Kamis, 21 Oktober 2021
Yoeni Syafitri Sekar Ayoe : Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Matamata.com - Nama Amitabh Bachchan tentunya sudah melegenda di kalangan pencinta film Bollywood. Selama puluhan tahun berkarier sebagai aktor, bintang senior Bollywood itu telah muncul di berbagai film hits. Menginjak usianya yang ke-79 pada 11 Oktober lalu, mari kita intip sumber kekayaan Amitabh Bachchan yang bakal bikin kamu tercengang. 

Amitabh Bachchan lahir pada 11 Oktober 1942 di Uttar Pradesh, India. Nama aslinya adalah Amitabh Harivansh Rai Shrivastava Bachchan. Dia saat ini tinggal di Bungalow Prateeksha, Mumbai bersama sang istri, Jaya Bhaduri yang kini sibuk menjadi anggota.  Ia adalah ayah Abhishek Bachchan sekaligus mertua Aishwarya Rai.

Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Kekayaan bersih Amitabh Bachchan di tahun 2021 adalah 2950 Crore (atau sekitar Rp5,68 triliun). Meski pekerjaan utamanya adalah seorang aktor, uang sebanyak itu bukan hasil berakting saja. Lantas dari mana saja penghasilan sang pesohor Bollywood ini? Berikut 6 sumber kekayaan Amitabh Bachchan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Akting

Amitabh Bachchan. [Instagram/@bachchan]

Amitabh Bachchan memulai kariernya pada tahun 1969 sebagai narator suara dalam film Bhuvan Shome. Peran akting pertamanya adalah dalam film Saat Hindustani. Mr. Bachchan juga bekerja sebagai penyanyi playback dan presenter televisi selain berakting. 

Dilaporkan bahwa Amitabh Bachchan mematok bayaran sekitar Rs. 6 Crore (sekitar Rp11,3 miliar) sebagai biaya remunerasi untuk satu film. Dia telah membintangi banyak film sukses selama puluhan tahun berakting. Dari akting saja, Amitabh Bachchan mungkin sudah mengumpulkan ratusan miliar.

2. Presenter

Sumber Kekayaan Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Selain berakting, Amitabh Bachchan juga aktif sebagai penyiar dan presenter pembawa acara televisi. Bintang film Mohabbatein itu membawakan game show India paling populer Kaun Banega Crorepati, yang diadaptasi dari Who Wants to be a Millionaire?

Amitabh Bachchan juga pernah menjadi pembawa acara musim ketiga Bigg Boss dan host musim keempat KBC. Pada tahun 2014, ia memulai debutnya di serial fiksi berjudul Yudh memainkan peran utama seorang pengusaha yang berjuang baik kehidupan pribadi dan profesionalnya.

3. Pengisi Suara

Sumber Kekayaan Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Amitabh Bachchan dikenal sebagai aktor dengan suara yang dalam dan bariton. Ia telah menjadi narator, penyanyi playback, dan presenter untuk berbagai program. Sutradara film terkenal Satyajit Ray menggaet Bachchan sebagai narator dalam filmnya tahun 1977 Shatranj Ke Khilari (Pemain Catur).

Suami aktris Jaya Bhaduri itu meminjamkan suaranya sebagai narator untuk film Lagaan 2001 yang menjadi super hit. Amitabh Bachchan juga menjadi pengisi suara untuk film dokumenter Prancis pemenang Oscar March of the Penguins.

4. Produser Film

Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Amitabh Bachchan mendirikan Amitabh Bachchan Corporation, Ltd. (ABCL) pada 1996. Strategi ABCL adalah memperkenalkan produk dan layanan yang mencakup seluruh bagian industri hiburan India. Perusahaan ini berfokus pada produksi dan distribusi film komersial, kaset audio dan cakram video, perangkat lunak televisi, serta manajemen selebriti dan acara.

ABCL diluncurkan pada tahun 1996, dan film pertama yang diproduksinya adalah Tere Mere Sapne. Film ini cukup sukses dan meluncurkan karier para pemainnya seperti Arshad Warsi dan Simran. Namun ABCL tampaknya tidak begitu aktif dalam beberapa tahun terakhir.

5. Endorsement

Amitabh Bachchan. [Instagram/@bachchan]

Amitabh Bachchan memperoleh sebagian besar pendapatannya dari endorsement yang dikenakan Rs. 5 – 6 crore (sekitar belasan miliar rupiah). Dengan pencapaian seperti itu, Bachchan selalu terdepan dalam hal kegiatan sosial dan amal.

Ia bahkan menjadi duta merek untuk pengobatan Polio dan berbagai negara bagian lain di India untuk pariwisata. Amitabh Bachchan juga tidak lupa membayar pajak, membuatnya menjadi satu pembayar pajak penghasilan tertinggi di negara ini.

6. Investasi Bisnis

Keluarga Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Amitabh Bachchan berinvestasi dalam banyak usaha bisnis. Pada tahun 2013, ia membeli 10 persen saham Just Dial dan memperoleh keuntungan sebesar 4.600 persen. Ia juga memegang 3,4 persen ekuitas di Stampede Capital, perusahaan teknologi keuangan yang mengkhususkan diri dalam komputasi awan untuk pasar keuangan.

Keluarga Bachchan juga membeli saham senilai USD 252 ribu (sekitar Rp3,6 miliar) di Meridian Tech, perusahaan konsultan di Amerika Serikat. Baru-baru ini mereka melakukan investasi luar negeri pertama di Ziddu.com, platform distribusi konten berbasis cloud. Itu dia sumber kekayaan Amitabh Bachchan. Kalau melihat betapa tajir melintirnya dia, keluarganya mungkin tidak akan kesusahan selama tujuh turunan. Setuju? Idola siapa nih?

Kontributor: Chusnul Chotimah

BACA SELANJUTNYA

Kareena Kapoor Gendong Anak di Pinggir Pantai, Ucap Janji di Ultah ke-41