Yohanes Endra | MataMata.com
Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Matamata.com - Miss Universe Indonesia (MUID) yang baru saja menggelar event pertamanya terus menuai kontroversi. Ajang Miss Universe Indonesia 2023 dikelilingi isu tak sedap mulai dari perubahan aturan, suap, hingga foto bugil alias telanjang para finalis saat body checking.

Grand final telah digelar pada (3/8/2023) dengan Fabienne Nicole Groeneveld sebagai pemenang. Namun kontroversi Miss Universe Indonesia 2023 justru bergulir makin panas. Tentu saja yang paling heboh adalah pengambilan foto telanjang para finalis yang berujung pada laporan polisi. Nah ini dia deretan kontroversi Miss Universe Indonesia 2023 yang telah MataMata.com rangkum.

1. Miss Universe Indonesia mengundang protes

Baca Juga:
Profil Fabienne Nicole, Pemenang Miss Universe Indonesia 2023

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Miss Universe Indonesia (MUID) dibentuk pada (8/2/2023) dan baru saja menobatkan Fabienne Nicole Groeneveld sebagai Miss Universe Indonesia pertama. Terbentuknya MUID dimulai ketika JKN Global Group, konglomerat asal Thailand mengakuisisi Miss Universe Organization pada Oktober 2022.

Perubahan kepemilikan merubah pula lisensi Miss Universe di Indonesia yang awalnya dipegang Yayasan Puteri Indonesia (YPI) selama puluhan tahun. YPI mengaku ketika waktu perpanjangan lisensi dilakukan, pihaknya merasa dipersulit. YPI hanya diberikan waktu 3 hari kerja sementara negara lain diberi tenggang waktu 5-10 hari.

Akhirnya Februari 2023, lisensi tersebut alih tangan ke PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella yang merupakan CEO. Poppy ditunjuk sebagai National Director Miss Universe Indonesia. Perubahan ini membuat penggemar beauty pageant kecewa karena selama ini wakil untuk Miss Universe merupakan pemenang Puteri Indonesia.

Baca Juga:
Skandal Body Checking Tanpa Busana, Akhirnya Sosok Penting Di Miss Universe Indonesia Buka Suara

2. Penghapusan aturan minimal tinggi badan

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Kontroversi yang paling pertama disorot dari ajang Miss Universe Indonesia 2023 adalah perubahan peraturan tinggi badan finalis. Masalah ini mencuat setelah Fabienne Nicole Groeneveld memenangkan gelar Miss Universe Indonesia 2023. Fabienne dianggap tidak memenuhi syarat karena tinggi badannya diyakini kurang dari 168 cm.

Publik dibuat semakin kecewa setelah Poppy Capella memposting klarifikasi tentang masalah tinggi badan yang diperdebatkan. Poppy mengungkap jika pihak MUID merubah aturan tinggi badan dan penghapus tinggi minimal untuk bisa menjangkau finalis dalam cakupan yang lebih luas. Alih-alih tenang usai adanya klarifikasi, kekecewaan makin besar karena aturan diganti setelah dilanggar.

Baca Juga:
Disuruh Buka Baju, Peserta Miss Universe Indonesia dari Kalsel Klarifikasi

3. Isu suap Rp 5 miliar

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Buntut dari kekecewaan publik karena masalah tinggi badan, Fabienne Nicole Groeneveld dituding melakukan suap terhadap penyelenggara Miss Universe Indonesia. Tak main-main, Fabienne diduga menyuap sebanyak Rp 5 miliar. Bantahan atas isu suap segera dikeluarkan Poppy Capella melalui Instagram resmi MUID. Menurutnya klaim dan tuduhan itu tidak berdasar.

4. Finalis difoto telanjang tanpa Busana saat body checking

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Isu terpanas yang sampai saat ini masih bergulir adalah adanya body checking dalam keadaan telanjang. Parahnya proses body checking itu didokumentasikan alias para finalis difoto dalam kondisi bugil saat pemeriksaan tubuh.

Isu mencuat setelah beberapa finalis speak up dan National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovanny mengungkapkan hal itu lewat Instagram Story. Postingannya berisi tanggapan layar pesan Sally kepada National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa.

Sally menyebut pengambilan foto saat body check adalah pelanggaran aturan dan rentan penyebarluasan. Namun, Wirda Sheren Regina Simamora, finalis Miss Universe Indonesia 2023 membantah isu difoto tanpa busana.

5. Dilaporkan polisi

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/missuniverse_id)

Finalis N memilih melaporkan dugaan pelecehan seksual dalam proses body check ke Polda Metro Jaya. Saat melakukan pelaporan, pelapor didampingi Melisa Anggraeni sebagai kuasa hukum dan ditemani Sally dan Rizky.

6. CEO, Visual Director, dan Beauty Director Miss Universe Indonesia mengundurkan diri

Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023.(Instagram/riomotret)

Buntut ramainya isu finalis difoto tanpa busana ketika body check membuat beberapa petinggi MUID mengundurkan diri. Pertama adalah Eldwen Wang yang mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Miss Universe Indonesia lewat postingan Instagram pada (5/8/2023).

Lalu Rio Motret yang memegang jabatan sebagai Visual Director Miss Universe Indonesia juga memilih mundur pada (6/8/2023). Sebelumnya ia sempat menegaskan bahwa bukan dirinya yang mengambil foto bugil para peserta.

Kemudian Slam Wiyono juga mengumumkan keluar dari MUID pada (7/8/023) setelah sebelumnya menjabat sebagai Beauty Director.

Itulah sederet kontroversi Miss Universe Indonesia 2023 yang sudah mendulang kontroversi bahkan sejak awal organisasinya dibentuk. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More