Baktora | MataMata.com
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat membagikan makanan ringan kepada warga. (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto harus siap-siap terima kritikan pada penyelenggaraan debat capres kedua yang bergulir pada 7 Januari 2024 mendatang. Hal itu diungkapkan pakar politik dari Universitas Andalas Padang, Asrinaldi.

Bukan tanpa alasan, tema besar di debat ketiga capres-cawapres membahas soal pertahanan. Maka dari itu Asrinaldi tak menampik akan banyak pertanyaan dari panelis serta kandidat lawan soal pertahanan RI di bawah tangan Prabowo yang juga menjabat sebagai Menhan.

Asrinaldi menekankan pentingnya Prabowo untuk bersikap hati-hati dalam merespons setiap kritik guna menghindari potensi backlash yang dapat merugikannya.

"Tentu Prabowo harus menjelaskan dengan rinci visi, misi, dan kebijakan yang akan diimplementasikan. Bukan hanya memfokuskan pada pencapaian selama masa jabatannya sebagai Menteri Pertahanan RI," terang dia dikutip, Rabu (27/12/2023).

Ia juga menyarankan agar aman dalam debat yang bakal dilakukan, Prabowo hanya perlu menjelaskan visi misinya sebagai Presiden. Tak perlu mengagungkan kinerjanya yang sudah dilakukan.

"Kalau kerja-kerja itu menteri, tidak perlu presiden kerja. Ini kan debat presiden, gagasan kebijakannya seperti apa yang harus dipaparkan," kata dia.

Di sisi lain, Prabowo harus siap betul ketika pertanyaan-pertanyaan nanti menjerumus pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga strategi pertahanan yang sudah dilakukan Prabowo.

Debat ketiga yang akan diikuti capres ini akan mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internal, dan geopolitik.

Load More