Baktora | MataMata.com
Debat Capres-Cawapres perdana tanpa meja dapat kritikan dari masyarakat dan pengguna media sosial. (YouTube/KPU RI)

Matamata.com - KPU RI memutuskan untuk memperluas tema debat capres yang akan dihelat 7 Januari 2024 nanti. Sebelumnya ada empat tema yang jadi pembahasan, kali ini KPU RI memperluas menjadi enam pembahasan.

Komisioner KPU RI, August Mellaz menjelaskan alasan pengembangan tema tersebut. Hal itu tak lain hasil dari rapat bersama.

"Kemarin kan posisinya 4 tema, nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri," kata dia, Rabu (3/1/2024).

Lebih lanjut, format debat, tidak mengubah dari format debat capres sebelumnya. Maka dari itu, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

August juga memastikan bahwa debat ketiga ini akan disediakan podium untuk seluruh capres yang akan tampil pada malam nanti.

Disinggung lokasi penyelenggaraan debat, KPU RI akan melaksanakannya di Istora Senayan pada 7 Januari 2023, malam WIB.

Seperti diketahui, debat capres kedua ini akan membahas pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Prabowo Subianto digadang-gadang sebagai sosok yang diunggulkan dalam debat kedua capres ini. Mengingat posisi Prabowo yang masih menjabat sebagai Menhan termasuk pengalamannya di bidang militer.

Load More