Ade Wismoyo | MataMata.com
Teater Musikal Joshua oh Joshua (istimewa)

Matamata.com - Cerita Beda Hak Sama dengan bangga mengumumkan produksi teater yang akan datang, bertajuk ‘Teater Musikal Joshua Oh Joshua’ yang akan diadakan pada tanggal 6-7 Juli 2024 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Pementasan ini akan dibagi menjadi 4 jadwal pertunjukan, di jam 13.30 siang dan 19.00 malam setiap harinya. Musikal nostalgia ini mengajak audiens untuk kembali mengenang film yang lekat dengan masa kecil, terinspirasi oleh film asli Joshua Oh Joshua yang dirilis oleh Rapi Films pada tahun 2001, yang dibintangi oleh Joshua Suherman, Mega Utami, Cut Keke, Desy Ratnasari, dan Anjasmara.

Teater Musikal Joshua oh Joshua (istimewa)

Tentang Cerita Beda Hak Sama
Dengan mengantongi izin dari Rapi Films, produksi ini disajikan oleh Cerita Beda Hak Sama, sebuah komunitas sosial yang didirikan pada tahun 2018 oleh Affav Siregar, sebagai Founder & Executive Producer. Misi Cerita Beda Hak Sama adalah untuk membantu anak-anak yang membutuhkan, terutama dalam hak dasar mereka untuk pendidikan. Mereka berusaha mengumpulkan dana sebagai bentuk kontribusi untuk memberdayakan anak-anak ini melalui berbagai pertunjukan seni seperti teater musikal dan konser tari.

Latar Belakang dan Tujuan Teater Musikal Joshua Oh Joshua
Cerita Beda Hak Sama mengadaptasi cerita dari film Joshua Oh Joshua karena film ini merupakan film yang sangat lekat dengan kenangan masa kecil bagi generasi yang lahir di tahun 90-an. “Ceritanya pun sangat dekat dengan realita sosial di sekitar kita, dengan harapan penonton dapat mencontoh semangat Jojo yang pantang menyerah memperjuangkan mimpinya”, jelas Palka Kojansow, Script Writer Teater Musikal Joshua Oh Joshua.

Baca Juga:
Rumor Ruben Onsu Cabut Gugatan Cerai: Hoaks atau Ada Harapan Rujuk?

Gerry Gerardo, Director Teater Musikal Joshua Oh Joshua menjelaskan, “Persiapan Teater Musikal Joshua Oh Joshua sudah dimulai sejak tahun lalu, dari pengembangan script, juga pembuatan lagu dan koreografi”. Aktivitas promosi juga diselenggarakan melalui beberapa kegiatan rangkaian pre event, antara lain roadshow nonton bareng film Joshua Oh Joshua yang telah diadakan di kota Yogyakarta dan Bandung, thrift exhibition bertajuk ‘Ini Pasar Joshua’ di Jakarta dan juga roadshow ke berbagai sekolah dasar untuk mempromosikan single ‘Pergi Ke Sekolah’. Menurut Arvan Fadhlurrahman selaku General Director Teater Musikal Joshua Oh Joshua, produksi kali ini lebih besar dibandingkan dengan produksi dari Cerita Beda Hak Sama di tahun-tahun sebelumnya.

Teater Musikal Joshua oh Joshua (istimewa)

Selain skalanya yang lebih besar, sama halnya dengan karakter Jojo di film maupun pementasan teater musikal ini, produksi ini juga memiliki harapan besar. Harapan dari Cerita Beda Hak Sama dari produksi Teater Musikal Joshua Oh Joshua adalah
membangun Sekolah Bakat Dengan Cerita, yang akan direalisasikan melalui profit yang didapatkan dari penjualan tiket pementasan. Sekolah Bakat Dengan Cerita nantinya akan didedikasikan khusus untuk mengajarkan ilmu non formal seperti musik, tata boga, pengolahan sampah dan lainnya bagi anak-anak jalanan dan pemulung. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka bisa memiliki kapasitas dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan meraih mimpi mereka di masa yang akan datang.

Produksi Teater Musikal Joshua Oh Joshua
Proses pemilihan cast pada produksi ini dimulai dari proses audisi yang sudah dilakukan sejak Januari 2024. Selain akan diperankan oleh cast-cast dari proses audisi, Teater Musikal Joshua juga turut dimeriahkan oleh beberapa guest cast antara lain Andovi Da Lopez, Teuku Ryzki dan juga Ingrid Widjanarko. Menurut Ingrid Widjanarko yang juga merupakan pemain dalam film Joshua Oh Joshua pada tahun 2001, “Teater Musikal Joshua Oh Joshua ini diharapkan menjadi wadah
nostalgia bagi orang-orang yang semasa kecilnya menonton film Joshua Oh Joshua”.  Selain itu, produksi teater ini diharapkan bisa menjadi inspirasi anak-anak untuk berani berekspresi dan berkarya karena cast dalam teater musikal ini juga banyak melibatkan anak-anak.

Baca Juga:
Capai Ratusan Juta, Geni Faruk Ungkap Sumber Dana Liburan Gen Halilintar ke Luar Negeri

Teater Musikal Joshua oh Joshua (istimewa)

Tentang Album Musikal Joshua Oh Joshua
Menuju Teater Musikal Joshua Oh Joshua, Cerita Beda Hak Sama telah merilis Album Teater Musikal Joshua Oh Joshua (Original Cast Recording) yang terdiri dari 7 lagu original. Terdiri dari ‘Opening (Realita Dunia)’, ‘Pergi ke Sekolah’, ‘Peta Dunia’, ‘Ratapan Joshua’, ‘Bang Opik’, ‘Ini Pasar Kami’, dan ‘Joshua oh Joshua’. Felita Kezia, Music Director Teater Musikal Joshua Oh Joshua menambahkan, “Sebenarnya terdapat 20 lagu original dan 4 lagu adaptasi dari film Joshua Oh Joshua yang akan
ditampilkan di Graha Bhakti Budaya 6-7 Juli 2024 nanti yang dapat dinantikan.”

Tim Cerita Beda Hak Sama berharap, perilisan lagu-lagu ini dapat meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap lagu anak yang sudah mulai minim di era sekarang. Daffa Syawlan (pemeran Jojo), Achmad Fadlan (pemeran Pak Jeffry), dan Ade Rianom (pemeran Ibu Nani) mengingatkan, “Album Teater Musikal Joshua Oh Joshua sudah rilis dan bisa dinikmati masyarakat luas di platform musik seperti YouTube, Spotify dan Apple Music untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya anak-anak.”

Baca Juga:
Sering Diledek Gegara Sang Ayah Protes MC Lamaran, Atta Halilintar: Jangan Panggil Saya Pak Haji!

Load More