Baktora | MataMata.com
Capres nomor 1, Anies Baswedan memberi peparan, saat debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terutama para pemilih Pemilu 2024, untuk bersama-sama memastikan agar proses tersebut berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia (Luber), jujur, dan adil (Jurdil), sesuai dengan amanat konstitusi.

Potensi kecurangan menedekati waktu pemilu sendiri memang sangat rawan terjadi. Paslon nomor urut 1 tersebut mengingatkan bahwa kecurangan serta pelanggaran nyaris bisa terjadi di saat atau saat waktu pemungutan suara berlangsung.

"Kami mengajak semua rakyat Indonesia, khususnya para pemilih Pemilu 2024, untuk bersatu, bekerja sama, dan turun tangan bersama dalam menjaga agar Pemilu berlangsung dengan prinsip Luber Jurdil, sebagaimana yang telah diamanahkan oleh konstitusi," terang Anies dikutip, Minggu (14/1/2024).

Anies juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan 'Sabar' (Saksikan Bareng-Bareng) Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Dia menekankan pentingnya mengabadikan seluruh proses di TPS, kecuali saat pencoblosan di dalam bilik suara, agar hasil penghitungan suara sesuai dengan isi surat suara yang diumumkan kepada masyarakat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta dukungan dari Pejuang Perubahan dan Saksi Anies-Muhaimin untuk mengikuti setiap tahapan proses rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kabupaten, kota, provinsi, dan pusat.

"Timnas Anies-Muhaimin telah membuka dan akan terus membuka pendaftaran saksi di seluruh desa dan kecamatan, dengan harapan dapat memenuhi 100 persen TPS di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri," ujar Anies.

Selain itu, Anies menekankan pentingnya kerja sama, gotong royong, dan solidaritas di antara seluruh saksi Anies-Muhaimin, tanpa memandang unsur, asal, golongan, atau latar belakang.

Load More