Ade Wismoyo | MataMata.com
Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Matamata.com - Bumilangit Cinematic Universe (BCU) kembali menelurkan karya terbarunya. Jika sebelumnya berupa film, karya terbaru berjudul "Tira" disuguhkan dalam format serial.

Chelsea Islan sebelumnya telah diumumkan sebagai pemeran utama "Tira". Jelang penayangan pada 16 Desember 2023, simak sinopsis dan fakta serial BCU Tira berikut ini.

Sinopsis Serial BCU Tira

Baca Juga:
11 Potret Ulang Tahun Chelsea Islan, Usung Konsep Gothic ala Tim Burton

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Serial BCU "Tira" berkisah tentang mahasiswi 23 tahun yang masih kuliah bernama Suci alias Tira. Bermimpi menjadi stuntwoman, Suci justru kena kutuk.

Kutukan menghampiri setelah Suci menyelamatkan sembilan anak-anak dari ritual tumbal misterius. Dalam waktu 40 hari, kutukan tersebut mengancam nyawa Suci.

Fakta Serial BCU Tira

Baca Juga:
Pose Bareng Chelsea Islan dan Pevita Pearce, Penampilan Adhisty Zara Disorot

1. Disuguhkan 8 Episode

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

"Tira" akan menjadi serial eksklusif Disney Plus Hotstar yang tayang perdana pada 16 Desember 2023 mendatang. Namun penonton JAFF Jogja dapat menyaksikan 2 episode awal "Tira" lebih dulu.

Serial BCU "Tira" akan tayang sepanjang 360 menit yang dibagi dalam 8 episode. Masing-masing episode yang tayang setiap Sabtu pukul 15.00 WIB berdurasi sekitar 45 menit.

Baca Juga:
Maudy Ayunda hingga Chelsea Islan, 12 Artis Diam-diam Nikah Kejutkan Publik

2. Punya Bahasa Sendiri

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Apabila menyaksikan teaser trailer serial "Tira", penonton akan mendengar kalimat yang cukup asing yaitu "Armeh Luh Irashami". Kalimat tersebut rupanya merupakan bahasa fiksi khusus untuk BCU.

Bahasa "Armeh Luh Irashami" diciptakan salah satu penulis serial "Tira", Ian Adiwibowo. "Armeh Luh Irashami" yang sudah ada sebelum ada peradaban dan bahasa manusia diterjemahkan sebagai "Ibu kami yang terkurung/terpenjara".

Baca Juga:
Ikut di BumiLangit Cinematic Univers, Reza Rahadian - Jefri Nichol Jadi Apa

Bahasa fiksi sebenarnya bukan hal baru di dunia film dan serial dunia. Seperti diketahui, bahasa fiksi juga digunakan dalam film Harry Potter (bahasa Parseltongue) dan serial Game of Thrones (bahasa Dothraki).

3. Chelsea Islan Jadi Pemeran Utama

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Chelsea Islan telah diumumkan sebagai karakter Tira sejak BCU yang digarap Joko Anwar pertama kali rilis. Chelsea Islan nantinya juga akan berperan dalam film "Godam dan Tira" bareng Chicco Jerikho.

Selain Chelsea Islan, pemeran dalam serial "Tira" ialah Bhisma Mulia, Agnes Naomi, Jeremy Juanito, Karina Suwandi, Marcel Siahaan, Egy Fredly, Mathias Muchus, Sari Koeswoyo, dan Asri Welas.

4. Chelsea Islan Kesurupan saat Syuting

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Dalam sebuah wawancara terbaru, Chelsea Islan mengungkap pengalamannya kesurupan saat syuting serial "Tira". Ternyata Chelsea syuting di rooftop sebuah rumah sakit yang terbengkalai jelang waktu maghrib.

Menurut lawan main yang identitasnya masih dirahasiakan, lingkaran bola mata Chelsea Islan berubah menjadi merah kala itu. Istri Rob Clinton tersebut juga merasa tidak menjadi dirinya sendiri selama dua menit.

5. Dekat dengan Kehidupan Anak Muda

Sinopsis dan fakta Serial BCU Tira (Instagram/@bcu.id)

Alasan harus nonton serial BCU "Tira" adalah ceritanya yang mengangkat isu dan budaya lokal. Logika dan metafisika dipadukan sehingga "Tira" menciptakan kisah yang dekat dengan penonton, khususnya anak muda.

Serial "Tira" akan menyuguhkan masalah yang dekat dengan anak-anak muda seperti pendidikan dan karier. Selain itu, unsur Naga Jawa akan membuat serial Tira semakin menarik!

Itu dia sinopsis dan fakta serial BCU Tira yang akan tayang dalam waktu dekat. Catat tanggalnya, 16 Desember 2023. Jangan sampai kelewatan ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More