Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
GFRIEND (Soompi.com)

Matamata.com - Tahun 2021 akan segera berakhir dalam beberapa minggu lagi. Inilah saat yang tepat untuk merenungkan kembali dua belas bulan terakhir, termasuk momen baik dan buruk yang menyertai. Nah, kali ini kita akan membahas grup mana saja yang bubar sepanjang tahun.

Sementara banyak grup K-Pop memulai debutnya tahun ini dan sukses besar, yang lain dengan sedih dibubarkan karena berbagai alasan. Berikut deretan grup K-Pop yang bubar di tahun 2021.

1. IZ*ONE

Baca Juga:
5 Idol KPop Cewek yang Debut di Usia 14 Tahun, Terbaru Leeseo IVE

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

IZ*ONE yang beranggotakan dua belas orang ini dibentuk melalui Produce 48 dan dikelola bersama oleh Off the Record dan Swing Entertainment. Mereka debut pada 29 Oktober 2018 dengan album COLOR*IZ dan lagu utama La Vie en Rose.

IZ*ONE merilis enam album selama karir mereka dan mencetak banyak kesuksesan. Sayangnya, grup tersebut bubar sesuai jadwal, yakni 29 April tahun ini. Semua anggota pergi ke berbagai proyek lain seperti girl grup baru IVE dan memilih untuk berkarier solo.

2. GFRIEND

Baca Juga:
3 Idol KPop ini Dituduh Malas Joget saat Tampil di Panggung, Ramai Dikritik

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

Bubarnya GFRIEND bisa dibilang paling mengejutkan tahun ini. Grup ini awalnya memulai karier mereka sebagai grup pada 15 Januari 2015 di bawah Source Music dengan mini album Season of Glass dan lagu utama Glass Bead. GFRIEND memenangkan sejumlah penghargaan selama karier.

Total 16 album yang dirilis sepanjang karier mereka. Sangat mengejutkan semua orang ketika grup tersebut tiba-tiba bubar pada 22 Mei tahun ini dengan semua anggota meninggalkan Source Music setelah kontrak enam tahun mereka selesai.

3. Lovelyz

Baca Juga:
8 Kado Unik dari Fans untuk Idol KPop: Binatang Buas hingga Inhaler

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

Lovelyz beranggotakan delapan dan dibentuk oleh Woollim Entertainment pada 17 November 2014 dengan album Girls' Invasion dan single utama Candy Jelly Love. Secara keseluruhan, mereka menerima empat kemenangan acara musik.

Grup ini telah merilis 13 album selama karier mereka, yang terlaris di antaranya adalah album Once Upon a Time dengan lagu utama Beautiful Days. Pada 16 November tahun ini, semua anggota kecuali Baby Soul tidak memperbarui kontrak mereka dengan Woollim Entertainment, dan pembubaran mereka diumumkan.

4. HOTSHOT

Baca Juga:
4 Idol KPop Tinggalkan Grup di Tahun 2021, Ada Soojin G(I)-DLE!

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

HOTSHOT memulai debutnya pada 29 Oktober 2014 di bawah Star Crew Entertainment dengan single digital Take A Shot. Timoteo adalah mantan trainee SM Entertainment yang seharusnya menjadi anggota EXO. Ha Sungwoon eks Wanna One juga mengawali kariernya dari grup ini.

Mereka merilis tiga album selama karir mereka, yang paling laris adalah Early Flowering. Namun pada 30 Maret tahun ini, Star Crew Entertainment mengumumkan bahwa grup tersebut telah resmi dibubarkan.

5. Seven O'Clock

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

Seven O'Clock memulai debutnya di bawah Staro Entertainment dan KDH Entertainment pada 16 Maret 2017 dengan mini album Butterfly Effect dan lagu utama Echo. Grup mengalami beberapa perubahan susunan anggota selama karir mereka.

Setelah merilis lima album sebagai grup, Seven O'Clock secara resmi bubar pada 2 Maret tahun ini, dengan Hangyeom pindah menjadi anggota OMEGA X, dan 2Soul dan Taeyoung berencana untuk debut dengan grup K-Pop baru Black Level.

6. 100%

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

100% awalnya debut dengan 7 anggota pada 21 September 2012 di bawah TOP Media. Grup ini dibentuk oleh anggota Shinhwa Andy Lee, dan mereka memulai karir mereka dengan album We, 100% dan lagu utama Bad Boy. Grup ini sering kehilang member-membernya.

Empat anggota yang tersisa, Rockhyun, Jonghwan, Chanyong, dan Hyukjin, memutuskan untuk membiarkan kontrak mereka berakhir pada 9 Oktober tahun ini. Grup ini pun secara resmi dibubarkan.

7. Berry Good

Grup K-Pop yang Bubar di Tahun 2021 (Koreaboo)

Berry Good debut sebagai girl grup beranggotakan lima orang di bawah Asia Bridge Entertainment pada 21 Mei 2014 dengan single Love Letter. Namun tak lama setelah debut mereka, tiga anggota memutuskan untuk pergi untuk berkonsentrasi pada studi mereka, tapi ada member baru yang bergabung.

Mereka merilis enam album selama karir mereka, dengan yang paling laris adalah Free Travel. Setelah Gowoon dan Seoyul membiarkan kontrak mereka berakhir pada Februari tahun ini, anggota yang tersisa memutuskan untuk bubar pada 12 Mei.

Itu dia deretan grup K-Pop yang bubar di tahun 2021. Sukses terus untuk member-membernya!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More