Yohanes Endra | MataMata.com
Sinopsis Incantation. (Netflix)

Matamata.com - Pecinta film horor kembali disuguhi cerita terbaru lewat Incantation. Film yang sudah tayang di negara asalnya ini berhasil meraup pendapatan tertinggi mencapai TW$170 juta pada paruh pertama tahun 2022. Sinopsis Incantation yang disutradarai oleh Kevin Ko mengisahkan tentang keluarga penganut aliran sesat dan pemuja sekte di Taiwan.

Incantation sudah dirilis di Netflix pada (8/7/2022) dan langsung menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta film. Terlebih, Incantation berhasil membuktikan diri sebagai film horor berkualitas dengan masuk dalam 7 nominasi ajang Taipei Film Award. Nominasinya termasuk untuk kategori Narasi Film dan Sutradara Terbaik.

Sinopsis Incantation. (Netflix)

Tak cuma itu, Incantation bahkan disebut sebagai film horor Taiwan terseram sepanjang sejarah. Incantation mengusung konsep penceritaan found footage atau gaya mockumentary yaitu gaya pengambilan gambar yang dilakukan layaknya film dokumenter. Jadi sebagian besar gambar dalam Incantation dibuat seolah direkam oleh pemain utama. Film ini juga dibuka dengan narasi pemain utama yang bermonolog di depan kamera.

Baca Juga:
Emma Waroka Ungkap Cerita Horor saat Syuting Film: Ada Pocong Datang ke Tempat Make Up

Hal tersebut menjadikan Incantation semakin menarik untuk ditonton. Buat kamu yang belum nonton filmnya, simak dulu yuk sinopsis Incantation berikut.

Sinopsis Incantation

Sinopsis Incantation. (Netflix)

Incantation dibuka dengan sebuah video amatir dari Li Rou Nan (Tsai Hsuan Yen) seorang ibu yang ingin menyelamatkan putrinya dari kutukan mengerikan. Kutukan itu berawal ketika dari insiden 6 tahun yang lalu.

Baca Juga:
Tissa Biani Ngaku Trauma Main Film Horor: Kalau Mau KKN 2, yang Lain Belum

Pada waktu itu, ia mengikuti kekasihnya ke sebuah acara keluarga. Ternyata acara yang dihadiri Ruo Nan bukan pertemuan keluarga biasa melainkan ibadah dari sebuah kultus sesat yang dianut oleh keluarga tersebut.

Rou Nan melanggar salah satu tabu dalam kepercayaan dari sekte tersebut. Harga yang harus dibayar Rou Nan sangat mahal atas pelanggaran yang dilakukannya, yaitu kematian kekasih dan anggota keluarganya secara misterius.

Semenjak itu, hidup Rou Nan tak sama lagi, ia hidup dalam kesengsaraan, kesedihan. Tak berhenti di situ, ia juga mengalami gangguan mental yang membuatnya harus dirawat. Ketika ia melahirkan anak perempuannya, Rou Nan memutuskan untuk menitipkan anaknya itu di panti asuhan.

Baca Juga:
Sinopsis Bhool Bhulaiyaa 2, Film Horor Komedi Baru Kartik Aaryan Bareng Kiara Advani dan Tabu

Sinopsis Incantation. (Netflix)

Setelah enam tahun, Rou Nan mencoba untuk menjemput putrinya untuk ia rawat sendiri. Namun, Rou Nan menemukan tanda kutukan dalam diri Duo-duo. Rou Nan berusaha sekuat tenaga mencari bantuan untuk menyelamatkan putrinya.

Di tengah kepedihannya, Rou Nan memutuskan merekam kutukan yang muncul dari Duo-duo lewat sebuah video amatir. Dari video yang direkam oleh Rou Nan, diperlihatkan kejanggalan dalam diri Duo-duo. Ia sering bicara sendiri dan tiba-tiba berteriak, benda-benda juga mulai bergetar dan bergerak secara ganjil.

Rou Nan menyadari bahwa apa yang dialami Duo-duo adalah akibat dari kutukan yang diterimanya enam tahun lalu. Putri semata wayangnya harus ikut membayar akibat dari pelanggarannya atas tabu dari sekte sesat yang dianut oleh keluarga yang didatanginya bersama sang kekasih.

Baca Juga:
8 Artis Alami Kejadian Mistis saat Syuting Film Horor, Ada yang Tiga Hari Kesurupan

Lantas bisakah Rou Nan menyelamatkan Duo-duo? Temukan jawabannya di Incantation. Sebagai informasi, Incantation diangkat dan terinspirasi dari kisah nyata yang melibatkan keluarga penganut aliran sesat di daerah Kaohsiung, Taiwan. Film ini disebut tak kalah seram dengan The Medium, jadi tak heran kalau film ini didapuk jadi film terseram sepanjang sejarah di Taiwan. Bagaimana semakin tertarik untuk menonton Incantation atau malah jadi nggak berani nonton?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More