Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Oscar Lawalata. (Instagram/@oscarlawalata)

Matamata.com - Oscar Lawalata memilih untuk menjadi wanita seutuhnya. Lewat channel YouTube The Lawalatas bertajuk 'Merdeka Diri', anak Reggy Lawalata itu mengakui dirinya transgender. "Saya transgender," jelas Oscar Lawalata pada video yang diunggah pada (16/8/2020).

Oscar Lawalata mengatakan sudah menyadari kondisinya tersebut sejak lama. Saat desainer kondang ini mempelajari kondisi tersebut selama bertahun-tahun, keyakinan itu makin kuat.

Oscar Lawalata (YouTube/The Lawalatas)

"Saya tahu dari kecil saya adalah transgender," ujar kakak dari aktor Mario Lawalata ini. "Setelah mempelajari kurang lebih 5 tahun mengenai siapa saya, dari situ saya tahu, saya adalah transgender," imbuhnya.

Usai blak-blakan soal identitasnya sebagai transgender dan mendapat dukungan penuh dari keluarga, Oscar kekinian mengubah namanya. Dalam unggahan YouTube terbaru, desainer 42 tahun tersebut menceritakan makna nama baru yang ia pilih.

"Nama baru saya Asha. Asha Smara Darra. Asha itu artinya Hope atau harapan. Smara itu artinya cinta, dan Darra itu artinya pohon yang kuat," ungkapnya di kanal YouTube The Lawalatas pada Minggu (30/8/2020).

Oscar Lawalata (YouTube/The Lawalatas)

Kemudian, Oscar tak mempermasalahkan jika orang-orang masih memanggilnya dengan nama asli, dan bukannya Asha. Pasalnya dia merasa toh itu cuma nama, jati dirinya sendiri tak akan berubah.

"Kalau mereka memanggil Asha saya senang. Tapi kalau mereka sudah terlanjur mengenal saya Oscar, It's Okay. Karena in the end kan sayanya nggak berubah, it's only a name gitu," tuturnya.

Oscar Lawalata juga kembali mengungkapkan alasannya baru mengakui dirinya sebagai transgender. Pasalnya memang perlu waktu yang tak sebentar baginya untuk menjelaskan pada keluarga dan untuk memahami dirinya sendiri.

Load More