Senin, 29 April 2024
Yulia Rosdiana Putri | MataMata.com Jum'at, 27 Januari 2023 | 18:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Mantan vokalis Yovie & Nuno, Dikta, belum lama ini dikabarkan mengalami pelecehan seksual usai manggung. Akan tetapi, Dikta bukan satu-satunya artis Indonesia yang pernah menjadi korban pelecehan.

Tak sedikit yang mengaku trauma atas peristiwa tidak menyenangkan tersebut hingga harus berhadapan dengan trauma.  Lantas siapa saja artis yang pernah mengalami pelecehan seksual? Simak selengkapnya.

1. Dikta

Baca Juga:
7 Penyanyi Alami Pelecehan Seksual, Terbaru Dikta Eks Vokalis Yovie & Nuno

Dikta. (Instagram/dikta)

Dikta diduga mengalami pelecehan seksual setelah manggung di kawasan Sarinah pada Sabtu, 14 Januari 2023. Dugaan ini dimulai dari video yang tersebar luas dan viral di TikTok dan Instagram.

Usai membawakan tiga lagu dan turun dari panggung, diduga seorang penggemar meremas alat vital Dikta tanpa adanya consent.

Akibat dari peristiwa ini, Dikta harus berjalan sambil tertatih dan membungkuk karena menahan sakit. Meski begitu, belum ada konfirmasi yang diberikan oleh Dikta.

Baca Juga:
Detik-Detik Dikta Diduga Alami Pelecehan Seksual Viral: Polisikan Mau Cewek atau Cowok

2. Via Vallen

Via Vallen. (Instagram/viavallen)

Pengalaman Via Vallen menjadi korban pelecehan seksual diungkap oleh dirinya sendiri.  Via Vallen membagikan bukti pelecehan seksual yang ia terima melalui Instagram.

Pelecehan yang diterima oleh Via Vallen adalah pelecehan dalam bentuk verbal. Mengejutkannya, pelaku tak lain adalah pemain sepak bola kondang asal Kroasia yang bermain untuk Persija, Marko Simic.

Baca Juga:
Sebelum Diduga Alami Pelecehan Seksual, Dikta Sempat Sampaikan Permintaan Maaf

Diketahui, Marko Simic memberikan pesan yang bernada mesum sehingga membuat Via Vallen menjadi merasa tidak nyaman.

Tak memilih diam begitu saja, Via Vallen pun langsung mengumbar screenshot dari DM Marko Simic dan membuat namanya menjadi viral saat itu.

3. Ikke Nurjanah

Ikke Nurjanah. (Instagram/@ikkenurjanah0518)

Pedangdut senior Ikke Nurjanah pernah menjadi korban pelecehan seksual ketika turun dari panggung.  Pelaku pelecehan adalah oknum penonton yang secara tiba-tiba memegang bagian sensitif tubuhnya.

Mendapatkan perlakuan yang tidak bertanggung jawab seperti itu, Ikke Nurjanah tentu saja merasa marah.

“Marahlah. Turun panggung ada saja yang coba-coba. Kita turun tapi kenapa kamu cari hal yang lain. Mereka mungkin tahu mukanya nggak akan kelihatan kan,” kata Ikke Nurjanah.

Peristiwa tersebut menyisakan kenangan traumatis bagi Ikke Nurjanah. Ikke berusaha untuk melupakannya, tetapi terus terpatri dalam pikirannya.

4. Dewi Perssik

Dewi Perssik (instagram/@dewiperssik9)

Dewi Perssik pernah mengalami pelecehan seksual, dari bentuk verbal hingga fisik lebih dari sekali.  Pelecehan seksual fisik yang diterima Dewi Perssik terjadi pada tahun 2008.

Saat itu, pelaku nekat meremas dada Dewi Perssik di hadapan para wartawan. Merasa marah, Dewi Perssik memberikan reaksi yang spontan dan langsung meninju pelaku tersebut.

Dewi Perssik juga pernah menjadi korban pelecehan verbal, yakni berupa kiriman foto alat kelamin pria di Instagram.

Walaupun begitu, Dewi Perssik memilih untuk tidak melanjutkan ke jalur hukum. Alasannya karena pelaku masih memiliki usia di bawah umur.

"Tapi yang saat ini aku pikirkan adalah mereka ini kan ada juga yang masih anak kecil," ujar Dewi Perssik.

5. Widy Vierratale

Widy Vierratale. (Instagram/widikidiwdkdw)

Vokalis Vierratale, Widy Nichlany pernah mengalami pelecehan seksual pada tahun 2011. Kejadian tersebut membekas di pikirannya hingga membuatnya traumatis.

Pengalaman tersebut diceritakan oleh Widy saat berbincang dengan Deddy Corbuzier. Saat menceritakannya, Widy pun tak kuat membendung air matanya.

Saat itu, Widy berencana pergi ke rumah mantan pacarnya. Di tengah perjalanan, sebuah mobil berisi pria pemabuk datang menculiknya.

Widy sempat mencoba untuk meminta tolong dengan menghubungi sang mantan pacar, tetapi gagal karena Widy kalah jumlah dengan para penculik.

Akhirnya, Widy bisa lepas dari mereka usai membuktikan bahwa dirinya adalah vokalis dari Vierra. Ia menunjukkan tato miliknya dan para penculik langsung meminta maaf.

6. Dewi Sandra

Dewi Sandra (instagram/@doa.indonesia)

Dewi Sandra pernah mendapatkan pelecehan verbal dari sekelompok pria, namun memilih untuk tidak menceritakannya secara rinci terkait hal itu.

Pelecehan verbal diterimanya saat turun dari panggung usai tampil, seperti pengalaman milik Ikke Nurjanah.

Mendapatkan perkataan yang tak mengenakkan dan tanpa adanya respect, Dewi Sandra langsung merespon balik dengan amarah dan tak memilih diam.

Menurut Dewi Sandra, persoalan pelecehan seksual ini perlu disuarakan dengan baik. Dewi Sandra juga memuji keberanian Via Vallen yang langsung memviralkan sang pelaku.

7. Enzy Storia

Enzy Storia (instagram/@enzystoria)

Enzy mengalami pelecehan saat mengikuti casting untuk menjadi bintang iklan sebuah produk lotion. Namun di baliknya, casting hanya dilakukan untuk melihat tubuh Enzy.

Saat melakukan casting, Enzy diminta hanya mengenakan tanktop. Awalnya, menurut Enzy, permintaan tersebut masih dibilang wajar.

Setelah itu, hasil fotonya ternyata tak dipakai untuk iklan, melainkan bahan fantasi oleh klien. Enzy tak mengetahui hal tersebut sampai mendapatkan kabar tak terduga dari salah satu teman.

Sayangnya, Enzy mengaku tak memiliki power saat itu sehingga melakukan apa yang diminta kepadanya.

"Cuma karena saat itu aku enggak punya power, jadi aku melakukan itu polos aja. Disuruh adegan body lotion," kata Enzy Storia.

Itulah beberapa artis Indonesia yang pernah mengalami pelecehan seksual, mulai Dikta hingga Enzy Storia. Baca berita terkini lainnya di Matamata.