Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres, Jumat (22/12/2023). (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, akan mematuhi pedoman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait aturan-aturan dalam debat capres-cawapres yang akan dihelat pekan ini.

Gibran yang sempat melakukan tudingan aksi provokasi seperti mengangkat tangan dianggap mengganggu berjalannya debat. Tak hanya itu penggunaan singkatan dalam debat calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 akan dibatasi.

Lantas, apakah sosok pemimpin dari kalangan muda ini benar-benar akan mematuhi aturan tersebut?. Di sisi lain semangat dari para pendukung lebih kurang memberikan suasana debat menjadi lebih hidup dan menambah kepercayaan diri paslon.

Tentunya, mematuhi aturan adalah salah satu hal yang penting dilakukan ketika debat nanti. Kendati begitu, Gibran mengatakan akan melakukan hal yang dilarang dan diizinkan di debat-debat selanjutnya.

"Saya akan mengikuti aturan yang ditetapkan," ujarnya singkat dikutip, Jumat (5/1/2024).

Ketentuan ini berkaitan dengan partisipasinya dalam debat kedua cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023. Pada kesempatan tersebut, Gibran menggunakan istilah SGIE tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai singkatan tersebut.

Gibran mengutarakan kepanjangan SGIE saat mengajukan pertanyaan kepada pesaingnya, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar. Muhaimin sendiri menyatakan ketidakpahamannya terhadap SGIE dan meminta Gibran untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dalam konteks debat cawapres, SGIE merujuk pada State of the Global Islamic Economy. Penggunaan singkatan ini menimbulkan perdebatan di masyarakat karena belum dikenal secara luas.

Load More