Yohanes Endra | MataMata.com
Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Matamata.com - Komika yang menjelma sebagai sutradara telah mewarnai industri perfilman Tanah Air belakangan ini. Bukan aji mumpung, film-film yang diarahkan sederet komika nyatanya sukses hingga jadi box office.

Lantas judul mana saja film Indonesia disutradarai komika? Simak ulasan yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

1. Gara-Gara Warisan, Muhadkly Acho

Baca Juga:
5 Film Populer Sonakshi Sinha yang Merayakan Ulang Tahun ke-35, Ada Dabangg dan Lootera

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Film "Gara-Gara Warisan" mulai tayang di bioskop pada 30 April 2022. Film yang menandai debut Komika Muhadkly Acho sebagai sutradara ini masih tayang di CGV beberapa daerah di Indonesia.

"Gara-Gara Warisan" juga dibintangi Komika yang belakangan menjelma sebagai aktor, Ge Pamungkas. Berdasarkan data filmindonesia.or.id, film yang juga dibintangi Oka Antara dan Indah Permatasari itu telah disaksikan lebih dari 570.080 penonton.

2. Teka-Teki Tika, Ernest Prakasa

Baca Juga:
6 Fakta Film Top Gun: Maverick, Kembali dengan Pemeran Lama hingga Pakai Jet Asli

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Film Indonesia disutradarai komika selanjutnya adalah "Teka-Teki Tika" yang tayang di bioskop pada Desember 2021. Saat ini, "Teka-Teki Tika" sudah dapat disaksikan melalui platform Disney+ Hotstar.

"Teka-Teki Tika" merupakan film yang disutradarai Ernest Prakasa. Sejumlah film telah diarahkan oleh bapak dua anak itu, di antaranya "Cek Toko Sebelah", "Susah Sinyal", "Milly & Mamet", hingga "Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan".

3. Pelukis Hantu, Arie Kriting

Baca Juga:
10 Film Bollywood Tayang Bulan Juni 2022, Jugjugg Jeeyo Dibintangi Varun Dhawan dan Anil Kapoor

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Komik Arie Kriting juga telah debut menjadi sutradara dengan mengarahkan film "Pelukis Hantu". Film bergenre komedi dan horor ini dibintangi Ge Pamungkas dan Michelle Ziudith. Karena dirilis saat pandemi, "Pelukis Hantu" tayang melalui platform Disney+ Hotstar.

4. Ghost Writer, Bene Dion

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

"Ghost Writer" merupakan film debut penyutradaraan Bene Dion yang selama ini dikenal sebagai Komika dan Penulis. Rilis pada 4 Juni 2019, film "Ghost Writer" masuk dalam jajaran box office dengan jumlah penonton mencapai 1,1 juta saat tayang di bioskop.

Baca Juga:
7 Drama dan Film Terbaru YoonA SNSD yang Ultah ke-32, Ada Big Mouth dan 2 O'Clock Date

Kesuksesan "Ghost Writer" yang diproduseri Ernest Prakasa membuat film sekuelnya dibuat. Rencananya "Ghost Writer 2" akan tayang pada 21 Juli 2022. Namun dalam sekuel tersebut, Bene Dion digantikan Muhadkly Acho sebagai sutradara.

5. Koala Kumal, Raditya Dika

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Raditya Dika bisa dibilang sebagai Komika yang paling awal menjadi sutradara. Belasan film telah disutradarai Raditya Dika sejak 2014, salah satunya "Koala Kumal" yang kini bisa disaksikan melalui Netflix. Raditya Dika terakhir kali menjadi sutradara sekaligus aktor dan penulis skenario pada 2019 melalui film "Single Part 2".

6. Partikelir, Pandji Pragiwaksono

Film Indonesia Disutradarai Komika (IMDb)

Selain Komika dan Aktor, Pandji Pragiwaksono telah menjadi sutradara untuk film "Partikelir". Dibintangi Deva Mahenra dan Aurelie Moeremans, film yang rilis di bioskop pada 2018 itu kini telah dapat disaksikan melalui Netflix dan Vidio.

Itu dia beberapa film Indonesia disutradarai komika. Mana yang sudah kamu tonton, guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More