Rabu, 19 Januari 2022
Tinwarotul Fatonah : Senin, 27 Desember 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Penggemar film Bollywood pasti familiar dengan Salman Khan. Lahir pada tanggal 27 Desember 1965, Salman Khan memiliki karier yang luar biasa di kancah perfilman Bollywood dengan banyak film keren yang telah dibintanginya. Deretan film terbaik Salman Khan pun banyak dicari di momen pertambahan usianya pada hari ini, Senin (27/12/2021).

Namun, berita mengejutkan datang dari sang aktor sebelum hari ulang tahunnya. Dilansir NDTV, Salman Khan digigit ular di tangannya saat berada di rumah pertaniannya di Panvel dan dibawa ke rumah sakit di Kamothe, Navi Mumbai pada Sabtu malam. Untungnya ular tersebut tak berbisa dan Salman Khan keluar dari Rumah Sakit pada Minggu pagi kemarin (26/12/2021).

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Tak seperti seleb Bollywood lain yang ultahnya dirayakan besar-besaran, selama dua tahun terakhir, Salman Khan hanya merayakan ultah bersama keluarga dan teman dekat. Perayaan itu biasanya digelar di rumah pertanian miliknya di Panvel yang berada di distrik Raigad, Maharashtra.

Untuk merayakan ulang tahun Salman Khan, yuk kepoin beberapa film terbaik yang pernah dibintanginya. Ini dia 5 film terbaik Salman Khan, yang fakta-faktanya dilansir IMDb dan berbagai sumber.

1. Maine Pyar Kiya (1989)

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Maine Pyar Kiya adalah film pertama Salman Khan sebagai aktor utama, setelah peran pendukung kecil dalam film debutnya Biwi Ho To Aisi. Ini adalah film romantis musikal yang disutradarai oleh Sooraj R. Barjatya dan dibintangi oleh Salman Khan, Bhagyashree, Alok Nath, dan Rajeev Verma. Film ini mengantongi enam penghargaan, termasuk Film Terbaik di Filmfare Award ke-35. Film ini juga membuat Salman Khan mendapatkan nominasi pertamanya untuk Aktor Terbaik di Filmfare.

Film ini adalah kisah cinta sederhana dimana Prem (Salman Khan) dan Suman (Bhagyasrhree) jatuh cinta. Namun, cinta mereka menemui hambatan karena tidak disetujui oleh keluarga mereka. Film ini akan mengikuti perjuangan Prem untuk memenangkan cintanya dan membuktikan kepada ayah Suman bahwa dia tidak sama dengan ayahnya sendiri.

2. Hum Aapke Hain Koun…! (1994)

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Salman Khan kembali bekerja sama dengan sutradara 'Maine Pyar Kiya' Sooraj Barjatya dan Madhuri Dixit di filmnya berjudul Hum Aapke Hain Koun…! Hasilnya fantastis karena film ini menjadi film Bollywood dengan pendapatan kotor tertinggi dalam sejarah. Film yang juga dibintangi oleh Mohnish Bahl dan Renuka Shahane ini dinyatakan sebagai blockbuster terbesar di era modern oleh Box office India.

Ceritanya tentang Prem (Salman Khan) dan Nisha (Madhuri Dixit) bertemu dan jatuh cinta di pernikahan kakak mereka. Namun, rencana mereka untuk bersama terancam ketika saudara perempuan Nisha meninggal dunia dan meninggalkan seorang bayi. Hum Aapke Hain Koun…! mengantongi lima Penghargaan Filmfare, termasuk Film Terbaik.

3. Hum Dil De Chuke Sanam (1999)

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Salman Khan membintangi tiga film Bollywood terlaris tahun 1999 dan cinta segitiga yang disuguhkan di film ini adalah yang terbaik. Hum Dil De Chuke Sanam adalah sebuah drama musikal romantis yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali dan dibintangi oleh Salman Khan, Aishwarya Rai Bachchan, Ajay Devgn dan Zohra Sehgal.

Film ini mengisahkan cinta segitiga dimana Sameer (Salman Khan) dan Nandini (Aishwarya Rai Bachchan) saling mencintai. Namun, Nandini menikah dengan Vanraj (Ajay Devgn). Nandini harus memilih antara Sameer, pria yang mengajarinya jatuh cinta, atau Vanraj, pria yang membuatnya belajar untuk memenuhi janji cinta. Film yang menjadi salah satu blockbuster terbesar di box office ini memenangkan 4  National Film Award. Pada Filmfare Award ke-45, film ini dinominasikan untuk 8 penghargaan dan berhasil memenangkan 5 penghargaan termasuk Film Terbaik.

4. Dabangg (2010)

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Ini adalah film Bollywood terlaris tahun 2010 dan salah satu film Bollywood terlaris sepanjang masa. Penampilan Salman dalam film tersebut sangat diapresiasi. Karakter Chulbul Pandey dianggap sebagai salah satu karakter paling ikonik dalam sejarah Bollywood.

Film yang disutradarai oleh Abhinav Kashyap dan dibintangi oleh Salman Khan, Sonakshi Sinha, Sonu Sood, dan Arbaaz Khan ini mengisahkan tentang seorang perwira polisi korup yang menghadapi tantangan dari keluarga, gangster, dan politisi. Dabangg telah memenangkan beberapa penghargaan, yakni National Film Award untuk Film Populer Terbaik dan enam penghargaan Filmfare.

5. Bajrangi Bhaijaan (2015)

Film Terbaik Salman Khan (IMDb)

Bajrangi Bhaijaan adalah film drama komedi petualangan yang disutradarai oleh Kabir Khan dan dibintangi oleh Salman Khan, Harshaali Malhotra, Nawazuddin Siddiqui, dan Kareena Kapoor. Film ini telah sukses besar dan mengantongi banyak penghargaan termasuk National Film Award untuk Film Populer Terbaik dan Penghargaan Filmfare untuk Cerita Terbaik.

Ceritanya tentang seorang pria India baik hati yang menyatukan kembali seorang gadis Pakistan berusia 6 tahun dengan keluarganya di Pakistan. Blockbuster terbesar tahun 2015 ini disebut-sebut film terbaik Salman Khan dari segi alur cerita.

Itu dia beberapa film terbaik Salman Khan yang wajib kamu kepoin di hari ulang tahunnya ini. Sebagai salah satu aktor terbesar Bollywood, Salman Khan tentunya sudah menghasilkan banyak film brilian dan 5 judul di atas harus banget masuk list tontonanmu. Happy birthday, Salman Khan!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

BACA SELANJUTNYA

Katrina Kaif Asyik Selonjoran di Rumput: Umur 38 Kayak 18!