Nur Khotimah | MataMata.com
Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Matamata.com - Nama Elon Musk pasti sudah tak asing lagi di telinga. CEO perusahaan Tesla Motors itu memang selalu menarik perhatian publik. Baru-baru ini ia mengejutkan publik dengan membeli platform media sosial, Twitter. Elon Musk membeli semua saham burung biru seharga USD 44 miliar atau setara dengan Rp635 triliun.

Sebelum diumumkan sebagai bos baru Twitter, Elon Musk sudah dikenal sebagai idola kaum muda. Hal ini karena ia memiliki banyak inovasi cemerlang yang menginspirasi. Ia adalah sosok penting di balik Zip2 dan Paypal, sebelum memutuskan menjual sahamnya.

Elon Musk kini menjadi orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih mencapai USD 273 miliar per April 2022. Namun, siapa sangka di balik kesuksesannya itu tersimpan fakta Elon Musk yang mungkin masih belum banyak diketahui. Salah satunya adalah fakta bahwa pria berusia 50 tahun ini merupakan korban bully.

Baca Juga:
Rafathar Masuk Pesantren, Nama King Faaz Disebut-sebut: Akhirnya Dibandingin sama Anak Tetangga

Selain itu, masih ada beberapa fakta Elon Musk yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Lahir di Afrika Selatan

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Elon Reeve Musk lahir di Afrika Selatan pada tahun 1971, tepatnya di Pretoria 28 Juni silam. Ketika usianya genap 17 tahun, Elon Musk memutuskan pindah ke Kanada. Elon Musk memiliki tiga kewarganegaraan sekaligus lho, hal ini terbilang cukup unik. Kewarganegaraan yang dimiliki oleh Elon Musk adalah Afrika, Amerika, dan Kanada.

Baca Juga:
6 Perjalanan Cinta Muzdalifah dan Fadel Islami, Kian Harmonis di Usia Pernikahan 3 Tahun

2. Kutu Buku

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Hobi yang selalu dilakukan oleh Elon Musk adalah membaca buku. Ia sudah menjadi kutu buku sejak kecil, bahkan saat usianya baru 9 tahun, Elon sudah membaca keseluruhan ensiklopedia. Semua jenis buku dibaca olehnya, mulai dari novel, komik, juga nonfiksi.

Setiap harinya, Elon Musk menghabiskan waktu selama 10 jam setiap hari untuk membaca buku. Dari buku yang dibaca olehnya inilah, Elon Musk berhasil memeroleh banyak inspirasi serta inovasi.

Baca Juga:
Rafathar Nangis Hari Pertama di Pesantren, Raffi Ahmad: Biar Gak Marah-Marah Terus

3. Pendiam

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Kecintaan Elon Musk pada membaca membuat ia jarang berkomunikasi dengan orang lain. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca sehingga ia jarang berbicara. Hal ini sempat membuat orang tuanya cemas hingga mengira ia memiliki gangguan pendengaran.

4. Korban Bully

Baca Juga:
Penampilan Anak Lesti Kejora Makin Ganteng di Usia 4 Bulan: Kakak Adik Nggak Sih?

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Fakta satu ini mungkin tidak pernah disangka akan terjadi pada Elon Musk. Pengusaha sukses ini pernah menjadi korban bully semasa kecil. Ketika ia masih tinggal di Pretoria, Afrika Selatan, Elon Musk menjadi korban perundungan di sekolah. Tubuhnya yang kecil dan usianya yang paling muda, serta imejnya sebagai kutu buku membuatnya menjadi sasaran bully.

Kala itu, ia dipukuli dan didorong dari tangga hingga membuatnya harus dirawat di rumah sakit. Bully yang dialami olehnya ini terus berlanjut hingga ia berusia 15 tahun. Sejak saat itu, Elon Musk belajar beladiri untuk mempertahankan dirinya sendiri.

5. Membuat dan menjual game sejak usia 12 tahun

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Elon Musk sudah mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman sejak usianya baru 9 tahun. Ketika usianya menginjak 12 tahun, ia membuat game bernama Blastar. Tak hanya membuat, Elon Musk juga menjual kode dari game buatannya itu. Kode Blastar dijual seharga 500 dolar.

6. Kuliah di Stanford University selama 2 hari

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Elon Musk pernah tercatat sebagai mahasiswa jurusan Fisika di salah satu kampus terbaik dunia, Stanford University. Setelah menyelesaikan pendidikan di Pennsylvania University, Elon Musk melanjutkan kuliahnya di Stanford. Namun, ia hanya kuliah selama dua hari saja. Setelah mengikuti perkuliahan selama dua hari, Elon memutuskan keluar dan merintis Zip2, perusahaan pertamanya.

7. Pemilik mobil James Bond

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Elon Musk merupakan pemilik dari salah satu mobil yang ada dalam film "James Bond". Dalam film "The Spy Who Loved", ada sebuah mobil kapal selam yang ditunggangi oleh James Bond. Mobil ini bernama Lotus Esprit, dan Elon Musk ternyata benar-benar ingin menjadikan mobil tersebut untuk berubah menjadi kapal selam. Mobil yang diberi nama Wet Nellie ini dibeli Musk pada tahun 2013 silam secara anonim di lelang London.

8. Inspirasi sosok Iron Man

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Superhero Iron Man pasti sudah sangat akrab di telinga, rupanya ada sosok nyata di balik karakter Tony Stark. Yaps sosok itu adalah Elon Musk. Walau tidak secara keseluruhan,  Elon Musk ikut membantu Robert Downey Jr, pemeran Tony Stark, dalam mengembangkan karakternya. Bahkan ada beberapa adegan dalam Iron Man 2 yang berlokasi di SpaceX. Elon Musk juga memberikan penampilan spesialnya dalam film tersebut.

9. Mengembangkan perusahaan tenaga surya

Fakta Elon Musk. (Instagram/elonofficiall)

Elon Musk mengembangkan perusahaan tenaga surya bersama dengan sepupunya, Lyndon Rive. Rive yang punya perusahaan perangkat lunak ingin membangun perusahaan, dan Musk merekomendasikan kemungkinan merintis pembangunan perusahaan tenaga surya. Akhirnya terciptalah SolarCity perusahaan yang menyediakan jasa tenaga surya.

Itulah sederet fakta Elon Musk yang ternyata pernah menjadi korban bully. Kini namanya tercatat sebagai orang terkaya di dunia.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More