Baktora | MataMata.com
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan saat berswafoto usai debat capres. (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Mendulang suara dari pemilih muda saat Pemilu 2024 memang terlihat berbeda dari dua periode sebelumnya. Bukan tanpa alasan, teknologi termasuk media sosial, banyak menjadi pilihan pemilih untuk mengetahui kandidat capres-cawapresnya.

Seperti diketahui, kampanye masing-masing paslon masih dilakukan hingga 10 Februari 2024 mendatang. Selain menyambangi masyarakat, para paslon juga bergerilya di Media Sosial.

Tiga paslon sendiri memiliki cara berbeda untuk menarik pemilih yang aktif bermedia sosial. Pengamat Politik Universitas Padjajaran, Ari Ganjar Herdiansah mengatakan bahwa strategi kampanye Pilpres 2024 ini masih unggul dilakukan pasangan Prabowo-Gibran.

"Untuk strategi kampanye, pasangan calon 2 (Prabowo-Gibran) lebih unggul," ujar Ari dikutip, Kamis (28/12/2023).

Membongkar strategi-strategi para paslon, Prabowo-Gibran dianggap unggul mengingat konten yang disajikan adalah konten-konten kreatif yang sederhana dan mudah dipahami para pemilih muda.

Hal ini juga yang memudahkan pemilih mencari sosok Gibran Rakabuming Raka dan juga Prabowo dalam sistem pencarian di media sosial. Di sisi lain, penggunaan hashtag dan juga nama masing-masing paslon hampir terlihat di sejumlah medua sosialnya.

Berbeda dengan paslon Anies-Muhaimin (AMIN). Pasangan nomor urut 1 ini bertopang pada gagasan dan intelektualitas tetapi hanya menjangkau kalangan tertentu seperti akademisi, mahasiswa, pengusaha, dan profesional.

"Kurang diracik dalam konten-konten medsos [media sosial] sehingga kurang mendapatkan atensi luas," katanya.

Load More