Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Matamata.com - Boy grup yang terbentuk dari ajang Survival Produce 101 Season 2, Wanna One menjadi salah satu boy grup paling sukses di Korea. Sebab, meski mereka hanya debut dengan masa kontrak terbatas yaitu hanya selama 1 tahun 4 bulan, sebelas member Wanna One mampu merebut hati penikmat musik Kpop.

Perjalanan karier Wanna One pun menjadi sorotan, terlebih tak lama lagi mereka akan reuni dan segera bisa menyapa Wannable.

Wanna One resmi bubar usai menyelesaikan konser mereka yang terakhir pada Januari 2019. Meski bubar, namun semua member Wanna sukses dengan karier mereka. Misalnya Hwang Min Hyun, ia segera kembali dengan rekannya di Nu’est usai menyelesaikan kontraknya dengan Wanna One.

Baca Juga:
Wanna One Dipastikan Reuni di Panggung MAMA 2021, Ada yang Absen!

Kepopuleran Nu’est meningkat tajam usia ketiga membernya bergabung dengan Produce 101, walau yang berhasil debut dengan Wanna One hanya Hwang Min hyun. Ada juga Kang Daniel yang sukses bersolo karier dan bahkan sudah mendirikan agensi sendiri yaitu Konnect Entertainment.

Kabar reuni Wanna One sudah santer terdengar, kabar ini kian membuat Wannable sumringah usai Kim Jae Hwan mengunggah potret kebersamaannya dengan anggota Wanna One yang lain. Dalam reuni setelah 3 tahun bubar. Semua member akan bergabung kecuali member asal Tiongkok Lai Guan Lin yang tidak bisa ikut hadir.

Reuni Wanna One ini bisa disaksikan oleh Wannable dalam ajang Mnet Asian Music Awards 2021 yang bakal dihelat bulan depan. Makin nggak sabar menunggu penampilan kesepuluh bujang ganteng Wanna One bukan? Sambil menunggu reuni Wanna One, simak dulu yuk kisah perjalanan karier Wanna One berikut ini.

Baca Juga:
5 Fakta Wanna One, Grup Fenomenal yang Segera Reuni

1. Jebolan Ajang Survival

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Sebelas member Wanna One berhasil debut setelah melewati persaingan ketat. Untuk sampai pada peringkat 11 teratas, mereka harus bersaing dengan 101 trainee berbakat dari agensi lain lewat ajang survival Produce 101 Season 2. Persaingan ketat itu berlangsung sejak 7 April hingga 16 Juni 2017. Perjuangan para trainee Produce 101 ini disiarkan oleh Mnet.

2. Sebelas Member

Baca Juga:
4 Film dan Drama Ong Seong Wu Eks Wanna One yang Ultah ke-26

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Setelah melewati persaingan ketat, terpilihlah sebelas trainee dengan posisi teratas dan berhak untuk debut di bawah naungan Swing Entertainment. Sebelas member Wanna One tersebut adalah Kang Daniel, Hwang Min Hyun, Yoon Ji Sung, Ong Seung Wu, Kim Jae Hwan, Ha Sung Woon, Park Ji Hoon, Bae Jin Young, Lee Dae Hwi, Park Woo Jin dan Lai Guan Lin.

3. Debut Wanna One

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Tak lama setelah line up debut diumumkan, Wanna One pun resmi debut pada 7 Agustus 2017. Debut Wanna One ini ditandai dengan menggelar acara ‘Wanna One Premier Show-Con.’ Acara ini digelar di Gocheok Sky Dome, Korea Selatan. Debut Wanna One kian mantap usai merilis mini album mereka 1x1=1 (To Be One). Single andalan mereka adalah Energetic, yang langsung meledak di pasaran.

Baca Juga:
Ulang Tahun ke-26, 8 Potret Transformasi Ong Seong Wu Eks Wanna One

4. Kuasai Tangga Lagu Korea Sejak Rilis

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Lagu utama dalam mini album Wanna One, Energetic sukses memuncaki berbagai tangga lagu musik Korea Selatan. Sebagaimana dilansir dari Soompi, Energetic berhasil tetap berada di posisi puncak selama 3 minggu. Tak hanya mini album mereka yang sukses besar, album terakhir Wanna One sebelum bubar 111=1 atau power of Destiny ini ini juga berhasil menguasai tangga lagu di enam platform musik Korea sekaligus, lewat lagu Spring Breeze. Album yang dirilis pada 18 November 2018 ini sukses memuncaki Melon, Genie, Naver, Soribada, Bugs, dan Mnet.

5. Raih Segudang Penghargaan

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Karier Wanna One yang singkat karena kontrak mereka yang memang hanya 1 tahun 4 bulan ini tidak menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka. Segudang penghargaan berhasil mereka raih lewat karier singkat mereka sebagai grup. Mulai dari Rookie Award Soribada Best K Music Award 2017,  Song of The Year, New Artist Award dan Bonsang Award dari Seoul Music Award 2018, New Artist of The Year di Golden Disc Award 2017 dan masih banyak lagi penghargaan yang telah Wanna One raih.

6. Terlibat Kontroversi

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Pada saat merilis lagu Boomerang, Wanna One melakukan siaran streaming. Namun sebuah video yang memperlihatkan para member bercanda tersebar. Mata jeli knets pun menangkap bawa anggota Wanna One mengumpat dan melontarkan komentar tak senonoh. Adalah Ha Sung Woon yang dituduh melontarkan komentar dan umpatan. Hebatnya, bukan agensi yang membersihkan nama Ha Sung Woon, tetapi Wannable lah yang menyewa dua lab forensik dan membuktikan bawa tuduhan itu tidak benar.

7. Konser Terakhir

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@wannaone.official)

Perjalanan karier Wanna One sebagai grip ditutup dengan konser bertajuk ‘Therefore’. Konser yang digelar di Gocheok Sky Dome ini ludes terjual. Padahal konser ini dihelat selama 4 hari. Tak hanya itu saja, antusiasme penggemar yang sangat tinggi juga membuat calo merajalela. Bahkan tiket yang dijual calo dijual dengan harga super tinggi, kabarnya hingga Rp 180 juta.

8. Reuni

Perjalanan karier Wanna One. (Instagram/@jaehwan0527)

Setelah 3 tahun bubar, akhirnya kerinduan Wannable akan sedikit terobati dengan reuni Wanna One. Semua member akan bergabung kecuali member asal Tiongkok Lai Guan Lin yang tidak bisa ikut hadir.

Reuni Wanna One ini bisa disaksikan oleh Wannable dalam ajang Mnet Asian Music Awards 2021 yang bakal dihelat bulan depan. 

Perjalanan karier Wanna One sebagai grup memang tidak lama, namun dalam waktu yang singkat itu, Wanna One Sukses mengukir sejarah dan prestasi. Jadi makin nggak sabar buat menyaksikan reuni mereka. Lagu apa yang paling kamu nantikan di reuni Wanna One besok?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More