Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Kaleidoskop: Artis Korea Meninggal Dunia Tahun 2019 (MataMata.com)

Matamata.com - Kabar duka menyelimuti industri hiburan Korea Selatan sepanjang 2019. Dari Sulli hingga Goo Hara, penggemar harus kehilangan sosok idola yang sudah mereka cintai dari debut.

Tak lepas dari ingatan bagaimana dunia K-Pop terguncang saat Sulli memutuskan mengakhiri hidupnya. Belum lama ditinggal Sulli, penggemar juga harus merelakan kepergian Goo Hara untuk selamanya.

Berikut 5 artis Korea meninggal dunia tahun 2019, kebanyakan karena bunuh diri.

Baca Juga:
Ditemukan Meninggal Dunia, 5 Potret Persahabatan Goo Hara dan Sulli f(x)

1. Jeon Mi Sun

Jeon Mi Sun (Soompi)

Aktris veteran Korea, Jeon Mi Sun ditemukan tewas di kamar mandi hotel pada (29/6/2019). Dilansir dari Soompi, jenazah Jeon Mi Sun pertama kali ditemukan oleh manajernya di kamar mandi hotel di kawasan Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan.

Sang manajer kemudian memanggil pemadam kebakaran pada pukul 11:43 siang. Saat diperiksa, Jeon Mi Sun dinyatakan sudah tak bernyawa.

Baca Juga:
Setelah Sulli, Goo Hara Dikabarkan Meninggal Dunia

Pihak kepolisian Jeonbuk mengonfirmasi jika Jeon Mi Sun meninggal dunia akibat bunuh diri. Boas Entertainment selaku agensi sang artis merilis pernyataan resmi kalau sang aktris memang menderita depresi.

Jeon Mi Sun mulai berkarier tahun 1990 lewat peran figuran di film Well, Let's Look at the Sky Sometimes. Kemampuan aktingnya yang mumpuni membuatnya cepat mengambil hati para penikmat film Korea. Terbukti dalam waktu kisaran setahun, Jeon Mi Sun sudah mampu mengantongi peran utama di drama Korea.

Sudah lebih dari 20 film dan 50 drama yang Jeon Mi Sun bintangi. Meskipun terkenal sebagai aktris pendukung dalam film dan serial televisi seperti Memories of Murder (2003), Moon Embracing the Sun (2012) dan Hide and Seek (2013), Jeon Mi Sun juga memainkan peran utama dalam Love Is a Crazy Thing (2005).

Baca Juga:
Bawa-Bawa Dukun! Program SBS Ini Siap Dalami Sebab Kematian Sulli

Jeon Mi Sun terutama ikonik dengan peran ibu. Dia menjadi ibu Joy Red Velvet di Great Seducer, ibu Kai EXO di Andante, serta ibu Kim So Hyun di School 2015.

2. Woo Hye Mi

Woo Hye Mi (Koreaboo)

Penyanyi Woo Hye Mi, juga dikenal sebagai MIWOO, ditemukan tewas di rumahnya pada 21 September di usia 31 tahun.

Jenazahnya ditemukan oleh teman-temannya dan polisi ketika mereka memasuki rumahnya di Seoul Mapo-gu, Magwon-dong. Penyebab pasti kematiannya tidak diketahui.

Miwoo pertama kali dikenal ketika dia masuk Top 4 pada musim pertama Voice Korea. Dia kemudian melanjutkan kariernya dengan menampilkan beberapa lagu LeeSSang milik Gary, termasuk hit single "GET SOME AIR". Dia sempat merilis mini album pertamanya s.s.t. pada bulan Juli 2019.

3. Sulli

Sulli (Instagram/@jelly_jilli)

Mantan member f(x) Sulli meninggal dunia di usia 25 tahun. Dilansir Koreaboo, Polisi telah mengkonfirmasi bahwa Sulli telah telah meninggal dunia karena bunuh diri.

Menurut Kantor Polisi Seongnam Sujeong, manajer Sulli menemukan Sulli meninggal di rumahnya pada (14/10/2019) pada pukul 15:21 waktu setempat. Manajernya pergi ke rumahnya setelah tidak dapat menghubungi dia sejak panggilan telepon mereka sekitar pukul 6:30 malam pada 13 Oktober.

Polisi menyatakan bahwa Sulli membuat keputusan ekstrem, dan saat ini tidak ada kecurigaan terhadap kegiatan kriminal lainnya. Dikatakan juga bahwa Sulli menderita depresi berat, dan dia menggantung diri di rumahnya dari lantai dua.

Sulli sudah berkarier sejak usianya 11 tahun. Dia adalah mantan member f(x) yang juga menggeluti dunia perfilman dan serial TV.

4. Goo Hara

Goo Hara (Instagram/@koohara__)

Mantan member girlband Kara, Goo Hara dikabarkan meninggal dunia pada (24/11/2019). Menurut Kepolisian Gangnam, Goo Hara ditemukan tewas di rumahnya yang beralamat di Cheongdam-dong sekitar pukul 6 malam waktu Korea Selatan.

Penyebab kematiannya tidak pernah terungkap dan setelah menerima kesaksian dari keluarganya, mereka menganggap itu bukan pembunuhan dan tidak melakukan otopsi.

Sebelumnya, Goo Hara sahabat mendiang Sulli f(x) ini juga pernah mencoba untuk melakukan percobaan bunuh diri di kediamannya pada (26/5/2019), tapi berhasil digagalkan.

Goo Hara diketahui debut dengan girlgroup KARA tahun 2008. Setelah KARA bubar di tahun 2016, Goo Hara memilih bersolo karier. Dia banyak membintangi drama dan film, salah satunya City Hunter.

5. Cha In Ha

Cha In Ha (Soompi)

Aktor Korea Cha In Ha meninggal dunia pada (3/12/2019). Polisi menyatakan bahwa sang aktor ditemukan tewas di rumahnya.

Dilahirkan pada tahun 1992, Cha In Ha memulai debutnya pada tahun 2017 melalui film pendek You, Deep Inside of Me dan merupakan aktor kedua Fantagio dari boyband SURPRISE U.

Dia membintangi drama web Miss Independent Jieun 2 dan drama televisi termasuk Degree of Love, Wok of Love, Are You Human, Too?, Clean with Passion for Now, dan The Banker. Drama terbarunya People with Flaws baru tayang perdana pada 27 November lalu.


Catatan Redaksi: Hidup sering kali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email janganbunuhdiri@yahoo.com dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Load More