Nur Khotimah | MataMata.com
Sinopsis Elysium. (IMDb)

Matamata.com - Film Elysium akan ditayangkan kembali tayang di Bioskop Trans TV pada Kamis (1/6/2023) malam. Usung genre drama, aksi, dan fiksi ilmiah, film yang dibintangi Matt Damon dan Jodie Foster pertama tayang di bioskop pada tahun 2013 silam.

Sinopsis Elysium sendiri mengisahkan kehidupan manusia di bumi pada tahun 2154. Pada tahun itu, bumi sudah nyaris hancur karena ulah manusia. Pada masa itu manusia dibagi menjadi dua kelompok, yang miskin tinggal di bumi dengan kesengsaraan dan si kaya tinggal nyaman stasiun luar angkasa Elysium.

Nah, sambil menunggu filmnya tayang malam nanti baca dulu sinopsis Elysium berikut supaya punya gambaran tentang alurnya.

Baca Juga:
The Dark Knight Rises, Film Batman Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV

1. Sinopsis Elysium

Sinopsis Elysium. (IMDb)

Berlatar tahun 2154 kondisi bumi sudah begitu memprihatinkan dan nyaris hancur. Populasi yang mencemari bumi diperparah dengan berkurangnya pasokan makanan. Kondisi itu membuat manusia yang tinggal di bumi hidup dalam penderitaan.

Namun, di tengah kehancuran itu kesenjangan antara si kaya dan si miskin tetap ada. Orang-orang kaya bisa tinggal di stasiun luar angkasa buatan manusia yang bernama Elysium. Orang yang tinggal di Elysium bisa hidup nyaman dan awet muda karena meremajakan sel-sel mereka. Ketidakadilan ini memicu pertikaian antara masyarakat bumi dan Elysium.

Baca Juga:
Sinopsis Entrapment, Film Catherine Zeta-Jones Tayang di Bioskop Trans TV Malam Ini

Orang-orang bumi berusaha untuk masuk ke Elysium meski ditentang oleh pemerintah. Salah satunya adalah sekretaris Jessica Delacourt yang membela undang-undang anti-imigrasi untuk melanggengkan gaya hidup mewah di Elysium. Jessica Delacourt bahkan tak segan menembak orang bumi yang ingin masuk Elysium hingga membuatnya mendapat kecaman dari Presiden Elysium. Sakit hati, Jessica pun berniat membelot.

Di lain sisi, Max mantan pencuri mobil yang kini jadi perakit di Armadyne, perusahaan pemasok senjata untuk Elysium mengalami nasib naas. Max terkena radiasi yang efeknya akan membuatnya mati dalam 5 hari. Max yang terpojok akhirnya menerima misi berat, tapi jika Max berhasil maka tidak hanya nyawanya yang akan selamat, kesenjangan antara warga bumi dan Elysium pun akan bisa dihilangkan.

2. Daftar pemain Elysium

Baca Juga:
Sinopsis Billionaire Boys Club yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Tayang di Bioskop Trans TV

Sinopsis Elysium. (IMDb)

Elysium yang digarap oleh Neill Blomkamp menggaet banyak artis top dunia. Berikut jajaran pemain Elysium:

  • Matt Damon sebagai Max Da Costa
  • Jodie Foster sebagai Sekretaris Pertahanan Delacourt
  • Diego Luna sebagai Julio
  • William Fichtner sebagai John Carlyle
  • Wagner Moura sebagai Spider
  • Sharlto Copley sebagai Kruger
  • Alice Braga sebagai Frey Santiago
  • Brandon Auret sebagai Drake
  • Emma Tremblay sebagai Matilda Santiago
  • Jose Pablo Cantillo sebagai Sandro
  • Michael Mando sebagai Rico
  • Adrian Holmes sebagai Manuel
  • Faran Tahir sebagai Presiden Patel
  • Josh Blacker sebagai Crowe

3. Fakta Elysium

Sinopsis Elysium. (IMDb)

Salah satu fakta menarik dari film ini adalah bahwa Elysium ini mirip dengan Torus Stanford. Sebuah usulan desain habitat antariksa yang dapat menampung lebih dari 10 ribu penduduk. Desain Torus Stanford dipaparkan kali pertama dalam NASA Summer Study 1975 di Stanford University. Elysium inilah kira-kira penggambaran habitat antariksa atau tempat tinggal yang dirancang untuk dibangun demi masa depan manusia.

Fakta lainnya yaitu Elysium mampu meraup pendapatan sebesar 286,140 juta dolar AS selama penayangannya. Sedangkan biaya produksi yang dihabiskan sebesar 115 juta dolar.

Itulah sinopsis Elysium yang menyuguhkan perjuangan bertahan hidup serta upaya mewujudkan keadilan. Kira-kira apakah Max bisa selamat dan menyetarakan kehidupan bumi dan Elysium yang selama ini telah terpolarisasi sedemikian rupa? Untuk tahu akhir dari misi Max jangan lupa nonton film Elysium nanti malam, ya!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More