Nur Khotimah | MataMata.com
Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Matamata.com - Perampokan menjadi salah satu tema film yang menarik karena menawarkan aksi laga serta adegan menegangkan. Salah satu film bertema perampokan yang sudah sangat dinantikan tentunya adalah Mencuri Raden Saleh.

Selain karena menggaet sederet artis muda seperti Iqbaal Ramadhan juga Angga Yunanda, Mencuri Raden Saleh semakin menarik lantaran menyajikan unsur sejarah. Tak heran jika film ini begitu ditunggu oleh pecinta film Indonesia.

Film bertema perampokan tidak hanya diangkat oleh sineas Tanah Air, pasalnya banyak sutradara luar negeri yang pernah menggarap tema tersebut. Bahkan beberapa diantaranya menjadi film laris yang masih disukai hingga kini. Ada pula yang diangkat dari kisah nyata, tak heran jika film-film itu banyak direkomendasikan. Lantas apa saja film bertema perampokan yang menawarkan aksi laga nan menegangkan? Intip langsung daftarnya berikut.

Baca Juga:
Profil Moon Ji Hyo, Aktris Pendatang Baru Diduga Pacar Kang Seung Yoon WINNER

1. Heat (1995)

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Dibintangi Robert De Niro, Heat menceritakan sosok perampok profesional yang tinggal di Los Angeles bernama Neil McCauley. Ia merampok 1,6 juta dolar dalam bentuk surat obligasi bersama timnya, Chris Shiherlis (Val Kilmer), Michael Cheritto (Tom Sizemore), Waingro (Kevin Gage), dan Trejo (Danny Trejo).

Perampokan ini berakhir kacau karena McCauley marah gara-gara Wangro menewaskan tiga orang penjaga. Neil ditangkap dan diinterogasi oleh Letnan Vincent Hanna (Al Pacino) dari kepolisian Los Angeles. Siapa sangka, perampokan tersebut juga melibatkan praktik pencucian uang dari anggota polisi. Heat sendiri diangkat dari kisah nyata Neil McCauley yang menjadi sasaran pengejaran kepolisian Los Angeles.

Baca Juga:
10 Artis Jadi Menantu Pejabat, Banyak yang Pensiun dari Dunia Entertainment

2. Ocean's Eleven (2001)

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Dibintangi sederet aktor top seperti George Clooney, Julia Roberts, Brad Pitt, dan Matt Damon, Ocean's Eleven jadi salah satu film terbaik bertema perampokan. Berkisah tentang Danny Ocean (George Clooney) yang tidak kapok bertindak kriminal usai dibebaskan dari penjara. Ia kembali menyusun rencana perampokan di tiga casino yang ada di Las Vegas. Ia merekrut beberapa pencuri spesialis yang handal di bidangnya. Ocean's Eleven merupakan film remake dari film berjudul sama yang sudah dirilis pada tahun 1960. Film ini juga bisa ditonton di Netflix lho.

3. The Bank Job (2008)

Baca Juga:
Pesulap Merah Diancam Santet Para Dukun, Ladeni dengan Cengengesan: Masa Pakai Metode Santet yang Anak-anak?

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Diangkat dari kisah nyata, The Bank Job bercerita tentang pemilik dealer mobil bernama Terry Leather (Jason Statham) yang mengalami kesulitan ekonomi. Suatu hari, ia mendapat tawaran dari seorang kenalannya untuk masuk ke dalam brankas sebuah bank. Mereka pun bergabung dengan sekelompok perampok yang berencana merampok bank. Tak cuma itu, mereka mencoba membobol brankas milik pemilik rumah bordil.

4. Drive (2011)

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Diperankan Ryan Gosling yang memerankan karakter tanpa nama yang tinggal di Los Angeles. Ia punya banyak pekerjaan salah satunya adalah gateway driver alias sopir yang bertugas melarikan perampok dari kejaran polisi. Walau tak diketahui identitasnya, banyak perampok yang menggunakan jasanya karena sikapnya yang profesional. Hidupnya berubah menjadi di ambang jurang saat mantan suami Irene (Caley Mulligan), perempuan yang dicintainya bebas dari penjara. Ia harus terlibat dalam sebuah kasus perampokan hingga membuatnya berurusan dengan mafia.

Baca Juga:
Profil Firdaus Oiwobo, Pengacara yang Polisikan Pesulap Merah

5. Baby Driver (2017)

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Menceritakan kisah Baby (Ansel Elgort), ia adalah seorang tunarungu. Walau punya kekurangan fisik, Baby adalah supir yang sangat handal. Ia bekerja sebagai sopir dari bos mafia. Ia hidup dengan stabil, hingga Doc (Kevin Spacey) memaksanya melakukan pekerjaan lain yang mengancam kehidupan orang yang disayanginya. Film ini sangat cocok buat kamu yang menyukai adegan getaway driving. Adegan kejar-kejaran mobil dalam film ini keren banget dan pastinya bisa bikin kagum sekaligus deg-degan.

6. Mencuri Raden Saleh (2022)

Film Bertema Perampokan. (IMDb)

Mengisahkan sekelompok mahasiswa yang menyusun rencana perampokan lukisan Raden Saleh. Mereka berencana mencuri lukisan bersejarah karya Raden Saleh yang diberi judul "Penangkapan Pangeran Diponegoro". Strategi pencurian lukisan yang ada di Istana Presiden sudah disusun dengan matang, hanya tinggal menunggu waktu perampokan.

Lukisan Raden Saleh itu merupakan karya seni yang tak ternilai harganya. Sehingga Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Aghniny Haque, Umay Shahab, dan Ari Irham bertekad mencurinya. Penasaran aksi mereka? Tonton filmnya yang akan tayang pada 25 Agustus besok.

Itu tadi beberapa film bertema perampokan yang menampilkan aksi seru dan menegangkan. Selain aksi gateway driving yang bikin berdebar, aksi laga dari beberapa film tadi juga sayang kalau dilewatkan. Apalagi beberapa di antaranya dianggap sebagai film bertema perampokan terbaik. Sementara Mencuri Raden Saleh juga dijanjikan menawarkan adegan yang tak kalah menegangkan dari film barat tadi.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More