Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Matamata.com - Sherlock Holmes mungkin menjadi salah satu film misteri paling diminati penikmat film. Selain penuh dengan teka-teki dan teori, ketegangan, penasaran, hingga gregetan adalah sensasi yang kerap d/irasakan ketika menonton film bergenre misteri seperti Sherlock Holmes. Alur cerita yang rumit dan brilian ini menjadi daya tarik yang membuat penonton ikut berpikir dan menebak motif dan alibi pelaku dari setiap kasus yang muncul. Sebenarnya ada banyak film misteri yang sama menariknya dengan kisah yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle itu. Nah bagi kamu pecinta film misteri yang penuh teka-teki, Matamata.com sudah menghimpun beberapa rekomendasi film misteri yang layak banget masuk watchlist mu. Penasaran? Kulik ulasannya berikut ini!

1. Knives Out (2019)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Knive Out adalah film yang dirilis pada tahun 2019. Film ini berdurasi 130 menit yang akan mengajak penonton menyaksikan penyelidikan kematian seorang pria kaya raya. Film garapan Ryan Johnson ini sukses membuat penonton ikut berpikir dan menebak-nebak siapakah pelaku pembunuhan Harlan Trombley. Knive Out menceritakan kisah Harlan Thrombley (Christopher Plummer) yang merupakan seorang penulis novel misteri kaya raya. Tetapi pada ulang tahunnya yang ke-85 ia tewas secara misterius di sofa ruang baca miliknya.

Baca Juga:
5 Rekomendasi Drama Jepang di Netflix Ini Nagih Banget!

Marta (Ana de Armas) adalah orang pertama yang menemukan jasad Trombley tergeletak dengan sayatan di leher. Marta adalah pengasuh yang mengurus Trombley. Setelah kabar kematian Trombley tersiar, seorang detektif bernama Benoit Blanc (Daniel Craig) mulai mengusut kasus kematian Trombley. Penyelidikan Blanc dimulai dengan mendengar kesaksian keluarga besar Trombley. Kira-kira siapakah yang menjadi pembunuh Trombley? Knive Out tayang perdana dalam Festival internasional Toronto pada (7/9/2019).

2. The Clovehitch Killer (2018)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

The Clovehitch Killer mengisahkan tentang remaja bernama Tyler (Charlie Plummer) yang berasal dari Clarksville, Kentucky, Amerika Serikat yang tinggal bersama ibu (Samantha Mathis), dan ayahnya (Dylan McDermott) serta adik perempuannya. Clarksville adalah kota tenang dan damai, hingga suatu ketika mereka dihantui oleh pembunuh berantai. Pada suatu hari, Tyler yang sedang menghabiskan waktu dengan teman wanitanya secara kebetulan menemukan sebuah foto bergambar wanita yang terikat di bawah jok mobil ayahnya.

Baca Juga:
Kalahkan Vincenzo, 4 Rekomendasi Drama Korea Rating Tertinggi di Bulan Juli

Penemuan ini membuat Tyler sangat terkejut dan mulai menaruh curiga pada sang ayah. Terlebih ayahnya juga memiliki gelagat mencurigakan seolah merahasiakan sesuatu di gudang pribadinya. Lantas benarkah kecurigaan Tyler, bahwa sang ayah yang dikenal sopan dan agamis itu adalah sosok pembunuh berantai yang meneror Clarksville? Film ini berhasil meraih penghargaan Knoxville Horror Film Fest 2018, yang membuktikan bahwa film ini memang layak menjadi salah satu film misteri terbaik.

3. Searching (2018)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Searching menceritakan perjuangan David Kim (John Cho) yang bergulat dengan komputer untuk menemukan putrinya yang hilang, Margot Kim (Michelle La). Para penonton akan menyaksikan layar leptop, percakapan dengan internet, dan sosial media dari beberapa orang. Hal ini adalah cara David untuk menemukan anaknya dengan melacak dan stalking media sosial milik Margot. Ia dibantu oleh seorang dektektif bernama Rosemary Vick (Debra Messing).

Baca Juga:
4 Rekomendasi Drama Korea Lawas yang Masih Asyik Ditonton Ulang

Film ini memiliki plot twist yang benar-benar tak tertebak. Sehingga film ini pun berhasil meraih penghargaan Alfred P. Sloan Prize 2018. Tak hanya itu, produser sekaligus penulis naskahnya juga mendapatkan NEXT Audience Award dan Amazon Studio Producer Award saat Searching diperkenalkan dalam Festival Film Sundance 2018.

4.Wind River (2017)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Film garapan Tyler Sheridan ini berkisah tentang Cory Lambert (Jeremy Renner) yang menemukan jasad yang telah membeku jauh dari pemukian warga, jasad itu ternyata adalah Natalie Hanson (Kelsey Chow). Penemuan jasad Hanson menimbulkan kecurigaan sebab ditemukan bercak darah di pangkal paha, luka pukulan benda tumpul dan luka yang menunjukkan adanya pelecehan seksual. Jane banner (Elizabeth Olsen) seorang agen FBI ditugaskan ke Wind River Indian Reservation untuk mengusut kasus ini. Tak berselang lama kekasih Hanson juga ditemukan tewas dengan tubuh hancur seperti dicabik binatang buas. Kasus ini pun semakin rumit dan penuh misteri.

5. Gone Girl (2014)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Gone Girl adalah film dengan genre thriller dan misteri Garapan David Fincher. Film ini mungkin terlihat biasa dan sederhana namun penuh teka-teki sepanjang 149 menit durasinya. Berkisah tentang pasangan muda Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Elliot Dunne (Rosamund Pike) yang harus pindah dari New York City ke kota kecil Midwestern di Norh Carthage karena Nick kena PHK.

Hingga pada suatu hari Amy dikabarkan hilang, hal ini pun membuat kehebohan. Bahkan media massa juga memberitakan perihal hilangnya Amy. Hal ini karena Amy sebenarnya adalah sosok yang dikenal publik, karena kisah hidupnya diabadikan dalam sebuah buku berjudul The Amazing Amy yang menceritakan kisah hidupnya secara berkala dari kanak-kanak sampai remaja. Nick pun tersudut dan diduga menjadi pembunuh Amy, istrinya. Kira-kira dimana Amy? Benarkah Nick telah membunuhnya? Film ini memeroleh keuntungan cukup besar yaitu USD 370 juta. Film ini juga meraih nominasi Oscar untuk kategori Pemain Utama Wanita terbaik, Rosemund Pike.

6. Incendies (2010)

Rekomendasi Film Misteri. (IMDb)

Film ini begitu menarik karena menggunakan tiga bahasa yaitu Prancis, Arab, dan Inggris. Film bercerita tentang seorang anak yang mendapat wasiat dari ibunya untuk mencari saudaranya yang ada di Timur Tengah. Dalam perjalanannya mencari sang kakak, ia secara tidak langsung merasakan perjalanan hidup ibunya yang kelam dan mengharukan. Film ini dibintangi oleh Lubna Azabal, Melissa Desormeaux-Poulin, Maxim Gaudette, Dominique Briand, dan Remy Girard. film ini memeroleh rating 8.3 dari 10 poin di situs IMDb.

Nah itu tadi 5 rekomendasi film misteri yang nggak kalah seru dari Sherlock Holmes. Penuh teka-teki dan mendebarkan. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More