Nur Khotimah | MataMata.com
Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (Instagram/@nawazuddin._siddiqui)

Matamata.com - Salah satu aktor Bollywood kenamaan yang punya akting luar biasa keren, Nawazuddin Siddiqui ulang tahun ke-48 pada hari ini, Kamis (19/5/2022). Untuk merayakan momen istimewanya ini, tak ada salahnya kita intip beberapa film terbaik Nawazuddin Siddiqui yang membuktikan kemampuan aktingnya yang brilian.

Nawazuddin Siddiqui adalah aktor India terkenal yang lahir pada 19 Mei 1974. Beberapa karyanya yang mendapat pengakuan internasional termasuk duologi "Gangs of Wasseypur" (2012), "The Lunchbox" (2013), "Raman Raghav 2.0" (2016), "Manto" (2018) dan lainnya.

Aktor yang filmnya banyak diputar di Cannes Film Festival ini juga pernah membintangi dua serial keren, yakni "McMafia Inggris" (2018) dan "Sacred Games" (2019). Terbaru, Nawazuddin Siddiqui ikut membintangi Heropanti 2 bersama Tiger Shroff dan Tara Sutaria.

Baca Juga:
Kim Sae Ron Menyesali Kasus Nyetir Sambil Mabuk, Berniat Hengkang dari Drama Terbaru

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (Instagram/@nawazuddin._siddiqui)

Nggak usah berlama-lama lagi, mari kita intip beberapa film terbaik Nawazuddin Siddiqui yang keren abis untuk merayakan momen pertambahan usianya. Simak selengkapnya sinopsis cerita dan fakta menarik lainnya seperti dilansir dari IMDb dan berbagai sumber. Yuk kita intip sama-sama!

1. Gangs of Wasseypur (2012)

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (IMDb)

"Gangs of Wasseypur" adalah sebuah film kejahatan India dua bagian tahun 2012 yang diproduksi dan disutradarai oleh Anurag Kashyap. Ceritanya berpusat pada mafia batubara dari Dhanbad, dan perebutan kekuasaan yang mendasari politik dan balas dendam antara tiga keluarga kriminal.

Baca Juga:
Tommy Kurniawan Terjeblos ke Got, Dapat 14 Jahitan di Bagian Dagu

Film ini menggandeng para bintang ternama termasuk Manoj Bajpai, Nawazuddin Siddiqui, Pankaj Tripathi, Richa Chadda, Huma Qureshi dan Tigmanshu Dhulia dalam peran penting. Kedua film menerima pujian kritis dengan sebagian besar mendapat ulasan positif dan sukses secara komersial.

2. The Lunchbox (2013)

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (IMDb)

Nawazuddin Siddiqui memang aktor multitalenta, termasuk di filmnya kali ini yang berjudul "The Lunchbox". Film yang disutradarai oleh Ritesh Batra ini dibintangi oleh Irrfan Khan dan Nimrat Kaur dalam peran utama, sementara Bharti Achrekar, Nakul Vaid dan Nawazuddin Siddiqui dalam peran pendukung.

Baca Juga:
Arafah Rianti 'Nyentrik' Ikuti Gucci Mode Challenge: Si Paham Baju Branded Tanah Abang!

Ceritanya tentang pengiriman yang salah dalam sistem pengiriman kotak makan siang yang terkenal di Mumbai justru menghubungkan seorang ibu rumah tangga muda dengan pria yang lebih tua saat mereka membangun dunia fantasi bersama melalui catatan di kotak makan siang. Film ini sukses di box-office dan merupakan salah satu film Hindi terlaris Irrfan Khan.

3. Manjhi: The Mountain Man (2015)

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (IMDb)

Hanya menggunakan palu dan pahat, seorang pria menghabiskan dua puluh dua tahun mengukir jalan melalui gunung yang berbahaya, itulah kira-kira cerita "Manjhi: The Mountain Man" yang rilis tahun 2015. "Manjhi: The Mountain Man" adalah sebuah film biografi yang didasarkan pada kehidupan Dashrath Manjhi yang dikenal luas sebagai "Mountain Man".

Baca Juga:
Doddy Sudrajat Kasih Ayu Wisya Cincin, Puput Ngakak Brutal: Pengangguran Banyak Gaya

Nawazuddin Siddiqui berperan sebagai Dashrath Manjhi, dan Radhika Apte berperan sebagai istri Manjhi. Nawazuddin Siddiqui benar-benar bersinar lewat perannya, baik itu sebagai suami yang bertanggung jawab maupun pria yang berjuang melawan segala rintangan untuk mencapai tujuan hidupnya.

4. Raman Raghav 2.0 (2016)

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (IMDb)

"Raman Raghav 2.0" atau "Psycho Raman" adalah sebuah film thriller psikologis neo-noir India tahun 2016 yang disutradarai oleh Anurag Kashyap. Film ini dibintangi oleh Nawazuddin Siddiqui, Vicky Kaushal, dan Sobhita Dhulipala dalam peran penting.

Filmnya menceritakan pengejaran menegangkan pembunuh berantai Ramanna (Nawazuddin Siddiqui) oleh polisi korup Raghavan (Vicky Kaushal) yang memeriksa kasus pembunuhannya. Ramanna membuat Raghavan menyadari betapa mereka berdua mirip. Ceritanya diilhami oleh kisah Raman Raghav, pembunuh berantai yang beroperasi di Mumbai selama tahun 1960-an.

5. Manto (2018)

Film Terbaik Nawazuddin Siddiqui (Instagram/@nawazuddin._siddiqui)

Disutradarai oleh Nandita Das, "Manto" adalah film drama biografi India tahun 2018 tentang kehidupan penulis Saadat Hasan Manto dan berlatar India tahun 1940-an. Nawazuddin Siddiqui berhasil menaklukkan karakter Manto yang berlapis-lapis dengan sempurna.

Film ini juga menggandeng Tahir Raj Bhasin sebagai superstar Bollywood tahun 1940-an bernama Shyam Chadda. Shyam adalah teman yang terpercaya sekaligus inspirasi Manto untuk sejumlah cerita. Sementara itu, Rasika Dugal berperan sebagai Safia yang merupakan istri Manto. Manto meraih tujuh nominasi di Penghargaan Filmfare ke-64 termasuk Best Actor (Critics) untuk Nawazuddin Siddiqui.

Itu dia beberapa film terbaik Nawazuddin Siddiqui yang wajib kamu kepoin di hari ulang tahunnya. Tentunya masih banyak film Nawazuddin Siddiqui lainnya yang keren karena dia memang salah satu aktor berbakat India. Adalah film favoritmu di atas? Happy birthday, Nawazuddin Siddiqui!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Load More