Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Preskon BaBe KonDang. (Istimewa)

Matamata.com - BaBe, Baca Berita, aplikasi agregator konten yang mengumpulkan dan mengkurasi konten dan informasi sesuai kebutuhan pembacanya, hari ini meluncurkan sebuah program kontes dangdut, ‘Babe KonDang’ pada Selasa (4/2/2020).

Bekerjasama dengan Portrait Artist Management dan didukung oleh 10 stasiun radio daerah, BaBe KonDang merupakan Kontes Dangdut Online yang digelar untuk menjaring talenta-talenta baru di industri musik dangdut tanah air sekaligus untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Peluncuran program ‘BaBe KonDang’ dihadiri oleh perwakilan dari manajemen BaBe – Baca Berita, Portrait Artist Management, pedangdut Evi Masamba, dan perwakilan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Pada kesempatan ini, Cucu Ahmad Kurnia selaku Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menyambut positif kegiatan ‘BaBe KonDang’ sebagai upaya untuk menumbuhkan industri kreatif di tanah air.

Baca Juga:
4 Top Lagu Dangdut Buat Balikin Mood Kamu, Cendol Dawet Paling Mantul!

Preskon BaBe KonDang. (Istimewa)

"Pemerintah DKI Jakarta terus mendorong sektor-sektor kreatif untuk terus tumbuh dan berkembang. Dangdut merupakan salah satu industri kreatif yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Dengan dukungan yang tepat, industri musik dangdut kami harap bisa menjadi besar tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri," ujar Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Pemerintah sendiri giat mendorong kemajuan industri kreatif di Indonesia dengan menekankan pada kualitas dan kuantitas konten lokal. Industri musik dangdut menjadi salah satu industri yang perlu didukung agar mampu bersaing dengan musik luar yang menjamur di Indonesia seperti K-Pop atau yang lainnya.

"Melalui kegiatan ini kami berharap bisa menemukan pedangdut-pedangdut potensial yang bisa meramaikan dan mengembangkan industri dangdut tanah air. Kegiatan ini menjadi salah satu komitmen kami sebagai penyedia informasi yang akurat kepada pembaca di Indonesia untuk mendukung industri kreatif di Indonesia," ujar Shelly Tantri, Senior Business Development, BaBe.

Baca Juga:
Hadirkan 70 Duta Provinsi, Liga Dangdut Indonesia 2020 Siap Digelar

Program ‘BaBe KonDang’ akan digelar pada Februari – Maret mendatang di sepuluh kota yaitu di Jakarta, Banten, Cikampek, Indramayu, Cirebon, Tasikmalaya, Cianjur, Bandung, Kuningan, Sukabumi. Pihak panitia juga menggandeng para pelaku seni musik dangdut di tanah air seperti Portrait Artist Management dan 10 stasiun radio lokal di masing-masing kota. Portrait Management adalah manajemen artis profesional yang telah mendukung berbagai musisi populer, seperti Evi Masamba, Sarah Rizkia, Sendy Ariani, Lia Cicilia dan masih banyak lainnya.

"Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan BaBe dalam menemukan bakat baru di musik dangdut," kata Ir. Yogi Adriyadi, Komisaris Utama, Portrait Artist Management. "Musik dangdut merupakan musik yang tidak pernah berhenti berkembang, dan kami optimis kontes ini akan mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan."

Preskon BaBe KonDang. (Istimewa)

Sementara itu, ke-10 stasiun radio yang menjadi partner kegiatan ini antara lain Hot FM (Jakarta), Serang Radio FM (Banten), Lazuar Karawang FM (Cikampek), DFAS FM (Indramayu), Ray FM (Cirebon), Tamala FM (Tasikmalaya), Rama FM (Cianjur), Cakra FM (Bandung), Megaswara FM (Kuningan), dan Elmitra FM (Sukabumi).

Baca Juga:
Diminta Jadi Host Liga Dangdut Lagi, Jirayut Sampai Jadi Trending Topic

Para peserta yang ingin mengikuti program ‘BaBe KonDang’ bisa mendaftarkan diri langsung melalui aplikasi BaBe dengan mengunggah video cover mereka sesuai dengan tata cara dan syarat ketentuan yang berlaku, serta memilih perwakilan radio dari kota masing-masing. Seluruh tahapan audisi dan voting akan dilakukan via online untuk menyederhanakan proses dan prosedur kontes.

"Kami mengundang sebanyak mungkin peserta untuk mengikuti kegiatan ini dan meramaikan blantika musik dangdut Indonesia. Seluruh peserta memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik dan menjadi bintang baru di industri musik dangdut Indonesia," pungkas Shelly dari BaBe.

Baca Juga:
Wow, Inul Daratista Beri Anting Berlian ke Kontestan Audisi Liga Dangdut

Load More