Linda Rahmadanti | MataMata.com
BJ Habibie. (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Hanung Bramantyo turut mengantar Almarhum BJ Habibie ke peristirahatan terakhirnya, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarat Selatan, Kamis (12/9/2019).

Usai prosesi pemakaman selesai, Sutradara Bumi Manusia itu, menceritakan bagaimana seorang BJ Habibie mendedikasikan dirinya untuk negeri ini sehingga membuka mata seorang Hanung Bramantyo.

Baca Juga:
Idolakan BJ Habibie Sejak Kecil, Ariel NOAH Merasa Kehilangan

"Beliau adalah orang yang sharing cerita tentang istrinya, dirinya kepada Indonesia, dan lain-lain dan membuat saya membuka mata saya," kata Hanung usai prosesi pemakaman.

Sutradara Hanung Bramantyo [Yuliani/Suara.com]

Uniknya lelaki yang mulai menetap di Jogja itu, sempat menanyakan alasan BJ Habibie tidak mau lagi menjadi seorang presiden.

"Apa yang ia katakan? Dia bilang, 'sudah tidak ada ibu (Ainun). Karena saya begini semua karena ibu'," tutur Hanung sambil mencontohkan perkataan Habibie. 

Baca Juga:
Sempat Video Call dengan BJ Habibie, Reza Rahadian Bahas Film

Presiden ke-3 RI B.J. Habibie ketika berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. [Antara Foto/Rivan Awal Lingga]

Dari situ, suami Zaskia Mecca itu, menyadari betapa penting arti dari sebuah keluarga. 
"Jadi memang peran istri buat dia penting sekali itu yang membuat saya berpikir keluarga nomor satu," ungkap Hanung Bramantyo. (Evi Ariska)

Load More