Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. (Twitter/@Rocky___2023)

Matamata.com - Nilai IPK cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dianggap kecil untuk lulusan sarjana dari University of Bradford, Inggris. Gibran meraih Second Class Honours - Second Division atau sebesar 48.0 persen.

Jika dikonversikan ke IPK Indonesia, Gibran Rakabuming Raka hanya meraih IPK 2,3. Jumlah terungkap dari cuitan salah satu akun Twitter @BangBudiKur.

"Gibran itu lulus S1 dapat nilai lower second class honours (setara 48). Untuk nilai segitu, daftar kuliah master aja susah diterima. Itu setara IPK 2,3 kalau sistem Indonesia," cuitnya dikutip, Selasa (23/1/2024).

Namun apakah benar nilai 48 persen yang didapatkan Gibran dari University of Bradford itu hanya 2,3 jika dikonversikan ke IPK Indonesia?.

Melansir dari laman resmi bradford.ac.uk, dijelaskan bahwa untuk lulusan universitas terbagi ke beberapa level, mula dari First Class Honours (68 persen), Second Class Honours - First Division (58 persen) lalu Second Class Honours-Second Division (48 persen) dan Third Class Honours (di bawah 48 persen).

Mengkonversikan angka penilaian dari Inggris itu sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hal itu dijelaskan dalam sebuah video di kanal YouTube Youth & Travails yang dikelola oleh seorang lulusan S3 dari Universitas Katolik, KU Leuven di Belgia, David Tjandra Nugraha.

David mencontohkan jika sistem penilaian di tiap negara berbeda-beda. Ia mengambil salah satu contoh di Inggris di mana dalam penilaian IPK menggunakan prosentase dari 1-100 persen.

Load More