman Paris Sebut Bill Gates Cerai Tanpa Merendahkan Pasangan

Baik negara bagian Washington, tempat Microsoft berada, dan California, tempat di mana rumah mereka berada, termasuk negara 'community property'.

Bill dan Melinda Gates. (Instagram @melindafrenchgates)

Berarti, semua uang yang dihasilkan selama perkawinan dianggap dibagi dan sering dibagi rata dalam kasus perceraian.

Tetapi hukum di Washington menyebutkan bahwa para pihak dapat setuju dalam membagi aset mereka secara 'adil dan merata', yang hasil penyelesaiannya tidak harus 50/50.

Baca Juga:
Komentari Bill Gates Cerai, Hotman Paris Singgung Harta Gono Gini

"Keluarga Gates juga perlu memilah-milah nasib portofolio real estat senilai $166 juta (Rp 2,3 triliun), koleksi seni senilai $130 juta (Rp 1,8 triliun), dan kepemilikan saham multi-miliar dolar," menurut CNBC.

Terlepas dari semua itu, perceraian ini menjadi salah satu perpisahan miliader yang paling berdampak dalam sejarah. Melinda dapat menerima lebih dari MacKenzie Scott, mantan istri Jeff Bezos, yang saat cerai lalu menerima sekitar 35 miliar USD (Rp 500,9 triliun). 

Baca Juga:
Bill Gates dan Melinda Gates Cerai setelah 27 Tahun Menikah

Load More