Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Matamata.com - Najwa Shihab membeberkan isi percakapannya dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly terkait isu pembebasan napi koruptor.

Hal itu disampaikan Najwa Shihab melalui postingan Instagramnya pada Minggu (5/4/2020).

Menurutnya ia sudah mendapatkan izin untuk mengunggah chat antara mereke ke publik.

Baca Juga:
Viral Ojek Online yang Sigap Lindungi Orderan Pelanggan, Najwa Shihab Mewek

Namun ada yang menjadi sorotan netizen, ini setelah Menteri Yasonna seolah menuding Najwa Shihab provokatif.

Postingan Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

"Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly: “Saya heran dengan tuduhan tak berdasar Najwa, tentang pembebasan koruptor. Suudzon banget, sih, provokatif dan politis. Belum ada kebijakan itu. Tunggu, dong, seperti apa.” Itu sapaan awal Menteri Yasonna ke saya tadi malam melalui aplikasi WA sembari mengirimkan rilis keterangan pers," tulis Najwa Shihab dalam captionnya.

Lebih lanjut isi percakapan tersebut menunjukkan penjelasan Menteri Yasonna kalau kebijakan soal pembebasan napi koruptor baru usulan yang belum tentu disetujui Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:
Galang Dana Lawan Corona, Najwa Shihab Ajak Musisi Live Konser di Rumah

Menteri Yasonna juga menegaskan kalau berhati-hati dan tidak gegabah terkait usulan tersebut. Namun ia menuding pihak media malah yang cepat menyebarkan kabar tersebut.

"Menteri Yasonna menyebut pihaknya berhati-hati, namun pihak lain yaitu media tidak melakukannya. “Kami masih exercise (usulan revisi itu). TIDAK gegabah. Beda dengan media, gegabah, berimajinasi dan provokasi.” Menteri Yasona agak berlebihan. Kami sama sekali tidak berimajinasi. Pemberitaan media muncul dari rapat resmi Menkumham dengan Komisi 3 DPR melalui teleconference pada 1 april 2020. Semua keterangan soal usulan revisi PP No 9/2012 yang menyebut kriteria dan syarat yang memungkinkan pembebasan napi koruptor berasal dari penjelasan Menteri Yasonna sendiri dalam rapat itu," jelas Najwa Shihab dengan tegas.

Baca Juga:
Jadi Korban Fotonya Dipasang di Truk, Begini Reaksi Najwa Shihab

Di akhir percakapan mereka, Najwa Shihab meminta penjelasan kapan usulan tersebut akan diberikan kepada Presiden. Pun ia meminta rancangan usulan itu secara detail.

Menteri Yasonna pun menjawab kalau hal itu sedang disimulasi dan akan dirapatkan dengan Menkopolhukam terlebih dahulu.

Bahkan ketika Najwa Shihab bertanya apakah napi koruptor juga akan dilakukan asimilasi seperti tahanan lain.

Baca Juga:
Kini 42 Tahun, Intip 5 Gaya Muda Najwa Shihab Pakai Jeans Belel!

"Menteri Yasonna menukas: wait and see. Tapi jangan provikasi dulu ya," ungkap Najwa Shihab.

Postingan Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Najwa pun dalam postingannya menegaskan sekali lagi kalau dirinya bukan bermaksud provikasi. Sikapnya itu semata untuk menjalankan haknya sebagai warga negara yang meminta penjelasan dari pemerintah soal isu yang penting bahkan bikin heboh publik.

Menteri Yasonna pun menyetujui untuk hadir di acara Mata Najwa Rabu (8/4/2020) mendatang untuk menjelaskan isu tersebut.

"Jadi sekali lagi. Mari wait and see, kali ini saya menunggu kapasitas sebagai tuan rumah Mata Najwa," pungkas Najwa Shihab.

Load More